...
Pabrik Bangunan
Penyebab Karat dan Korosi Tosadah

Di dalam sejumlah industri, tangki minyak menjadi salah satu item krusial dalam proses produksi. Umumnya, salah satu masalah yang sering terjadi pada tangki minyak adalah karat. Sebenarnya, apa penyebab karat yang muncul pada tangki minyak? Serta bagaimana cara mengatasinya? 

Meskipun terkesan sepele, tetapi jika korosi pada tangki minyak dibiarkan begitu saja, hal ini dapat menimbulkan kerugian yang cukup besar. Terdapat berbagi dampak yang bisa timbul, seperti kerusakan tangki, kerugian finansial, dan cedera atau kecelakaan pada pekerja.

Ketahui juga cara merawat tangki, baik dari segi internal dan eksternal agar dapat mencegah timbulnya karat. Berikut ini adalah Perawatan Tangki : Internal & Eksternal. Lakukan perawatan agar tangki tahan lama dan awet.

Penyebab Karat Tangki

Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan korosi pada tangki minyak. Setidaknya, terdapat tiga penyebab timbulnya karat, yaitu penumpukan air, kondensasi, dan pemasangan tangki yang tidak tepat. 

Tentu saja, karat pada tangki minyak bisa diatasi dan dicegah menggunakan produk cat pelapis anti karat. PT Tosadah menghadirkan berbagai layanan dan produk pelapisan anti karat untuk aset besi Anda. Segera lakukan konsultasi dengan PT Tosadah di sini.

1. Penumpukan Air dalam Tangki

Lazimnya, salah satu penyebab kebocoran tangki minyak ialah korosi yang terjadi di dalamnya. Biasanya, korosi ini disebabkan karena menumpuknya air di suatu titik dalam tangki. Air nantinya menyebabkan belerang yang ada di tangki menjadi jauh lebih asam. Akhirnya hal ini menyebabkan korosi di tangki.

Inilah mengapa terdapat sejumlah kebocoran korosif yang terjadi di bagian tengah tangki minyak, bukan tepat di bagian bawah tangki.  

2. Kondensasi

Penyebab terjadinya korosi yang lainnya adalah kondensasi yang berada di tangki minyak. Kondensasi ini terjadi saat tangki tidak terisi penuh serta suhu yang berada di luar berubah. Air akhirnya masuk ke dalam tangki dari kondensasi serta terakumulasi ke dalam tangki. 

Jika hal ini terjadi, proses korosi akan dimulai yang akhirnya menyebabkan tangki terkena korosi. Bila penyebab karat terus menerus dibiarkan begitu saja, kebocoran akan terjadi. 

3. Pemasangan Tangki yang Tidak Tepat

Tidak hanya sampai di sini, pemasangan tangki minyak yang kurang tepat juga dapat menyebabkan korosi. Contohnya, bila tangki minyak dipasang di tanah asam. Umumnya, lingkungan asam dapat menyebabkan korosi terjadi di luar tangki. 

Meskipun terjadi di luar tangki, tetap saja nantinya korosi akan merembet ke bagian dalam dan akhirnya menyebabkan masalah kebocoran. 

Dampak Korosi Tangki Minyak

Setelah mengetahui penyebab karat, selanjutnya adalah dampak dari korosi tangki minyak ini. Berikut sejumlah dampak kerugian yang disebabkan karena korosi, antara lain:

1. Kerusakan Tangki

Ketika tangki minyak terkena korosi dalam kurun waktu yang lama, tentu saja tangki akan mengalami kerusakan pada akhirnya. Umumnya, kerusakan tangki akan terjadi dalam kurun waktu beberapa tahun setelah korosi pertama ditemukan, tergantung dari tingkat keparahan korosi. 

2. Cedera dan Kecelakaan

Selain menimbulkan masalah kerusakan tangki minyak, korosi juga dapat menimbulkan cedera serta kecelakaan. Contohnya saja ketika proses produksi sedang dilakukan, pekerja tidak mengetahui bila terjadi korosi pada tangki minyak. 

Akhirnya, pekerja melakukan proses produksi tanpa perawatan khusus. Akhirnya, minyak dalam tangki mengalami kebocoran akibat korosi dan terjadi cedera serta kecelakaan. 

3. Kerugian Finansial

Bukan hanya kecelakaan kerja, kerugian finansial juga mengintai jika dibiarkan begitu saja. Tangki minyak yang mengalami kebocoran akan menghambat proses produksi. Akhirnya, proses produksi tidak bisa dilakukan secara maksimal dan mengurangi omset perusahaan. 

Pentingnya Cat Anti Karat

Dengan begitu banyaknya dampak karat pada tangki, menggunakan pelapis anti karat menjadi hal yang sangat penting. sekarang ini, sudah banyak cat anti karat yang berada di pasaran. 

Namun, meskipun banyak cat pelapis karat yang tersebar di pasaran, bukan berarti kita bisa memilih cat dengan sembarangan. Bila cat pelapis yang digunakan tidak berkualitas, tangki tetap akan mengalami kebocoran. 

Anda juga perlu mengetahui jenis cat yang mengandung resin agar tangki tidak mudah korosi. Hal ini penting agar tangki memiliki daya tahan yang lebih lama. 

Agar hal ini tidak terjadi, PT Tosadah dapat dijadikan sebagai pilihan yang tepat. PT Tosadah berkembang menjadi sebuah perusahaan distribusi coating anti karat terpercaya dan berkualitas dari tahun 1994. Jadi, jangan hanya mencari tahu penyebab karat, temukan pula solusinya bersama dengan PT Tosadah!

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu