...

Takaran Thinner dan Hardener yang Pas untuk Cat Epoxy Besi

Solusi
Epoxy Besi Tosadah

Cat epoxy besi merupakan salah satu jenis cat dasar pelapis yang berfungsi untuk membuat permukaan logam menjadi lebih keras sehingga cat bisa melekat dengan lebih sempurna. Tidak hanya itu saja, keunggulan melapisi besi dengan cat epoxy sebelum benar-benar dilakukan pengecatan yaitu sebagai penahan anti karat.

Untuk melakukan pengecatan epoxy pada besi perlu penggunaan hardener dan thinner. Tentunya agar pengecatan bisa sempurna, Anda perlu mengukur takaran yang paling tepat dari kedua zat tersebut.

Sebelum mengetahui takaran yang tepat untuk cat epoxy besi, apakah Anda sudah mengetahui cara memilih cat untuk besi yang tepat? Berikut ini kami sajikan informasi mengenai Tips Memilih Cat Anti Karat yang Tepat.

Sebelum Apply Cat Epoxy Besi: Ketahui Perbedaan Thinner dan Hardener

Thinner merupakan zat cairan yang memiliki sifat mudah menguap dan kerap digunakan untuk tujuan mengencerkan zat lain seperti cat misalnya. Sementara hardener adalah kebalikan dari thinner, yaitu suatu zat yang biasanya digunakan untuk tujuan mengeraskan zat lain, entah itu dalam bentuk cat maupun pernis.

Berdasarkan hal tersebut, diketahui bahwa perbedaan antara thinner dan juga hardener dapat dilihat melalui kedua fungsinya.

Apabila hardener memiliki fungsi untuk memadatkan suatu zat hingga membuat zat tersebut sulit mengalami penyebaran, maka thinner justru berfungsi membuat cat dengan mudah menyebar. Kemudian dilihat dari unsur kimianya, hardener atau pengeras ini dapat berupa alphatic, aromatic amines, polyamides, maupun anhydrides.

Sedangkan untuk unsur kimia dari thinner atau pengencer ini bisa berbentuk toluene, acetone, ethyl acetate, methanol, maupun ethanol.

Dari beberapa deskripsi mengenai kedua cairan di atas, dapat disimpulkan bahwa thinner dan hardener merupakan dua zat cair yang memiliki sifat berlawanan.

Takaran Thinner dan Hardener yang Pas

Setelah mengetahui pengertian dari masing-masing zat thinner dan hardener, maka supaya bisa melakukan pengecatan epoxy besi, Anda perlu mengira-ngira takaran yang sesuai dari kedua cairan tersebut.

Berikut ini akan diberikan langkah termasuk juga takaran dari epoxy thinner dan hardener yang paling pas.

  • Mengamplas permukaan besi agar bersih dari karat, oli, maupun minyak. Apabila terdapat bagian yang tidak rata, maka Anda bisa menghaluskannya dengan amplas tersebut
  • Memastikan bahwa bagian permukaan yang akan dilakukan pengecatan epoxy sudah kering dan bersih dari kotoran
  • Mengaduk epoxy sampai rata sebelum digunakan karena epoxy memiliki kemungkinan mengental hingga mengeras apabila tidak digunakan dalam waktu yang lama
  • Menyediakan gelas ukur supaya takarannya akurat
  • Membuat adonan campuran sesuai yang dibutuhkan saja dengan perbandingan antara cat epoxy:hardener:thinner yaitu 4:1:3
  • Setelah adonan tersebut tercampur, Anda bisa memanfaatkan alat spray atau alat penyemprot untuk mempermudah pengaplikasiannya
  • Untuk hasil sempurna, perlu memberi jarak antara besi yang akan dicat dengan alat penyemprotnya sekitar 20 cm atau jarak satu jengkal tangan
  • Lakukan pengecatan atau penyemprotan tersebut sebanyak dua lapis
  • Pastikan beri jeda sebelum melakukan penyemprotan lapisan kedua
  • Langkah terakhir, Anda perlu mengamplas permukaan yang sudah disemprot epoxy tadi, namun sebelumnya pastikan bahwa hasil pengecatan tadi telah kering

Sebagai pengingat, Anda perlu tahu bahwa takaran campuran antara epoxy thinner dan juga hardener yang pas akan menghasilkan cat yang doff. Sementara apabila takarannya menghasilkan adonan yang encer, hal ini akan membuat cat menjadi mengkilap.

Epoxy Besi Terbaik dari Tosadah

Demikian pembahasan mengenai takaran thinner dan hardener yang paling sesuai untuk cat epoxy besi. Apabila Anda sedang mencari distributor cat anti karat untuk pengerjaan berbagai jenis proyek pembangunan, Anda bisa percayakan pada PT Tosadah.

Penjelasan lebih lengkapnya mengenai perusahaan kami maupun proyek-proyek yang sudah pernah kami lakukan dapat Anda temukan dengan mengunjungi website kami

Ketahui juga perbedaan antara cat epoxy besi dengan cat epoxy coating. Jangan sampai keliru memilih keduanya. Berikut ini adalah Perbedaan Fungsi Cat Epoxy dan Epoxy Coating, Jangan Keliru.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu