...

Pentingnya Metal Primer Paint, Beserta Rekomendasi Produk

Industri
Metal primer paint - Tosadah pelopor cat besi anti karat

Pengecatan pada material logam hampir sama seperti proses pengecatan pada umumnya, sehingga diperlukan metal primer paint sebagai lapisan dasarnya. Tanpa penggunaan lapisan dasar hasil pengecatan akan terlihat kurang maksimal.

Tidak hanya itu, permukaan logam juga lebih mudah berkarat karena mengalami korosi jika tidak segera ditangani tentu akan mengalami pelapukan. Bagi yang ingin mengetahui manfaat cat dasar secara lengkap Anda dapat membaca 5 Fungsi Primer Besi dan Tips Mengecat Aset Besi Anda. 

Pengaplikasian cat dasar sangat penting terutama pada logam yang akan terpapar kelembaban tinggi. Jika masih menganggap cat dasar besi tidak begitu sebaiknya Anda menyimak penjelasan berikut ini. 

Seberapa Penting Metal Primer Paint?

Cat dasar besi mempunyai dua manfaat utama, pertama sebagai lapisan awal untuk mengikat lapisan cat berikutnya agar menempel lebih kuat pada permukaan logam. Selain itu, cat dasar besi juga mengandung ekstender, yaitu komponen padat untuk meningkatkan bobot larutan.

Jadi fungsi cat primer besi tidak hanya mengikat lapisan cat berikutnya tapi juga berguna untuk menambah daya tahan lapisan cat. Manfaat cat dasar besi yang kedua yaitu untuk memperpanjang daya tahan logam terhadap korosi.

Kandungan di dalam cat dasar besi terdapat zat yang efektif dalam melindungi dan membersihkan permukaan logam. Zat tersebut membuat logam lebih tahan terhadap reaksi kimia yang menyebabkan korosi seperti paparan air hujan, garam, dan kelembaban tinggi. 

Meskipun berada pada lapisan dasar, metal primer paint berperan penting dalam melindungi logam. Besi yang tidak tahan air dan kelembaban tinggi akan lebih cepat mengalami pengelupasan pada lapisan catnya. 

Dengan penggunaan cat dasar masalah tersebut tidak akan terjadi meskipun permukaan logam sering terpapar pemicu korosi. 

Jenis Logam Apa Saja yang Membutuhkan Cat Dasar?

Sebenarnya tidak semua jenis logam membutuhkan lapisan cat dasar contohnya baja tahan karat. Logam yang mudah mengalami oksidasi lebih rentan mengalami korosi sehingga memerlukan lapisan cat dasar untuk menjaga ketahanannya contohnya besi biasa.

Selain besi, aluminium juga membutuhkan lapisan cat dasar meskipun memiliki ketahanan yang baik terhadap korosi. Ini karena aluminium tidak mampu menahan lapisan dengan baik tanpa pengaplikasian cat dasar.

Lapisan cat juga akan mengalami oksidasi jika tidak didahului dengan lapisan cat dasar yang tepat. Sama halnya seperti aluminium, timah juga termasuk logam yang tidak mampu mengikat lapisan cat tanpa bantuan cat dasar. 

Tips sebelum Menggunakan Cat Primer Besi

Jika ingin memperoleh hasil pengecatan yang maksimal dan bagus Anda harus melakukan beberapa persiapan sebelum mengaplikasikan cat dasar besi. 

Untuk logam yang sebelumnya sudah pernah dicat diperlukan proses pengikisan untuk menghilangkan noda dan karat menggunakan alat seperti amplas atau sikat kawat. Sebelum menggunakan cat dasar mobil pastikan Anda melakukan beberapa tahapan berikut ini.

1. Membersihkan Permukaan Logam

Sebelum proses pengecatan berlangsung pastikan permukaan logam dalam kondisi bersih hingga tidak ada kotoran, debu, dan karat. Anda dapat membersihkannya dengan menyemprotkan air bertekanan tinggi atau menggunakan bahan pembersih khusus yang aman untuk material logam.

Permukaan yang bersih dan bebas karat akan mempermudah pekerjaan selama pengecatan dan meningkatkan daya adhesi cat dasar. 

2. Melakukan Proses Sanding (Pengamplasan)

Jika tekstur permukaan logam tidak rata Anda perlu melakukan pengamplasan agar kembali halus. Permukaan logam yang kasar akan mempersulit proses pengecatan dan membuat lapisan cat tidak menempel secara maksimal. Proses pengamplasan dapat dilakukan dengan kertas amplas khusus besi.

3. Melakukan Proses Siding (Pelapisan)

Jika kondisi logam tidak memungkinkan untuk dilakukan pengamplasan, maka sebagai penggantinya Anda dapat melakukan proses pelapisan. Proses tersebut dilakukan dengan melapisi permukaan logam dengan material khusus, contohnya aluminium atau plastik.

Proses pelapisan sebenarnya tidak wajib dilakukan tapi memiliki peran penting dalam memberikan perlindungan yang lebih tinggi terhadap korosi. Sehingga logam yang telah melalui proses siding akan lebih tahan terhadap karat dan  pelapukan. 

4. Mempersiapkan Metode Pengecatan yang Tepat

Setelah selesai melakukan beberapa tahapan sebelumnya, hal selanjutnya yang harus dipersiapkan yaitu memilih metode pengecatan yang tepat. Perlu diketahui bahwa tidak semua produk metal primer paint dapat digunakan dengan metode pengecatan yang sama.

Agar tidak salah memilih metode pengecatan pastikan Anda membaca deskripsi produk dan petunjuk penggunaannya. Beberapa produk cat dasar terkadang dapat diaplikasikan menggunakan berbagai metode pengecatan. Mulai dari penyemprotan, penggunaan roller, hingga menggunakan kuas secara manual. 

Setelah selesai mengaplikasikan cat dasar sebaiknya jangan langsung ditimpa dengan cat finishing. Agar cat dasar mengering dengan sempurna Anda harus menunggunya semalaman sebelum melanjutkan proses pengecatan lapisan kedua. 

Rekomendasi Metal Primer Paint Terbaik dari Tosadah

Produk cat dasar besi memang beragam dan banyak beredar di pasaran namun tidak semuanya menawarkan kualitas yang bagus. Untuk hasil pengecatan yang maksimal Anda harus memilih yang terbaik, berikut beberapa rekomendasi cat dasar besi dari Tosadah. 

1. Interzinc 2265

Jenis cat dasar ini termasuk dalam rangkaian produk Interzinc 22, cat primer etil silikat tersebut mengandung seng anorganik dengan komponen 2 bahan dasar pelarut. 

Interzinc 2265 merupakan cat pelapis yang dapat diaplikasikan dengan cepat karena tidak membutuhkan waktu lama untuk proses pengeringan dan cocok dipakai di berbagai kondisi cuaca. 

Kualitasnya tidak perlu diragukan karena sudah sesuai dengan standar SSPC Paint 20 Level 3 dan lolos uji ASTM D520, versi debu seng tipe II. Cat dasar besi ini sangat cocok dipakai untuk berbagai sistem konstruksi dan industri berkinerja tinggi. Seperti tangki, pipa, baja struktural, jembatan, dan lainnya. 

2. Interzinc 5265

Metal primer paint berikutnya juga tidak kalah bagus karena mengandung komposisi bahan yang memenuhi persyaratan SSPC 20 Tingkat 3. Sehingga kualitas dan performanya tidak perlu diragukan dalam melindungi logam dari serangan korosi. 

Interzinc 5265 merupakan cat dasar besi berkualitas tinggi yang mampu memberikan perlindungan optimal dari gangguan korosi di lingkungan atau cuaca ekstrem. Sehingga sangat cocok digunakan pada industri petrokimia, konstruksi pembangkit listrik, dan jembatan. 

Gunakan Produk Cat Pelapis Berkualitas dari Tosadah

Cat pelapis dasar sangat penting dalam merawat dan menjaga ketahanan suatu konstruksi, sehingga penggunaan sangat penting. Tapi pastikan memilih cat pelapis dasar berkualitas yang sudah memenuhi standar agar mendapatkan hasil yang maksimal. 

Tosadah merupakan perusahaan pionir distributor cat besi anti karat yang menyediakan berbagai produk berkualitas sesuai standar internasional, salah satunya cat pelapis dasar untuk berbagai keperluan konstruksi dan industri. 

Tertarik menggunakan cat pelapis dasar epoksi? Kenali Lebih Dalam Tentang Epoxy Primer, Fungsi hingga Cara Aplikasinya. Temukan berbagai artikel menarik lainnya seputar produk-produk cat pelapis besi untuk berbagai keperluan pada laman blog

PT Tosadah menyediakan berbagai macam produk cat pelapis besi dengan berbagai kelebihan, lihat detail daftar produknya pada laman produk. Jika ingin berkonsultasi secara langsung mengenai produk metal primer paint, maupun pemesanan produk,Anda dapat menghubungi kami.

Bagikan Artikel :

Menu