...
Lantai
Cat Lantai Acian PT Tosadah

Lantai bangunan berasal dari berbagai campuran material untuk membuatnya lebih kokoh. Sebagai pelapis yang populer karena daya tahannya, epoxy menjadi pilihan melapisi permukaan lantai. Salah satu contohnya adalah epoxy sebagai cat lantai acian.

Namun, kerap timbul pertanyaan mengenai kesesuaian pelapisan lantai acian dengan epoxy. Jenis permukaan lantai apa saja yang cocok dilapisi dengan epoxy pun jadi pertanyaan lain yang juga sering ditanyakan. 

Beton halus termasuk salah satu jenis permukaan yang bisa dilapisi epoxy. Anda bisa menyimak pembahasan berikut Manfaat dan Masalah Umum pada Cat Epoxy Lantai Beton sebagai wawasan mengenai lantai beton.

Untuk menemukan jawaban dari pertanyaan tentang pelapisan lantai acian, ketahui melalui pembahasan berikut!

4 Permukaan yang Wajib Dilapisi Cat Lantai Acian

Pelapisan lantai acian dengan epoxy akan membuatnya kuat, menarik, dan tentunya tahan lama. Berikut jenis permukaan lantai yang dapat dan wajib dilapisi dengan acian:

1. Beton Halus

Permukaan lantai dari beton halus adalah rekomendasi paling cocok untuk dilapisi dengan epoxy. Ini melihat permukaan beton yang lebih rata, sehingga tidak rentan mengeluarkan gelembung ketika pelapis epoxy telah diaplikasikan.

Tips pelapisannya yakni dengan memastikan permukaan beton tidak memiliki retak, lubang, ataupun pecahan yang signifikan. 

2. Beton Kasar

Berbeda dengan jenis permukaan beton halus, Anda perlu merapikan permukaan beton kasar terlebih dahulu. Tujuannya agar permukaan beton lebih rata, sehingga pelapis epoxy mudah diaplikasikan.

Bila tidak, Anda mungkin akan menghabiskan minyak cat yang cukup banyak ketika mengaplikasikan cat lantai epoxy. 

3. Semen Acian

Kecocokan permukaan semen acian serupa dengan lantai beton halus ketika membahas mengenai pelapis epoxy. Ingat bahwa Anda perlu memastikan lantai tidak memiliki lubang atau keretakan. 

Selain itu, menggunakan cat lantai semen akan menghemat pengeluaran pembangunan. Ini mengingat permukaan semen acian sudah sangat halus dan tidak membutuhkan pemerataan tambahan seperti pada lantai beton kasar. 

Menggunakan Mapefloor CPU/HD dari PT Tosadah pada permukaan lantai semen acian jadi pilihan berkualitas. 

Kemampuan pelapis cat lantai berbasis semen satu ini tidak main-main, sebab tahan terhadap thermal shock hingga 120 derajat celcius serta tahan akan paparan bahan kimia. 

4. Marmer 

Untuk jenis lantai marmer, Anda bisa mendapatkannya pada bangunan di pegunungan kapur. Perhatikan juga permukaan lantai marmer agar bebas dari lubang atau retak. Bila Anda mendapati retak atau lubang, maka hindari menambalnya.

Anda perlu memanggil jasa teknisi untuk meratakan permukaan marmer menggunakan gerinda. Jadi, aplikasi pelapis epoxy acian lebih merata dan estetik.

4 Faktor yang Perlu Diperhatikan sebelum Melapisi Cat Lantai Acian

Sebelum melapisi permukaan lantai dengan epoxy floor paint, sebaiknya perhatikan dan pertimbangkan berbagai faktor berikut ini:

1. Kualitas Acian

Mempertimbangkan kualitas acian dan melihat kondisinya sebelum epoxy jadi langkah awal yang perlu Anda lakukan. Faktor seperti retakan pada acian akan menimbulkan masalah. Jadi, sebaiknya pastikan acian sudah memenuhi standar sebelum dilapisi.

2. Persiapan Permukaan Lantai

Faktor kedua yang perlu diperhatikan sebelum melapisi cat lantai acian yakni menyiapkan permukaan acian terlebih dahulu sebelum melakukan pelapisan dengan epoxy. 

Contoh persiapan permukaan lantai yaitu membersihkan permukaan dari debu, kotoran, atau pun minyak, yang berisiko mengganggu ikatan pada epoxy.

Anda pun perlu memastikan bahwa permukaan sudah halus dan rata, jadi proses epoxy lebih mulus nantinya.

3. Kesesuaian Epoxy

Faktor kesesuaian, atau kompatibilitas, jadi tahap penting yang memastikan epoxy tidak bereaksi negatif terhadap acian. Anda bisa berkonsultasi dengan produsen epoxy untuk memastikan kesesuaian antara bahan kimia pada epoxy.

Jadi, Anda bisa mendapatkan cat lantai epoxy yang kompatibel dengan bahan kimia yang tidak merusak acian. 

Menemukan pelapis epoxy yang kompatibel untuk area berstandar tinggi kini lebih mudah. Sebab, terdapat Mapefloor 302 SL dari PT Tosadah yang tahan terhadap pertumbuhan mikroorganisme sehingga memenuhi standar ruangan industri yang bersih.

4. Pengaplikasian dan Pelapisan

Anda perlu memperhatikan dan mengikuti panduan aplikasi serta pelapisan epoxy pada acian. Namun, umumnya proses aplikasi dan pelapisan dilakukan oleh pekerja profesional karena membutuhkan keterampilan khusus.

Peralatan dan teknik khusus tertentu dibutuhkan untuk memastikan bahwa epoxy menempel dengan baik. 

4 Manfaat Menggunakan Epoxy sebagai Cat Lantai Acian

Lantai acian yang menggunakan epoxy ketika bertugas akan mendapatkan berbagai manfaat, seperti empat manfaat di bawah ini:

1. Tidak Rentan Aus

Cat epoxy menciptakan lapisan perlindungan agar permukaan lantai tahan terhadap goresan dan keausan. Jadi, acian pun bisa bertahan lebih lama dan berumur panjang.

2. Permukaan Lantai Mudah Dibersihkan

Pengaplikasian epoxy pada permukaan lantai membuatnya mudah dibersihkan. Sebab, pada permukaan akan terbentuk lapisan halus yang tidak mudah menyerap kotoran ataupun noda. 

Ini menjadikan cat lantai acian yang memasang epoxy akan lebih mudah dibersihkan dan dirawat. 

3. Meningkatkan Estetika Lantai

Estetika permukaan lantai acian akan semakin meningkat melalui aplikasi epoxy. Terlebih dengan ketersediaan warna dan gaya yang beragam serta bisa dikombinasikan dengan konsep ruangan.

4. Memberikan Kekuatan Ekstra 

Satu lagi keuntungan dari aplikasi epoxy pada lantai acian, yaitu memberikan ekstra kekuatan pada permukaannya. 

Ini khususnya berlaku pada permukaan lantai di area industri.dengan beban ataupun stres mekanis yang intensif.  Jadi, permukaan tidak rentan rusak dan memiliki kekuatan tambahan yang dibutuhkan.

6 Cara Pelapisan Lantai dengan Epoxy

Untuk melakukan pelapisan permukaan lantai acian dengan epoxy, Anda bisa menerapkan cara-cara di bawah ini:

1. Menyiapkan Permukaan

Metode pengamplasan perlu dilakukan untuk menentukan adhesi substrat serta pelapis epoxy yang sesuai. Pastikan juga tingkat rata pada permukaan lantai. Bila terdapat kondisi khusus, misalnya lantai terkontaminasi minyak, maka perlu pembersihan terlebih dahulu.

2. Membersihkan Permukaan

Lakukan pembersihan dengan vakum industri untuk menghindari partikel debu terjebak dalam proses pelapisan nantinya. Sebab, hal tersebut akan berisiko menurunkan kerekatan pelapis epoxy. 

3. Melapisi Permukaan dengan Cat Primer

Buat sistem ventilasi yang memadai terlebih dahulu. Kemudian, lakukan pelapisan dengan cat primer. Tujuannya untuk membuat lantai lebih kuat menahan beban sehingga berumur panjang.

4. Mengaplikasikan Lapisan Pertama

Campurkan resin epoxy dan juga pengeras dengan mixer listrik hingga dua menit. Pastikan takarannya pas agar meminimalisir penurunan kualitas.

5. Menggunakan Roller untuk Aplikasi Epoxy 

Aplikasikan campuran epoxy tersebut dengan roller berkualitas. Lakukan pelapisan kembali setelah 24 jam berlalu.

6. Memberikan Lapisan Epoxy Terakhir

Pelapisan epoxy terakhir perlu lebih teliti. Pastikan lubang dan retakan telah terisi, lalu pastikan permukaan bebas debu. Jadi, hasil epoxy bertekstur halus dan mengilap untuk waktu yang lama.

Berbagai permukaan yang wajib dilapisi cat lantai acian tersebut memiliki karakter masing-masing. Namun, pengaplikasiannya tetap mengikuti tahapan umum seperti enam cara pelapisan yang telah dijelaskan sebelumnya. 

Menggunakan Mapefloor CPU/HD dan juga Mapefloor 302 SL dari PT Tosadah jadi pilihan pelapis epoxy terbaik yang bisa memenuhi kebutuhan lantai acian pada bangunan.

Bila Anda tertarik dengan permukaan lantai beton, berikut 5 Tips dan Cara Aplikasi Coating Lantai Beton agar Tahan Lama sebagai referensi. Bagi Anda yang butuh jasa dan layanan epoxy berkualitas, kunjungi halaman produk PT Tosadah atau hubungi kami untuk rekomendasinya! Jangan lewatkan tips dan informasi menarik tentang epoxy lantai melalui blog kami!

Bagikan Artikel :

Menu