...

Catat! 7 Pertimbangan Memilih Mesin Cat Semprot untuk Besi

Pabrik Bangunan
Mesin Cat Semprot untuk Besi Tosadah

Mesin cat semprot kini banyak digunakan untuk mengecat permukaan benda-benda berbahan besi. Mesin ini pun bisa ditemukan di berbagai toko dengan mudah. Namun sebelum membelinya, Anda perlu mengetahui apa saja hal yang perlu dipertimbangkan.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui apa alasan serta keuntungan penggunaan mesin cat ini agar Anda semakin yakin dengan pilihan yang Anda ambil sebelum memulai mengecat besi. 

Pengecatan metode semprot ini umumnya menggunakan alat semprot bernama sprayer. Oleh sebab itu, sebelum Anda simak ulasan selengkapnya di bawah ini. Anda lebih baik juga Mengenal Lebih Jauh Metode Pengecatan Sprayer.

Alasan dan Keuntungan Gunakan Mesin Cat Semprot

Pengecatan yang menggunakan mesin semprot memiliki berbagai keuntungan yang bisa Anda jadikan alasan untuk menggunakannya, seperti:

1. Tidak Memerlukan Energi Lebih

Mesin ini memungkinkan Anda untuk menggunakannya dengan mudah sehingga bisa menghemat energi Anda. Hal ini disebabkan Anda tidak perlu mengisi ulang kuas dengan cat atau mengisi kaleng cat secara terus menerus. Selain itu, Anda juga tidak perlu khawatir dengan cat yang kering pada kuas.

Anda hanya perlu mengisi tangki cat saja sebelum melakukan pengecatan. Anda akan menjadi ahli dalam waktu yang singkat

2. Tidak Memerlukan Waktu yang Lama

Masih berkaitan dengan poin pertama, Anda tidak perlu waktu yang lama untuk menggunakan mesin cat semprot ini. Selain itu, penggunaan mesin ini juga bisa meminimalisir adanya titik yang belum dicat.

Anda juga hanya perlu menyemprot bidang cat dua kali saja untuk menyelesaikan pengecatan. Oleh sebab itu, Anda bisa lebih mudah menyelesaikan pengecatan dalam waktu yang singkat.

3. Lebih Rata

Dengan menggunakan cat ini, Anda bisa mengecat dengan lebih rata. Selain itu, cat juga lebih mudah untuk mengering. Ditambah lagi Anda tak perlu mengalami peristiwa di mana cairan cat jatuh sehingga cat menumpuk di bagian bawah. Mesin ini juga bisa meminimalisir terbentuknya benjolan cat pada permukaan.

4. Meminimalisir Kerugian

Pengecatan dengan cara lain bisa menimbulkan kerugian karena tetesan atau tumpahan cat dari kuas. Namun, Anda bisa meminimalisir hal ini jika menggunakan alat ini. Hal ini disebabkan alat ini mempunyai tangki sehingga apabila cat tidak digunakan, maka cat tetap berada di dalam tangki tersebut.

5. Bisa Lebih Dikontrol 

Beberapa mesin memberikan kontrol lebih kepada para penggunanya. Dengan demikian, Anda bisa mengatur seberapa banyak cat yang ingin Anda keluarkan sesuai kebutuhan dan selera.

7 Tips Memilih Mesin Cat Semprot

Meskipun mesin ini memberikan berbagai keuntungan seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda tetap perlu memilihnya dengan baik sehingga hasil yang diberikan pun semakin baik pula. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

1. Luas Bidang Permukaan 

Sebelum memilih mesin yang tepat, maka Anda perlu mengetahui luas bidang permukaan yang akan dicat. Luas ini berpengaruh terhadap volume cat yang digunakan. Volume cat ini tentu akan berpengaruh terhadap seberapa besar mesin terutama tangki yang Anda butuhkan.

2. Bahan

Carilah alat yang berbahan kuat sehingga tidak mudah rusak terutama selama proses pengecatan. Selain itu, pertimbangkan juga alat yang bisa digunakan dengan berbagai jenis cat sehingga memudahkan Anda dalam memilih cat. Pastikan juga bahwa alat tersebut mudah untuk dibersihkan.

3. Mudah Disesuaikan

Anda juga perlu mempertimbangkan mesin cat semprot yang mudah untuk disesuaikan. Jadi, Anda bisa mengatur tekanan, banyak sedikitnya cat yang keluar, dan lain sebagainya. Hal ini bisa memudahkan Anda untuk menggunakan mesin ini sesuai kebutuhan dan selera Anda, sekalipun bila Anda menginginkan desain yang unik.

4. Karakteristik

Ada berbagai karakteristik yang perlu Anda perhatikan saat membeli mesin ini, seperti ukuran, sumber energi dari mesin, hingga ukuran tangki. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda dan kondisi Anda di rumah

5. Pengukur Tekanan

Pengukur tekanan merupakan salah satu fitur yang penting pada mesin ini. Tanpa pengukur tekanan, maka Anda tidak tahu seberapa besar tekanan yang dikeluarkan oleh mesin ini sehingga Anda pun kesulitan untuk mengontrolnya.

Maka dari itu, pastikan mesin mempunyai pengukur tekanan yang bisa bekerja dengan baik. Jika Anda tidak bisa mengetesnya sekarang, maka mintalah garansi agar bisa dikembalikan jika pengukur ini tak bisa berfungsi dengan baik.

6. Nozzle

Nozzle adalah pipa kecil tempat keluarnya cat. Meskipun terlihat sama, namun nozzle mempunyai tipe dan ukuran yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, pastikan nozzle sudah sesuai dengan kebutuhan Anda sehingga proses pengecatan pun bisa berjalan sesuai harapan

7. Biaya

Biaya adalah hal terpenting dalam pemilihan mesin ini. Pastikan Anda memilih mesin yang sesuai dengan dana. Namun sebaiknya, Anda mempertimbangkan mesin dengan kualitas bagus meskipun sedikit lebih mahal.

Demikian berbagai alasan serta pertimbangan yang bisa Anda pikirkan saat memilih mesin cat semprot. Selain mesin tersebut, Anda juga perlu mempertimbangkan cat yang berkualitas agar hasilnya sesuai dengan keinginan. Maka dari itu, Anda perlu mengetahui 8 Jenis-jenis Cat Berdasarkan Kandungan Resin untuk hasil pengecatan berkualitas. Terdapat berbagai distributor seperti PT. Tosadah yang menyediakannya. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu