...

Pencegahan Karat pada Tangki Air Besi, PT Tosadah Solusinya!

Pabrik Bangunan
Tangki Air PT Tosadah

Tangki air merupakan salah satu wadah penyimpanan air yang sangat penting dalam suatu bangunan, baik itu rumah tangga, industri, atau bangunan komersial. Salah satu bahan material yang digunakan untuk pembuatan tangki adalah besi. Hanya saja, wadah yang satu ini rentan terhadap korosi yang disebabkan karena berbagai faktor, diantaranya adalah suhu, kualitas air, kelembaban, serta faktor lingkungan. 

Korosi inilah yang bisa menyebabkan terjadinya kontaminasi dan kebocoran sehingga menimbulkan berbagai risiko terkait dengan kesehatan dan keselamatan. Lalu, bagaimana cara mencegah agar tangki penyimpanan air tersebut terhindar dari karat? Berikut ulasannya. 

Sebelum lanjut membahas mengenai cara mencegah karat pada tangki air. Anda perlu juga memahami informasi perawatan untuk tangki lainnya, seperti Penyebab Karat pada Tangki Minyak

Begini Cara Mencegah Tangki Air agar Tidak Mudah Berkarat 

Untuk memastikan pasokan air tetap aman, penting bagi Anda untuk mengetahui teknik pencegahan korosi yang mungkin bisa terjadi pada tangki penyimpanan air, berikut diantaranya. 

1. Pemilihan Bahan Tangki yang Tepat

Hal pertama yang perlu diperhatikan agar terhindar dari korosi adalah pemilihan bahan tangki yang tepat. Sebagian bahan material lebih tahan terhadap korosi dibandingkan bahan lainnya, seperti fiberglass, baja tahan karat, dan polyethylene. Ketiga bahan tersebut memiliki daya tahan yang cukup tinggi sehingga ideal sebagai tangki penyimpanan air. Sedangkan baja galvanis dan baja ringan lebih rentan terhadap karat sehingga membutuhkan perawatan rutin untuk mencegah terjadinya korosi. 

2. Pemeliharaan Rutin

Selain pemilihan bahan, tangki penyimpanan air juga harus rutin dipelihara agar tetap awet dan terhindar dari korosi. Pemeliharaan rutin tersebut meliputi: 

  • Pembersihan Tangki

Membersihkan puing-puing, sedimen, atau berbagai bakteri yang menjadi penyebab timbulnya korosi. 

  • Pengecekan Interior dan Eksterior Tangki

Melakukan inspeksi atau pemeriksaan secara menyeluruh untuk mendeteksi adanya tanda-tanda korosi, kebocoran, ataupun tanda-tanda terjadinya kerusakan struktural. 

  • Melakukan Perbaikan

Memperbaiki segala kerusakan pada water tank tepat waktu, sekecil apapun bentuk kerusakannya.

  • Menerapkan Lapisan Pelindung 

Untuk mencegah terjadinya korosi, Anda bisa memberi lapisan pelindung berupa cat di bagian permukaan tangki. Hal ini dikarenakan lapisan pelindung ini mampu mencegah kontak langsung antara permukaan dengan air sehingga mengurangi risiko karat. Berkaitan dengan ini, people also ask merek cat apa yang terbaik dan mudah diaplikasikan pada tangki penyimpanan air. 

Anda bisa menggunakan Cat Epoxy Primer yang memberikan perlindungan secara menyeluruh terhadap hal-hal yang bisa menimbulkan korosi. Ini merupakan produk cat pelapis besi anti karat dari PT Tosadah yang terkenal sebagai distributor terpercaya di Indonesia. 

3. Mengontrol Suhu dan Kelembaban 

Cara  berikutnya adalah Anda harus rutin untuk mengontrol temperatur dan kelembaban udara pada tangki. Ini karena kedua hal tersebut mampu menyebabkan kondensasi sehingga mempercepat terjadinya korosi. Beberapa cara dalam mengontrol suhu dan kelembaban pada tangki penyimpanan air adalah dengan memasang sistem ventilasi, memanfaatkan alat penurun kelembaban, atau bisa juga dengan cara mengisolasi tangki. 

4. Sacrificial Protection

Merupakan teknik yang populer untuk mencegah terjadinya karat di tangki penyimpanan air. Teknik yang juga dikenal dengan nama anoda korban ini bekerja dengan cara yang cukup unik, yaitu mengorbankan satu bahan untuk melindungi bahan material lainnya. 

Umumnya anoda korban terbuat dari aluminium, seng, atau magnesium yang dipasang di dalam tangki. Tentunya, Anda perlu menggantinya secara teratur agar perlindungan terhadap korosi tetap berkesinambungan.

5. Memantau Kualitas Air

Cara kelima untuk menghindari terjadinya korosi adalah dengan memperhatikan kualitas air yang akan ditampung di dalam tangki. Hal ini karena, air dengan tingkat klorin, alkalinitas, atau keasaman yang tinggi bisa mempercepat terjadinya korosi. 

Itulah beberapa cara yang bisa Anda terapkan sebagai upaya mencegah terjadinya korosi pada tank penyimpanan air. Ingat! lakukan pemeliharaan secara teratur agar perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli tangki penyimpanan air yang baru. 

Namun, jika Anda ingin mengaplikasikan cara menghindari korosi pada water tank secara mandiri. Anda perlu mengetahui 8 Persiapan Ketika akan Mengaplikasikan Cat untuk Tangki Air agar pencegahan korosi lebih maksimal. 

Apabila membutuhkan cat pelapis anti karat yang terbaik, Anda bisa melihat rekomendasi cat pelapis dinding tangki air di sini. Sedangkan jika ingin berkonsultasi mengenai cara pemesanan atau hal-hal lainnya, bisa menghubungi PT Tosadah di sini.

Bagikan Artikel :

Menu