...
Lantai
Lantai Gudang Epoxy PT Tosadah

Sebagai pusat penyimpanan berbagai material dan barang, lantai gudang membutuhkan perlindungan khusus untuk menjaga kebersihan dan daya tahannya. Salah satu solusi terbaik adalah dengan menggunakan pelapis (coating) lantai, khususnya yang berbahan epoxy.

Ada beberapa alasan mengapa epoxy adalah bahan pelapis terbaik untuk lantai, khususnya area lantai kerja yang berbahan beton di bangunan industrial seperti gudang. Sedang Mencari Jasa Epoxy Lantai Terbaik? Tosadah Jawabannya! Oleh karena itu, ketahui faktor lengkapnya dalam artikel ini!

Mengenal Pelapis Lantai Gudang dan 3 Jenisnya

Pada dasarnya, pelapis atau coating lantai mengacu pada suatu bahan kimia yang digunakan sebagai pelapis atau cat untuk berbagai substrat, khususnya pada lantai. Adapun alasan pentingnya menggunakan coating untuk lantai yaitu:

  • Melindungi permukaan lantai dari goresan atau hal lain yang bisa merusaknya;
  • Mencegah keausan akibat lalu lintas berat, misalnya alat pengangkut barang di gudang;
  • Meningkatkan kekuatan lantai agar lebih tahan lama;
  • Membuat tampilan lantai lebih menarik, bersih, dan terawat.

Sebagai informasi, terdapat 3 jenis produk pelapis yang umum digunakan. Berikut adalah daftarnya:

1. Epoxy Coating

Epoxy coating adalah jenis pelapis khusus lantai yang sangat populer dalam industri gudang, dan biasa digunakan untuk melapisi lantai industrial.

Keunggulan utamanya meliputi ketahanan terhadap bahan kimia, daya tahan abrasi, kedap cairan, mudah dibersihkan, dan kemampuan menahan beban lalu lintas kendaraan. 

2. Polyurethane

Polyurethane atau PU adalah coating lantai yang cocok untuk penggunaan outdoor, karena tidak akan mengalami perubahan warna (yellowing).

Umumnya, pelapis berbahan polyurethane akan menghasilkan lantai yang tahan lama dan mengkilap.

3. Latex

Latex atau lateks adalah pilihan bahan pelapis yang cenderung lebih terjangkau. Meski butuh waktu pengeringan yang lebih lama, latex memberikan tampilan antik dan serupa dengan kulit atau batu.

Masing-masing jenis produk tentu memiliki kelebihan dan kekurangan tertentu. Namun di antara 3 material di atas, produk yang paling umum digunakan untuk lantai bangunan industrial seperti gudang adalah epoxy karena memiliki lebih banyak keunggulan.

8 Faktor dan Alasan Memilih Epoxy sebagai Pelapis Lantai Industrial

Adapun berbagai alasan sekaligus faktor yang membuat epoxy menjadi pilihan produk terbaik untuk melapisi lantai gudang antara lain yaitu sebagai berikut:

1. Kuat dan Tahan Lama

Pertama-tama, epoxy coating dirancang dengan kekuatan dan daya tahan yang luar biasa, termasuk ketahanan terhadap tekanan intensif seperti beban dari alat berat dan lalu lintas kendaraan angkut di dalam gudang.

Faktor ini tentu sangat penting untuk meminimalisir biaya perawatan jangka panjang. Pasalnya, lantai di area industri seperti gudang sangat rentan rusak akibat aktivitas padat, contohnya akibat gesekan antara barang dengan lantai.

2. Tahan Bahan Kimia dan Tumpahan Lain

Selanjutnya, material epoxy juga mampu melindungi lantai gedung dari berbagai bahan kimia korosif, asam, lemak, dan berbagai jenis tumpahan lainnya.

Ketahanan terhadap bahan kimia ini membuatnya sangat ideal untuk industri berat, gudang penyimpanan makanan, atau fasilitas distribusi. Selain itu, permukaan epoxy yang bersifat non-porous juga mampu menangani kondisi kelembaban yang tinggi.

3. Perawatan dan Pembersihan Mudah

Kemudahan perawatan menjadi salah satu keunggulan yang berikutnya. Sebagaimana diketahui, lantai kerja beton cenderung lebih cepat kotor dan tidak terlalu mudah dibersihkan jika dibandingkan dengan jenis lantai lain seperti ubin atau keramik.

Namun dengan lapisan epoxy, permukaannya akan tampak lebih mulus, tahan lama, sekaligus lebih mudah dibersihkan tanpa resiko perubahan warna atau kerusakan.

Dengan berbagai opsi cara pembersihan seperti steam cleaning (menggunakan uap), vacuum cleaning (menggunakan vakum) atau pel biasa, epoxy coating memudahkan pemilik atau pengelola gudang untuk menjaga kebersihan lantai dengan efisien.

4. Efektif Biaya

Di sisi lain, lapisan epoxy juga dapat memberikan keuntungan dari segi biaya. Dengan biaya aplikasi yang terjangkau, ini menjadi salah satu pilihan yang hemat biaya sebagai investasi cerdas bagi pemilik gedung.

Selain itu, sebagaimana disebutkan sebelumnya, produk pelapis ini cenderung lebih kuat dan tahan lama. Artinya, Anda juga dapat menghemat biaya perawatan dan perbaikan lantai gudang dalam jangka panjang.

5. Tampilan Menarik

Meskipun gudang umumnya dikenal sebagai lingkungan industri, namun umumnya beberapa fasilitas membutuhkan tingkat estetika tertentu agar tampak menarik.

Untuk itu, lapisan epoxy flooring dapat menjadi solusi bahan pelapis untuk memberikan tampilan lantai yang tetap menarik.

Hal ini karena pelapis epoxy tersedia dalam berbagai warna, pola, dan tingkat kilap yang bisa dipilih dan dikustomisasi sesuai preferensi. Jadi, Anda bisa menciptakan lingkungan gudang yang tidak hanya fungsional tetapi juga menarik secara estetika.

6. Aman untuk Area Berjalan

Di dalam gudang, umumnya terdapat area khusus untuk jalur lalu lintas forklift (kendaraan pengangkut barang), penyimpanan barang, serta jalur berjalan bagi petugas. Jadi, penting untuk memilih produk pelapis yang aman untuk berjalan kaki.

Adapun dalam hal keselamatan, material ini dapat memberikan hasil akhir berupa permukaan lantai gudang yang tahan selip (tidak licin), sehingga lebih aman untuk digunakan berjalan atau beraktivitas di area gudang.

7. Serba Guna

Selanjutnya, material epoxy dapat diterapkan pada berbagai jenis substrat, termasuk beton dan baja. Ini menjadikannya sebagai pilihan yang serbaguna untuk gudang dengan kondisi lantai yang beragam.

Sehingga, jenis material ini dapat diaplikasikan sesuai kebutuhan fasilitas gudang, termasuk area untuk lalu lintas kendaraan berat maupun area untuk berjalan kaki.

8. Aplikasinya Cepat dan Mudah

Terakhir, waktu instalasinya juga relatif singkat dengan proses yang mudah. Cukup diaplikasikan saja langsung di atas permukaan lantai. Selain itu, karena proses pengeringannya yang cepat, maka permukaan cor lantai beton di gedung industri bisa langsung digunakan tanpa perlu menunggu waktu lama. 

Rekomendasi Produk Coating Lantai Gudang dari Tosadah

Dengan berbagai keunggulan dan manfaat yang dimiliki, tidak dapat diragukan lagi bahwa penggunaan lapisan epoxy pada lantai bangunan industri merupakan keputusan yang cerdas.

Oleh karena itu, penting untuk Anda memilih produk pelapis terbaik dengan kualitas unggul. Sebagai distributor cat besi anti karat dan material industrial dan ternama di Indonesia, berikut ini beberapa rekomendasi produk terbaik dari kami:

1. Mapefloor 302 SL

Mapefloor 302 SL adalah material pelapis dengan formulasi epoxy multi-fungsi yang terdiri atas dua komponen untuk lantai industri, sesuai dengan standar yang berlaku untuk industri makanan, ruang bersih, dan ketahanan gas radon.

2. Mapefloor CPU/HD

Namun jika ingin mencoba opsi bahan non-epoxy, Mapefloor CPU/HD adalah mortar polyurethane semen tiga komponen dengan kekuatan tinggi dan ketahanan tinggi terhadap bahan kimia untuk lantai industri, dengan ketebalan aplikasi 6 hingga 9 mm.

Berbagai produk coating lantai gudang di atas dapat Anda peroleh dari Tosadah. Untuk informasi selengkapnya, kunjungi halaman blog kami. Untuk pembelian, kunjungi halaman produk atau hubungi kami sekarang untuk berkonsultasi melalui halaman kontak

Selain menyediakan informasi lengkap mengenai produk, Tosadah juga bisa membahas mengenai Manfaat dan Masalah Umum pada Cat Epoxy Lantai Beton.

Bagikan Artikel :

Menu