...

Tips Pilih Cat Pelapis Anti Karat Besi Gedung dan Pabrik

Cat Pelapis Anti Karat

Cat pelapis anti karat menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan ketika membangun sebuah gedung atau pabrik. Bahan ini sebagai pelindung terakhir agar fungsinya tidak rusak dalam waktu cepat.

Kondisi itu mempengaruhi banyak hal, mulai dari keselamatan para pekerja. Karena karatan ini nantinya bisa membuat sebuah logam menjadi patah. Kemudian, estetika di mana secara pandangan kurang begitu bagus.

Baca Juga: 5 Jenis Cat Besi Anti Karat, Lengkap dengan Cara Aplikasinya

Hanya saja saat memilihnya tidak boleh sembarangan. Tidak semua jenis bagus dan tepat ketika diaplikasikan ke bangunan baik itu gedung atau pabrik. Maka dari itu coba perhatikan beberapa tips.

Tips Pilih Cat Pelapis Besi untuk Gedung dan Pabrik

Pemberian pelapis ini bukan hanya sebagai perlindungan saja, melainkan bisa juga digunakan untuk estetika. Artinya, ketika dilihat penampilannya harus bagus dan mengesankan, maka dari itu pemilihan jadi modal utama.

Maka dari itu, perhatikan beberapa poin di bawah ini mulai dari pemilihan bahan yang ada didalamnya sampai dengan kebutuhan warnanya seperti apa. Akan dibahas secara singkat seperti di bawah ini.

1. Bahan Dasar Cat Perlu Diperhatikan

Cat pelapis anti karat yang harus dibeli adalah memperhatikan dulu beberapa bahan dasarnya. Paling dominan adalah minyak, hanya saja sekarang sudah tersedia berbahan dasar lateks. Perlu diketahui keduanya punya perbedaan.

Untuk bahan lateks sendiri produknya lebih mudah kering dan dan sulit sekali untuk terbakar. Jika ingin digunakan kembali secara berulang tidak sulit, cukup dibersihkan saja. Tetapi, perlu dipahami juga kelemahannya.

Cat pelapis anti karat anti karat bahan lateks ini tidak tahan lama, sehingga permukaan pada besi besar kemungkinan terjadi korosi. Hal itu jauh berbeda jika memilih berbahan dasar minyak.

Setelah kering kemampuannya sangat berbeda, lebih tahan dan tidak terjadi pengelupasan, penggoresan, serta penodaan. Jadi, Anda bisa mendapatkan ketahanan luar biasa dan hasilnya lebih baik, karena tidak perlu lapisan primer.

2. Cat Memiliki Lapisan Anti Karat

Cat pelapis anti karat berfungsi untuk menutup kelemahan yang ada pada material besi. Seperti diketahui, kekurangannya adalah mudah masuk dalam kondisi lembab, sehingga kemungkinan terjadinya korosi sangat tinggi.

Oleh karena itu, salah satu alasan mengapa Anda harus memilih pelapis dengan lapisan anti karat adalah menghindari terjadinya korosi. Maka dari itu, jangan lupa menggunakan bahan ini sebagai finishing.

Cat pelapis anti karat memberikan daya tahan luar biasa sehingga berbagai faktor yang mengakibatkan terjadinya korosi bisa teratasi. Inilah alasan mengapa Anda harus memilih cat dengan lapisan tambahan.

Perlu diketahui, korosi pada besi ini sangat berbahaya kalau tidak segera ditangani bisa patah dan mengganggu keselamatan orang banyak. Selain itu, dari sisi estetika juga kurang enak dipandang.

3. Cat Mengandung Anti Jamur dan Tahan Cuaca Ekstrem

Cat pelapis anti karat juga harus punya ketahanan terhadap jamur dan cuaca ekstrem, apalagi saat ini seperti sulit ditebak. Harusnya panas tetapi, hujan sangat deras turun dan berlangsung lama.

Kondisi seperti ini membuat material besi akan cepat rusak. Selain cuaca ekstrim pertumbuhan jamur juga harus dihindari. Oleh karena itu, saat memilihnya harus yang sudah tahan terhadap keduanya.

Misalnya saja, jembatan dengan tiang penyangga besi, kondisinya berada di luar atau outdoor. Pasti panas dan hujan secara tidak menentu akan mempengaruhi kualitasnya. Maka, diperlukan pelapis yang mampu memberikan ketahanan.

Pelapisan bertujuan agar jembatan tersebut tidak segera rusak, karena kemampuan sebuah material besi dengan perawatan bagus butuh waktu lima tahun untuk diperbaiki kembali. Jika dalam jangka waktu satu tahun sudah bermasalah, maka perlu ada cara menghindarinya.

Salah satunya adalah menghadirkan pelapis yang anti jamur. Perlu diketahui, mikroorganisme tersebut juga jadi faktor penentu terjadinya korosi

4. Sesuaikan Warna Cat dengan Kebutuhan

Memilih cat pelapis anti karat terakhir bisa dilakukan dengan menyesuaikan dengan kebutuhannya. Contoh, ketika warna jembatan adalah merah, maka perpaduan terbaiknya adalah putih dan menghindari hitam.

Perpaduannya tidak akan sempurna bila dipandang dari sisi estetika. Perlu diingat sebagai pengusaha konstruksi jembatan, bukan hanya ketahanan serta kemampuannya saja, melainkan penampilan juga wajib diperhatikan.

Sama saja, kalau kokoh tetapi perpaduan warna kurang bagus dan sempurna, hanya akan dijadikan sebagai lalu lintas semata. Tetapi, kalau permainan coraknya bagus, bisa dijadikan sebagai lokasi spot foto yang populer di kalangan masyarakat.

Tentunya, dalam mendapatkan kesempurnaan cat dengan berbagai bahan berkualitas dan fasilitas multiguna tersebut memiliki modal yang relatif tinggi. Namun, kekuatan dan perawatan dan setelahnya jauh lebih kokoh.

Perlu diingat, perawatan lebih penting agar biaya yang dihasilkan tidak terlalu tinggi. Maka dari itu, dengan menjalankan beberapa tips membeli cat pelapis anti karat akan meringankan beban Anda.

Baca Juga: Peran Penting Cat Finishing Besi Anti Karat agar Optimal

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu