...

Rekomendasi Warna Cat Kapal Laut yang Bagus, Cek di Sini

Inspirasi
Warna Cat Kapal Laut Tosadah

Pengaplikasian warna cat kapal laut harus ditentukan dengan hati-hati. Desain kapal modern terdiri dari empat bahan utama, antara lain polyethylene, plastik yang diperkuat fiber, aluminium, dan baja.

Selain itu, ada juga kapal laut yang menggunakan material kayu untuk bagian lambung kapal. Perlu Anda ketahui bahwa setiap material membutuhkan jenis pelapis cat yang berbeda-beda.

Baca Juga: Ini Arti Warna Cat Kapal Laut Bagian Topside Berwarna Merah

Beberapa jenis memiliki formulasi khusus untuk memastikan cat menempel dengan baik sekaligus memberikan perlindungan optimal. Beberapa jenis cat terlihat halus sedangkan beberapa lainnya tampak lebih bertekstur.

Kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jenis-jenis cat untuk kapal laut serta cara memilih warna cat kapal laut yang tepat.

Jenis-jenis Cat untuk Kapal Laut

Secara garis besar, jenis-jenis cat untuk kapal laut dapat diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori berikut ini:

1.  Synthetic Paints

Cat sintetis adalah jenis cat kapal laut yang dibuat dari bahan dasar resin dengan minyak pengering. Cat jenis ini umumnya tidak tahan lama.

2.  Rubber Chlorine Paints

Cat rubber klorin merupakan jenis cat kapal laut yang didasarkan pada karet sintetis yang diklorinasi. Itu sebabnya, jenis cat ini memiliki ketahanan lebih baik dibanding cat kapal laut sintetis.

3.  Bituminous Paints

Cat bitumen memiliki tar sebagai dasarnya. Warna cat kapal laut bitumen kebanyakan berupa warna gelap atau hitam. Cat bitumen bekerja paling baik pada area kapal yang terendam air.

  1. Epoxy Paints

Cat epoksi memiliki dasar resin epoksi. Oleh karenanya, jenis cat ini mampu memberikan lebih banyak perlindungan terhadap pelapukan serta perendaman.

 5.  Polyurethane Paints

Sesuai namanya, jenis cat poliuretan memiliki resin poliuretan. Cat ini sangat baik dalam mempertahankan kilau dan warna serta tahan terhadap pelapukan.

6.  Antifouling Paints

Cat antifouling berlaku untuk bagian bawah semua jenis kapal laut. Cat ini akan melunak pada saat kapal terendam, menyerap air, dan sebagian menjadi larut.

Proses tersebut melepaskan biosida dalam cat, mencegah organisme menempel, dan tumbuh di dasar kapal.

 Dasar-dasar Memilih Warna Cat Kapal Laut

Sebelum menentukan warna untuk kapal laut, pastikan Anda memahami dasar-dasar pemilihannya terlebih dulu. Berikut adalah langkah-langkah dasar yang dapat diikuti jika Anda memutuskan ingin mengecat kapal:

  1. Sebelum melakukan pengecatan, pastikan ruang kerja Anda memenuhi semua persyaratan keselamatan serta memiliki ventilasi yang baik.
  2. Pastikan semua bagian sudah diperbaiki terlebih dahulu sampai selesai termasuk kerusakan pada lambung atau geladak.
  3. Amplas bagian yang ingin dipoles dengan warna cat kapal laut. Pastikan permukaannya halus dan bebas debu sebelum mengecat.
  4. Aplikasikan cat primer terlebih dahulu.
  5. Pastikan Anda menggunakan kuas cat yang baik agar proses pengecatan berjalan dengan baik dan lancar.
  6. Jika perlu, lakukan pengamplasan kembali di antara lapisan primer. Perlu diperhatikan agar tidak menggunakan lebih dari dua lapisan primer.
  7. Ikuti semua pedoman keselamatan untuk memperoleh hasil maksimal secara aman.

Rekomendasi Warna Cat Kapal Laut

Dalam memilih warna cat untuk kapal, Anda perlu memperhatikan beberapa pertimbangan. Misalnya, memahami perbedaan cat untuk kapal bagian atas (permukaan) dan kapal bagian bawah (bagian yang terendam).

Adapun beberapa warna untuk membuat tampilan kapal laut Anda semakin indah dan menarik antara lain:

  • Hitam
  • Biru tua
  • Merah bata
  • Merah terang
  • Cokelat
  • Krem
  • Abu-abu gelap
  • Hijau
  • Biru muda
  • Warna zaitun khas militer
  • Oranye
  • Kuning, dan lainnya.

Melapisi bagian-bagian kapal laut dengan cat bukan hanya untuk kepentingan estetika. Memberikan perlindungan adalah tujuan paling utama. Untuk itu, jangan lupa proteksi kapal Anda agar tidak berkarat dengan warna cat kapal laut berkualitas dari Tosadah.

PT Tosadah menyediakan berbagai cat untuk kapal Anda, tentunya dengan kualitas terbaik. Anda bisa melihat berbagai jenis produk cat kapal dari PT Tosadah di sini. Apabila ingin mendapatkan cat kapal berkualitas, segera hubungi PT Tosadah di sini.

Baca Juga: Bagaimana Cat dapat Mengatasi Korosi pada Logam? Ini Caranya

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu