...

Mengapa Floor Hardener adalah Pilihan Utama untuk Konstruksi?

floor hardener adalah - Tosadah

Dalam dunia industri, penggunaan floor hardener adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan. Bahan ini berfungsi untuk memperkuat daya tahan lantai bangunan agar tidak mudah rusak. Tentunya, Anda tidak boleh memilihnya dengan sembarangan agar mendapat hasil yang maksimal.

Perlu diketahui, ada banyak jenis floor hardener yang bisa digunakan. Masing-masingnya memiliki keunggulan tersendiri. Agar tidak salah pilih, sebaiknya kenali terlebih dahulu apa itu floor hardener melalui informasi di bawah ini. 

Selain itu, Anda juga dapat mengetahui 6 Tips Merawat dan Membersihkan Epoxy Lantai Acian

Apa itu Floor Hardener?

Floor hardener adalah bahan pengeras lantai yang ditambahkan ke lantai beton. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan tingkat keras permukaan lantai beton tanpa mempengaruhi struktur lantai itu sendiri. 

Tidak hanya dapat mengeraskan permukaan lantai beton, bahan ini juga dapat dijadikan sebagai pencegahan akibat gesekan dari beban berat yang biasanya terjadi pada lantai industri. lantai cold storage, atau lantai parkir. Oleh karena itu, lantai-lantai tersebut membutuhkan produk pengeras lantai agar strukturnya lebih kuat.

Selain itu, pengeras lantai ini juga dapat melindungi lantai dari debu dan membuatnya lebih tahan terhadap abrasi lantai akibat cuaca. Meskipun penggunaan bahan ini terbilang tidak murah, tetapi seimbang dengan perlindungan dan keunggulan yang diberikan. 

Kapan Floor Hardener Diperlukan?

Pastinya ada banyak pertimbangan yang harus dilakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan pengeras lantai. Jika Anda aktif dalam dunia industri, bangunan gudang, atau lingkungan toko yang memiliki lalu lintas cukup padat, cobalah pertimbangkan untuk menggunakan pengeras lantai ini. 

Pada saat lantai menahan beban yang cukup berat, dapat membuatnya lebih mudah rusak. Terlebih bila di area tersebut sering menggunakan peralatan berat atau roda kendaraan yang sering bergesekan dengan lantai beton. Bisa juga dipertimbangkan jika sering banyak pejalan kaki di area tersebut. 

Anda perlu mempertimbangkannya dengan teliti agar bisa menentukan jenis floor hardener yang akan digunakan. Hal ini dapat ditentukan sesuai penggunaan lantai secara berat, ringan, atau sedang.

Untuk membuat lantai lebih kuat, Anda bisa menggunakan produk dari Tosadah. Terdapat produk Building & Structure yang terdiri dari primer (Epoxy), finishing (Polyurethane dan ALKYD), dan speciality (Food Grade dan Tahan Panas). Tersedia juga  produk Concrete Repair, yang terdiri dari Mapefill 318 dan Mapegrout Thixotropic.

Fungsi Floor Hardener untuk Material Bangunan

Secara umum, fungsi dari floor hardener adalah untuk melindungi lantai bangunan. Namun, masih ada fungsi lainnya yang mungkin belum Anda ketahui. Adapun fungsinya yaitu sebagai berikut:

  • Meningkatkan Kekuatan Lantai

Salah satu fungsi utama dari floor hardener yaitu meningkatkan kekuatan lantai beton. Floor hardener mengandung bahan-bahan khusus yang ketika diaplikasikan akan bereaksi dengan komponen beton untuk membentuk permukaan yang lebih keras dan tahan lama. 

Hal ini sangat penting di area dengan lalu lintas tinggi atau beban berat, seperti pabrik, gudang, dan pusat distribusi. Lantai yang telah diberi pengeras lantai akan memiliki ketahanan yang lebih baik terhadap gesekan, tekanan, dan keausan, sehingga umur lantai menjadi lebih panjang.

  • Melindungi Lantai dari Zat Kimia

Lantai yang sering terpapar bahan kimia berisiko mengalami kerusakan lebih cepat. Floor hardener membantu melindungi lantai dari serangan zat kimia yang bisa merusak struktur beton. 

Pada saat dilarutkan dengan air, bahan kimia pada pengeras lantai akan bereaksi dengan kalsium karbonat bebas. Selanjutnya, zat kimia tersebut akan membentuk gel C-S-H bersama ion silikat. Hal ini membuat lantai menjadi lebih keras dan tahan terhadap reaksi kimia.

  • Mencegah Penguapan Lantai

Mungkin jarang disadari bahwa lantai beton juga dapat mengalami penguapan air yang bisa mengakibatkan retakan, pori-pori lantai, atau kerusakan lainnya. Namun, dengan menggunakan pengeras lantai, hal ini dapat dicegah.

Floor hardener akan menutup pori-pori lantai sehingga mengurangi tingkat penguapan air dari permukaan lantai. Dengan demikian, risiko retakan dapat dikurangi dan memastikan bahwa lantai tetap kokoh dan stabil dalam jangka panjang.

  • Meningkatkan Estetika

Fungsi lainnya dari floor hardener adalah untuk meningkatkan estetika bangunan. Selain kekuatan dan daya tahan, floor hardener juga berfungsi untuk meningkatkan estetika lantai. Lantai yang telah diberi pengeras lantai memiliki tampilan yang lebih mengkilap dan mulus. 

Tampilan ini memberikan kesan yang lebih bersih pada lantai tersebut. Selain itu, floor hardener tersedia dalam berbagai warna, sehingga bisa disesuaikan dengan desain interior atau eksterior yang diinginkan.

  • Memperhalus Permukaan Lantai

Floor hardener tidak hanya meningkatkan kekuatan dan tampilan lantai, tetapi juga memperhalus permukaan lantai beton. 

Permukaan yang halus memudahkan proses pembersihan dan perawatan, serta mengurangi risiko cedera akibat permukaan yang tidak rata. Dengan permukaan yang lebih halus, aktivitas di area tersebut menjadi lebih aman dan nyaman.

Jenis-jenis Floor Hardener

Umumnya, ada dua jenis floor hardener yang dibedakan berdasarkan komposisinya. Adapun jenis-jenis floor hardener adalah sebagai berikut:

  • Floor Hardener Non-Logam atau Natural

Floor hardener non logam merupakan jenis pengeras lantai yang terbuat dari campuran pasir silika dan semen, atau dari emery dan semen. Campuran ini dapat menghasilkan permukaan lantai dengan daya tahan yang kuat. Selain itu, pengeras lantai ini juga dapat memberikan tampilan yang lebih rata dan halus.

  • Floor Hardener Logam

Pengeras lantai yang satu ini merupakan campuran dari serbuk besi dan semen. Bahan ini dapat menghasilkan permukaan lantai yang lebih kuat terhadap beban yang berat. Selain itu, campuran ini juga memiliki sifat anti-abrasi dan anti-korosif. Jenis pengeras lantai ini biasanya banyak digunakan di pabrik, gudang, dan area parkir.

Kelebihan Menggunakan Floor Hardener

Ada perbedaan yang cukup signifikan antara lantai yang menggunakan pengeras dan tidak. Terlebih bila berkaitan dengan bangunan industri atau gedung bertingkat. Adapun kelebihan floor hardener adalah sebagai berikut:

  • Permukaan lantai beton lebih tahan lama dibanding lantai yang tidak menggunakan pengeras lantai;
  • Tahan pada paparan bahan kimia;
  • Perawatan lebih mudah sehingga tidak memakan banyak uang dan tenaga;
  • Penggunaan pengeras lantai cukup fleksibel sehingga cocok untuk berbagai bangunan. Baik untuk bangunan komersial (pusat perbelanjaan, hotel, kafe), ataupun lingkungan industri (gudang dan pabrik);
  • Permukaan lantai tidak mudah mengelupas.

Bagaimana Cara Pemasangan Floor Hardener?

Pemasangan floor hardener tidak boleh dilakukan sembarangan, karena bisa membuat hasilnya tidak maksimal dan kurang efektif. Berikut cara pemasangan floor hardener yang benar:

  • Pastikan lantai sudah kering, bersih, dan terbebas dari debu atau kerikil agar hasilnya lebih maksimal. 
  • Aplikasikan primer pada permukaan lantai beton menggunakan brush atau roller. Tujuannya, untuk mencegah udara atau air masuk dari permukaan lantai ke lapisan pengeras lantai sehingga lebih menempel.
  • Campurkan floor hardener, yang terdiri dari pasir silika, semen, atau serbuk besi dengan takaran yang sesuai. Kocok campuran tersebut hingga merata.
  • Aplikasikan campuran yang sudah dibuat pada lantai. Anda bisa mengaplikasikan pengeras lantai tersebut dengan cara dicat atau bisa juga langsung dicampurkan pada  permukaan lantai.
  • Tunggu pengeras lantai hingga benar-benar kering. 

Wujudkan Perlindungan Struktur Lantai Beton Anda Bersama Tosadah

Untuk informasi lain, jika Anda Sedang Mencari Jasa Epoxy Flooring? Andalkan PT Tosadah untuk hasil yang lebih baik. Mari wujudkan lantai yang kokoh dan tahan lama bersama Tosadah. Anda bisa menggunakan produk Building & Structure yang terdiri dari primer (Epoxy), finishing (Polyurethane dan ALKYD), dan speciality (Food Grade dan Tahan Panas)

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan produk Concrete Repair, yang terdiri dari Mapefill 318 dan Mapegrout Thixotropic. Bila ingin meningkatkan kualitas lantai bangunan, floor hardener adalah solusinya. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut dan kunjungi Blog Tosadah untuk menemukan tips bermanfaat lainnya!

Bagikan Artikel :

Menu