...

Berikut Tips Perbaikan Permukaan Lantai Beton yang Rusak

Article, Dak Beton
perbaikan permukaan lantai beton - Tosadah pelopor cat besi anti karat

Beton adalah bahan bangunan yang cukup populer dan sering dimanfaatkan untuk membangun berbagai bagian, termasuk lantai bangunan. Bahan ini memang terkenal kokoh, kuat, dan bisa menghasilkan permukaan yang rata. Namun, lantai yang terbuat dari beton juga rentan rusak, sehingga penting untuk memahami perbaikan permukaan lantai beton.

Perlu adanya langkah perbaikan yang tepat untuk bisa mendapatkan lantai yang kembali kokoh dan tahan lebih lama. Selain itu, pemilihan produk yang berkualitas tentu dapat mengoptimalkan perbaikan lantai, simak penjelasan berikut hingga tuntas!

Dalam konteks ini, mengetahui 4 Permukaan yang Wajib Dilapisi Cat Lantai Acian juga sangat penting untuk memastikan daya tahan dan estetika lantai beton Anda.

Penyebab Kerusakan Permukaan Lantai Beton

Permukaan dari lantai beton dapat mengalami kerusakan karena berbagai hal. Di bawah ini adalah beberapa penyebab kerusakan permukaan  lantai beton yang cukup umum terjadi.

1. Proses Pengeringan Terlalu Cepat

Pertama, kerusakan permukaan lantai beton dapat disebabkan oleh proses pengeringan yang terlalu cepat. Jika lantai belum mengering secara sempurna dan sudah langsung digunakan, maka dapat muncul kerusakan berupa retakan kecil.

Hal ini juga bisa disebabkan oleh suhu yang terlalu panas atau paparan sinar matahari secara langsung ketika proses pengeringan belum selesai. Hasilnya, beton tidak bisa mengeras dengan sempurna.

2. Terjadi Penyusutan atau Pergerakan Tanah

Kedua, berbagai kejadian alami dapat menjadi penyebab kerusakan pada lantai beton. Misalnya, terjadi pergerakan tanah, penyusutan tanah, gempa bumi, tanah longsor, dan tsunami.

3. Lantai Diberikan Beban Berlebih

Ketiga, adanya beban berlebih di atas lantai beton dapat menyebabkan lantai beton menjadi mudah rusak. Jadi, perlu dipastikan bahwa beban di atasnya sesuai dengan kapasitas dari lantai beton.

4. Kualitas Beton yang Buruk

Sebelum melakukan perbaikan permukaan lantai beton, maka penyebab yang satu ini sangat penting untuk diketahui karena cukup sering terjadi.

Jika Anda memakai kualitas beton yang buruk, maka hal ini akan berdampak pada kualitasnya. Lantai bangunan pun bisa menjadi semakin rawan dengan risiko kerusakan. Maka dari itu, pemilihan bahan beton perlu sangat diperhatikan.

Cara Mengidentifikasi Kerusakan Permukaan Lantai Beton

Untuk dapat mengidentifikasi kerusakan lantai beton, maka Anda dapat mengamatinya secara langsung. Di bawah ini adalah beberapa jenis kerusakan yang dapat diidentifikasi dengan mengamatinya.

1. Cracking atau Retak Lantai

Lantai beton dapat menjadi retak sehingga tampak garis-garis pada permukaan beton, biasanya berukuran cukup panjang dan sempit.

2. Honeycomb atau Selimut Terkelupas

Pengelupasan di bagian selimut beton adalah jenis kerusakan yang dapat diidentifikasi dengan melihatnya. Ada berbagai penyebabnya, antara lain terjadinya abrasi dan erosi.

3. Beton Keropos

Kerusakan ini umumnya disebabkan oleh proporsi beton yang kurang sesuai ketika proses pengerjaan lantai, sehingga rangka beton yang dipasang tidak sempurna, khususnya dalam aspek kepadatannya. Dampaknya, dapat membuat beton menjadi keropos dan hal ini dapat terasa ketika lantai diinjak.

4. Beton Tidak Rata

Selanjutnya, ada pula beton yang terpasang secara tidak rata atau menggelembung di bagian tertentu. Biasanya, penyebabnya yakni adanya kotoran atau elemen yang tidak sesuai pada campuran beton saat proses pemasangan. Selain itu, bisa juga karena permukaan yang akan dipasang beton tidak dibersihkan terlebih dahulu.

Tips Perbaikan Permukaan Lantai Beton yang Rusak

Jika lantai beton sudah rusak, maka sebaiknya segera Anda perbaiki supaya kerusakannya tidak semakin parah. Perbaikan ini juga berguna untuk menjaga kualitas, nilai fungsi, dan keamanan dari bangunan Anda. Inilah langkah dan tips untuk memperbaiki permukaan lantai beton yang rusak.

1. Bersihkan Lantai Beton yang Rusak

Pertama, Anda perlu membersihkan bagian lantai yang rusak dan akan diperbaiki. Proses pembersihan ini menjadi penting supaya dapat dipastikan nantinya bahan yang digunakan untuk perbaikan lantai dapat melekat secara optimal.

Jadi, bersihkan semua jenis kotoran yang ada di permukaan lantai tersebut, mulai dari debu, sisa kerusakan material, dan sebagainya.

Dengan hilangnya semua elemen yang tidak diperlukan, maka permukaan menjadi bersih dan mudah untuk melakukan perbaikan.

2. Pakai Mortar yang Terjamin Kualitasnya

Untuk melakukan perbaikan permukaan lantai beton yang efektif, maka penting untuk memakai mortar khusus yang memang dirancang untuk membangun atau memperbaiki lantai beton.

Lalu, campurkan mortar tersebut dengan menerapkan konsistensi yang tepat. Setelah Anda melakukannya sesuai instruksi pemakaian, maka Anda bisa langsung mengaplikasikannya. Ratakan ke dalam bagian retakan lantai beton dengan memanfaatkan sendok semen.

Anda perlu memastikan bahwa mortar tersebut telah mengisi retakan dengan rata, supaya hasilnya maksimal.

3. Pakai Serat Penguat jika Perlu

Apabila Anda melakukan perbaikan permukaan lantai beton dengan skala yang cukup besar, maka dapat dipertimbangkan untuk mengaplikasikan serat penguat. Ini merupakan serat yang dirancang secara khusus untuk memperkuat beton.

Anda dapat menambahkannya ketika sedang mengaduk mortar, supaya dapat mencegah berbagai kerusakan lebih lanjut ke depannya.

4. Haluskan Permukaan yang Telah Diperbaiki

Selanjutnya, Anda sebaiknya menghaluskan permukaan beton yang sudah diperbaiki. Gunakan amplas halus setelah mortar terpasang dan mengering sempurna.

Dalam melakukan langkah ini, penting bagi Anda untuk memakai kacamata dan masker, supaya bisa menghindari berbagai debu yang mungkin terhirup atau mengganggu pandangan mata.

5. Tambahkan Lapisan Pelindung

Setelah semua proses di atas selesai, maka Anda dapat menambahkan lapisan pelindung pada permukaan lantai beton. Gunakan pelapis yang telah dirancang secara khusus untuk melindungi lantai beton dari noda, aus, dan kelembaban.

Wujudkan Perbaikan Permukaan Lantai Beton Anda bersama Tosadah

Kini, Anda telah memahami tentang kerusakan permukaan dari lantai beton dan tips untuk memperbaikinya. Penting untuk dipahami bahwa kualitas dari beton yang buruk dapat menjadi penyebab rusaknya lantai.

Maka dari itu, dalam mengoptimalkan perbaikan, sebaiknya Anda memilih produk terbaik dari PT Tosadah. Di bawah ini adalah tiga produk concrete repair yang dapat Anda gunakan, sesuai dengan lokasi perbaikan dan karakteristiknya.

1. Mapefill 318

Pertama, ada produk Mapefill 318 yang merupakan non shrink grout dari PT Tosadah.  Ini adalah semen berkualitas tinggi dengan aditif khusus dan agregat bergradasi 1,2 milimeter. Anda dapat menggunakannya untuk perbaikan kolam, pelat beton, dan balok.

Segera hubungi kami untuk pemesanan atau pertanyaan lebih lanjut tentang produk ini. Ketahui juga berbagai produk lain dari PT Tosadah dan kunjungi blog kami untuk membaca berbagai artikel lainnya.

2. Mapegrout Thixotropic

Kedua, ada Mapegrout Thixotropic yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai perbaikan beton. Misalnya, rekonstruksi penutup beton dan perbaikan untuk balok, sudut, kolam, hingga balkon.

Produk ini terbuat dari agregat bergradasi, bahan pengikat semen, serat sintetis, dan aditif khusus. Kerusakan akibat batang tulangan berkarat juga dapat diperbaiki, karena produk ini mempunyai kekuatan mekanik yang tinggi.

3. Mapeflex MS 45

Terakhir, ada Mapeflex MS 45 dari PT Tosadah yang dapat diaplikasikan untuk area terendam atau di dalam air. Produk ini dapat menempel di berbagai permukaan, misalnya bata, aluminium, keramik, kaca, gypsum, besi, hingga berbagai variasi permukaan bahan plastik.

Itulah penjelasan tentang kerusakan permukaan lantai beton dan berbagai tips perbaikannya. Anda juga telah mendapatkan rekomendasi produk terbaik yang dapat mendukung langkah perbaikan sesuai tips di atas.

Selain itu, penting juga untuk memahami 8 Faktor Penting Lantai Gudang Gunakan Lapisan Epoxy untuk memastikan perlindungan dan daya tahan yang optimal.

Produk dari PT Tosadah adalah pilihan tepat dalam melakukan perbaikan permukaan lantai beton. Maka dari itu, jangan ragu untuk langsung hubungi kontak kami dan melakukan pemesanan. Jangan lupa juga untuk mengunjungi blog kami dan membaca berbagai artikel informatif lainnya.

Bagikan Artikel :

Menu