...

Perbedaan Fungsi Cat Epoxy dan Epoxy Coating, Jangan Keliru!

Solusi
Fungsi Cat Epoxy Lantai Tosadah

Tahukah Anda bahwa fungsi cat epoxy dan epoxy coating berbeda? Cat epoxy sendiri merupakan cat yang memiliki formula khusus sehingga dapat menempel di lantai dengan baik dan biasanya digunakan pada lantai garasi. Sedangkan, epoxy coating adalah resin epoxy yang bertujuan untuk melapisi lantai dan dapat mengeras secara alami.

Membahas tentang fungsi cat epoxy sangat menarik karena terkadang banyak orang masih keliru membedakannya dengan epoxy coating. Keduanya memiliki perbedaan dari segi fungsi serta memiliki keunggulan masing-masing.

Sebaiknya, Anda kenali kedua perbedaan produk ini agar nantinya bisa menggunakan secara tepat. Luangkan waktu untuk simak penjelasan singkat untuk lebih mengenal cat epoxy dan epoxy coating.

Selain perbedaan cat epoxy dan epoxy coating, Anda juga perlu mengetahui perbandingan antara Enamel vs Epoxy untuk Proteksi Besi, Apa Perbedaannya? Enamel dan epoxy merupakan dua material yang berbeda.

Apa itu Cat Epoxy dan Apa Fungsi Cat Epoxy?

Cat epoxy merupakan cat yang sering digunakan untuk lantai garasi serta memiliki keunggulan bertahan lebih baik. Memiliki kandungan khusus membuat cat ini mampu menempel dengan baik pada lantai.

Fungsi cat epoxy memberikan warna pada lantai agar lebih menarik serta memiliki warna agar tidak monoton. Namun, cat ini tidak memiliki perlindungan sehingga tetap berisiko mengelupas ketika sering digunakan.

Cat ini memiliki risiko retak dan mengelupas lebih besar jika dilalui kendaraan atau pejalan kaki setiap harinya. Maka, menggunakan produk ini sebagai pengganti lapisan epoxy bukan menjadi pilihan terbaik.

Alasannya adalah karena fungsi dari cat epoxy hanya untuk memberi warna, tetapi tidak memiliki tingkat perlindungan tinggi. Jadi, jangan heran meskipun sudah memakai produk ini, Anda tetap membutuhkan lapisan lagi.

Apa Itu Epoxy Coating dan Apa Fungsinya?

Setelah membahas tentang fungsi cat epoxy, tentu akan lebih mudah membedakan dengan epoxy coating. Epoxy coating atau lapisan epoxy merupakan resin epoxy yang mengandung pengeras alami.

Kandungan pengeras ini dapat memberikan fungsi pengawetan setelah diaplikasikan pada media seperti lantai. Hasilnya adalah membuat permukaan menjadi keras, tahan lama, tahan terhadap bahan kimia, minyak, noda, dan sejenisnya.

Sayangnya, tahap persiapan yang dibutuhkan jauh lebih lama dan prosesnya lebih rumit dibandingkan memakai cat biasa. Namun, dengan proses persiapan membuat hasil akhirnya jauh lebih memuaskan dan meminimalkan biaya perawatan.

Tahukah Anda jika dibandingkan dengan fungsi cat epoxy, memakai pelapis ini paling hemat biaya dan murah. Perlindungan permukaan tahan lama baik untuk area terbuka maupun tertutup seperti garasi.

Menariknya, lapisan lantai resin epoxy bisa ditambahkan dengan lapisan pelindung UV dan anti slip. Hal ini bisa memberikan perlindungan dan fungsi tambahan pada lantai tersebut.

Terdapat juga berbagai macam pelapis tersedia seperti pelapis serpihan dan dekoratif. Hal ini lebih maksimal daripada sekedar menggunakan cat epoxy saja.

Perbedaan Antara Cat Epoxy VS Epoxy Coating

Dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah memiliki gambaran tentang perbedaan fungsi cat epoxy dengan lapisan epoxy.

Perlu diketahui jika pelapisan epoxy dilakukan dengan benar, maka kualitasnya akan jauh lebih baik. Bahkan, cat ini bisa bertahan lebih lama di permukaan beton.

Lapisan epoxy jika diterapkan oleh ahlinya dan dikerjakan secara profesional, maka masa pakainya bisa mencapai 1 dekade. Terlebih lagi jika dirawat secara baik dan profesional maka bisa lebih dari itu.

Sementara itu, cat epoxy akan cenderung menunjukkan tanda keausan terlebih sering digunakan untuk pejalan kaki. Tanda pengelupasan dan keretakan akan terlihat hanya dalam beberapa tahun saja.

Dapat disimpulkan jika lapisan epoxy merupakan investasi jangka panjang yang lebih hemat biaya serta tahan lama. Meskipun cat epoxy lebih murah, tetapi kualitasnya tidak bisa bertahan lama dan cepat rusak.

Namun, tahukan Anda bahwa terdapat pula jenis cat epoxy yang dikhususkan untuk pengecatan bidang besi? Begini Pentingnya Cat Epoxy Anti Karat pada Pengecatan Gedung Besi. Bidang besi sangat membutuhkan proteksi khusus dari lapisan cat primer agar tidak terkena karat. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan cat epoxy.

Jika Anda membutuhkan informasi untuk menggunakan lapisan epoxy maka silahkan hubungi PT Tosadah. Kami sangat profesional serta berpengalaman dalam pengerjaan lapisan epoxy untuk lantai indoor maupun outdoor.

Segera hubungi kami di sini untuk mendapatkan penawaran terbaik sekarang juga. Bisa juga kunjungi website PT Tosadah untuk menemukan produk dengan fungsi cat epoxy dan epoxy coating terbaik.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu