...

Perawatan Cerobong Asap Pabrik (Industri)

Cerobong Asap Pabrik - Tosadah pelopor cat besi anti karat

Cerobong asap pabrik menjadi bagian penting yang dibutuhkan untuk operasional pabrik. Tetapi, keberadaan cerobong asap menghasilkan dampak yang signifikan bagi lingkungan. Limbah gas dari cerobong asap menjadi salah satu penyebab pencemaran udara bagi lingkungan sekitar pabrik. Itulah mengapa, cerobong asap perlu dirawat dengan cermat. Simak bagaimana cara merawatnya berikut ini! 

Sebelum melanjutkan pembahasannya, untuk Anda yang berencana membangun pabrik industri sebaiknya Mengenal Prosedur Perancangan Pabrik terlebih dahulu agar pembangunan lebih efektif. 

Mengenal Cerobong Asap Pabrik

Cerobong asap (chimney) merupakan salah satu bagian dari struktur bangunan pabrik dengan fungsi menjadi ventilasi pembuangan panas dari asap atau gas buang hasil aktivitas pabrik. Komponen yang selalu ada hampir pada setiap pabrik ini dua kali lipat lebih tinggi dari bangunan terdekatnya. Susunan cerobong asap umumnya berbentuk vertikal. 

Adapun gas buang yang keluar dari cerobong asap kemudian akan menuju atmosfer. Penampakan gas buang bervariasi, mulai dari asap tebal berwarna abu-abu, putih, atau hitam pekat. Kelancaran pembuangan aliran gas dipengaruhi oleh bentuk cerobong asap. Oleh sebab itu, bentuk cerobong yang vertikal memastikan gas mengalir dengan lancar.

Fungsi Cerobong Asap Pabrik

Keberadaan cerobong asap pada pabrik berfungsi sebagai aliran untuk mengeluarkan gas yang berasal dari proses produksi di dalam pabrik. Struktur bangunan yang terbuat dari beton, bata, atau baja ini membantu meminimalkan gas rumah kaca ataupun zat industri lain untuk lingkungan di sekitar pabrik. Terdapat cerobong asap yang meminimalkan suhu gas. Sedangkan, ada juga jenis cerobong asap yang meminimalkan tingkat polutan pada asap pabrik.

Untuk memastikan cerobong asap selalu berfungsi maksimal, pastikan Anda membangunnya dengan Cat Primer Industrial & Mining – 01 Epoxy dari Tosadah. Cat ini berdaya tahan tinggi terhadap risiko korosi, sehingga perlindungannya optimal. Lalu, Tosadah juga memiliki Cat Finish Industrial & Mining – 01 Polyurethane yang tahan sinar UV dengan hasil akhir glossy. 

Terdapat pula Cat Specialty Industrial & Mining – 01 Tahan Panas yang bisa Anda aplikasikan pada berbagai material. Fleksibilitas serta daya rekat cat ini sangat ideal untuk perlindungan jangka panjang. Hubungi kami untuk informasi produk Tosadah yang lebih rinci! Akses artikel menarik seputar konstruksi lainnya hanya di blog Tosadah

Dampak dari Cerobong Asap Pabrik

Asap pembuangan yang berasal dari cerobong asap menimbulkan dampak buruk yang membahayakan keberlangsungan makhluk hidup di sekitar pabrik. Beberapa dampak buruk tersebut seperti:

1. Peningkatan Efek Rumah Kaca

Potensi bahaya yang timbul dari asap pabrik yang pertama adalah meningkatnya efek rumah kaca. Ini akibat zat pencemar bernama karbondioksida atau gas rumah kaca. Zat tersebut muncul melalui asap pabrik tersebut. 

Jika tingkat karbondioksida yang ada sudah sangat tinggi, pembentukan efek rumah kaca akan meningkatkan suhu permukaan bumi. Keberadaan karbondioksida sebagai zat pencemar menjadi terperangkap dalam lapisan ozon. Peristiwa tersebut akan membuat bumi mengalami global warming atau pemanasan global.

2. Penyebab Polusi Udara

Dampak buruk selanjutnya adalah polusi udara. Asap buangan dari aktivitas produksi pabrik merupakan salah satu sektor penyumbang polutan terbesar bagi udara di bumi. Kualitas udara yang menjadi elemen inti kehidupan makhluk hidup sangat dipengaruhi oleh asap pabrik. Khususnya bagi masyarakat di perkotaan yang hidup berdampingan dengan pabrik.

Polutan yang terkandung dalam asap buangan pabrik sangat berbahaya bagi lingkungan. Tidak hanya menurunkan kualitas udara, asap pabrik yang mencemari udara menyebabkan gangguan kesehatan bagi yang menghirupnya. Gangguan kesehatan tersebut seperti asma, penuaan paru-paru, bronkitis, hingga memicu kanker.

3. Pemicu Hujan Asam

Asap yang merupakan limbah pabrik memproduksi berbagai jenis polutan. Contohnya sulfur dioksida, nitrogen oksida, serta hidrokarbon. Berbagai jenis polutan tersebut akan beralih menjadi asam saat bertemu dengan uap air. 

Selanjutnya, polutan yang telah menjadi asam akan turun kembali menuju bumi dalam bentuk hujan asam. Apabila hujan asam terbawa angin, maka saat menjatuhi benda apapun akan membahayakan benda tersebut. Seperti danau dan sungai yang akan mengalami kerusakan ekosistem jika terkena hujan asam.

Ini karena terdapat kandungan aluminium yang berbahaya pada hujan asam. Bila danau dan sungai semakin sering terkena asam, berbagai biota di dalamnya akan mati akibat kerusakan ekosistem tersebut. 

Penyebab Kerusakan Cerobong Asap Pabrik

Cerobong asap yang tidak dirawat dengan teratur akan rentan mengalami kerusakan. Terutama mengingat sifat gas buang yang penuh bahan kimia, sehingga bisa memicu pengelupasan, delaminasi, atau keretakan akibat korosi. 

Selain itu, karbonasi akibat paparan karbon dioksida secara konstan pun juga menyebabkan karat dan pengelupasan pada cerobong asap. Ini karena pH material akan menurun seiring waktu. Dampaknya, tulangan baja dalam struktur tidak optimal lagi melindungi cerobong. 

Cuaca ekstrem pun turut berperan dalam kerusakan cerobong asap. Fluktuasi suhu dari panas ke dingin dan sebaliknya akan mempercepat kerusakan cerobong. 

Tips Perawatan Cerobong Asap 

Demi memastikan keamanan dan efisiensi cerobong asap saat beroperasi, pastikan Anda melakukan perawatan dengan rutin. Berbagai tips berikut bisa Anda jadikan panduan merawat cerobong asap yang efektif:

1. Pembersihan Berkala

Membersihkan cerobong secara berkala sangat penting demi memelihara kualitasnya. Apabila tidak Anda bersihkan dengan teratur, maka kotoran seperti creosote serta jelaga akan menumpuk di dalam cerobong. Kemudian, cerobong akan mengalami kegagalan fungsi saat dioperasikan akibat penumpukan kotoran tersebut. Jadi, bersihkan cerobong secara berkala. 

2. Inspeksi Visual Cerobong

Melakukan inspeksi visual merujuk pada memeriksa kondisi cerobong untuk menemukan kerusakan fisik. Misalnya, keretakan, karat, penyok, hingga komponen menghilang. Bila menemukan tanda kerusakan fisik tersebut, segera lakukan perbaikan agar kerusakan tidak bertambah besar.

3. Pengecekan Kebocoran 

Cerobong asap dapat mengalami kondensasi berlebihan dan memicu kebocoran internal. Bila bocor, cerobong bisa mengalami korosi hingga kerusakan struktural. Waspadai tanda seperti lumut, area putih, karat, lembab, perubahan warna, hingga bau apek pada cerobong. Hal tersebut bisa mengindikasikan adanya kebocoran dan harus segera Anda atasi.

4. Langganan Jasa Inspeksi Cerobong

Anda perlu memanggil jasa inspeksi cerobong profesional untuk mendapatkan pemeriksaan langsung dari ahlinya. Teknisi yang berpengalaman akan mengidentifikasi berbagai masalah seperti penumpukan puing, kerusakan ventilasi, hingga kebocoran. Jadi, cerobong asap dapat diperbaiki dengan segera dan tidak mengganggu operasional pabrik. 

Wujudkan Perawatan Cerobong Asap Pabrik Anda Bersama Tosadah

Melihat penyebab kerusakan cerobong asap yang rentan rusak akibat korosi, maka perlu didukung oleh perlindungan tahan korosi pada proses finishing. Tak hanya cerobong asap saja, beberapa bagian dari pabrik juga perlu diperhatikan perawatannya. Untuk itu, ikuti Tips Pilih Cat Pelapis Anti Karat Besi Gedung dan Pabrik ini.

Sebagai Distributor Cat Anti Karat, Tosadah menyediakan Cat Finish Building & Structure – 01 Polyurethane yang memiliki daya tahan korosi optimal. Selain itu, cat ini juga tahan terhadap sinar UV sehingga cerobong asap terlindungi dari cuaca panas ekstrem. 01 Polyurethane tidak hanya memberikan perlindungan tambahan, tetapi turut mencegah retak serta meningkatkan visual cerobong asap. 

Tidak hanya itu, Tosadah juga memiliki Cat Primer Building & Structure – 01 Epoxy yang ampuh melindungi dari goresan, perubahan cuaca, serta bahan kimia pada cerobong asap. Tidak terkecuali Cat Specialty Building & Structure – 02 Tahan Panas dari Tosadah yang fleksibel, berdaya rekat tinggi, serta cocok untuk berbagai material cerobong asap. 

Maka dari itu, percayakan perawatan cerobong asap hanya pada Tosadah! Hubungi kami untuk konsultasi atau memesan produk Tosadah sebagai solusi melindungi kualitas cerobong asap pabrik yang efektif! Kunjungi laman blog untuk informasi menarik seputar konstruksi dan industri.

Bagikan Artikel :

Menu