...

Tips Memilih Cat Anti Karat yang Tepat

Solusi
Tips Memilih Cat Anti Karat Korosi Tosadah

Kita semua sudah pasti memiliki alat atau barang yang terbuat dari besi atau logam. Barang yang mudah berkarat seperti ini membuat kita berfikir untuk menjaganya tetap baik dengan menggunakan cat anti karat.

Cat anti karat itu sendiri memiliki berbagai jenis dan tipe. Sebelum kamu membeli cat anti karat, ketahui kebutuhanmu dan pastikan bahwa tipe cat yang akan digunakan sudah tepat. Ada tipe cat anti karat yang bersifat sebagai lapisan primer, di mana cat perlu dilapisi lagi dengan cat finishing. Ada pula cat yang khusus untuk keadaan luar ruangan, hingga cat untuk melindungi besi yang ditanam di dalam tanah ataupun air.

Berikut adalah cara untuk memilih cat anti karat yang tepat:

1. Kenali Tipe Cat

Selalu konsultasikan pada penjual atau baca dengan teliti deskripsi produk cat anti karat apakah cat tersebut sesuai dengan kebutuhan. Hal ini termasuk kesesuaian tipe cat dengan jenis material besi yang kamu gunakan. Perlindungan untuk material baja mungkin akan berbeda dengan material seng ataupun aluminium.

2. Warna dan Pigmen Cat

Selalu perhatikan kandungan pigmen dan zat yang terdapat di dalam komposisi cat anti korosi karena kandungan pigmen di dalam cat akan mempengaruhi daya tahan cat anti karat dalam melindungi perabot dan furnitur.
Cat anti karat berkualitas umumnya memiliki pigmen dasar yang bernama zinc dengan kadar yang tinggi. Kandungan pigmen ini membuat cat mampu melindungi besi dari korosi dalam jangka waktu lebih panjang dan daya tahan terhadap zat-zat korosif yang lebih kuat.

3. Merek Cat Terpercaya

Cat anti karat yang baik tentu tidak akan datang dengan harga yang miring. Mempertimbangkan merk atau brand lebih utama daripada mencari harga termurah dari cat yang hendak kamu gunakan.

Pilihlah brand cat anti karat yang sudah terbukti dan juga menyediakan banyak varian produk yang bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu. Memilih produk cat anti karat abal-abal hanya karena harga yang lebih murah hanya akan membuat proteksi menjadi sia-sia karena kerja cat yang ternyata tidak maksimal.

4. Pengaplikasian Cat yang Tepat

Mengaplikasikan cat anti karat mungkin sekilas terlihat seperti pekerjaan yang mudah. Meskipun mudah, kesalahan kecil bisa membuat cat anti karat justru tidak berfungsi. Ikuti petunjuk penggunaan atau konsultasikan proses penggunaan dengan teknisi berpengalaman.

Mulai dari persiapan permukaan yang bersih, kering, bebas partikel debu, hingga proses pelapisan akhir dari cat anti karat dengan cat besi biasa untuk memberikan warna akhir pada perabot besi bisa jadi perkerjaan yang gampang-gampang susah, lho. Jadi, jangan sepelekan instruksi penggunaan cat, ya.
.
Untuk konsultasi dan informasi lebih detil seputar Cat Anti Karat, Anda dapat menghubungi kami melalui sarana berikut.

Phone: (+62) 031 5025600 / 5025700
Website: www.tosadah.com
E-mail: tosadah@gmail.com
Facebook: Tosadah
Instagram: @tosadah.id

 

Bagikan Artikel :

Menu