...

5 Fungsi Primer Besi dan Tips Mengecat Aset Besi Anda

Solusi
Fungsi Primer Cat Semprot Gun Spray Paint Tosadah

Fungsi primer sangat krusial dalam tahapan persiapan coating saat Anda melakukan pengecatan. Dengan menggunakan primer sebagai coating awal, akan membuat lapisan cat utama jadi lebih bagus hasilnya. 

Saat mengecat logam, terutama logam besi, yang lebih rentan berkarat karena kandungan besinya, primer adalah suatu keharusan. Pelajari lebih lanjut tentang mengapa Anda harus melapisi logam besi Anda dengan cat primer.

Sebelum mengetahui lebih lanjut mengenai fungsi primer besi dan tips mengecat aset besi Anda. Kami berikan rekomendasi Panduan Lengkap Penggunaan Cat Primer Besi: Tips dan Trik selengkapnya. 

Pentingnya Melakukan Priming pada Aset Besi Anda

Penggunaan primer saat proses pengecatan besi memberikan dua tujuan utama. Pertama, primer bertindak sebagai bahan pengikat yang memungkinkan cat menempel lebih baik pada besi. 

Primer mengandung ekstender, yang merupakan komponen padat untuk menambah bobot pada larutan cat. Selain meningkatkan daya rekat antara logam dan cat, bahan tambahan pada primer juga memberikan daya tahan ekstra pada cat.

Fungsi primer kedua untuk dapat meningkatkan ketahanan logam terhadap korosi. Primer mengandung beberapa komponen yang efektif dalam membersihkan, menyegel, dan melindungi besi. 

Lapisannya meningkatkan kepasifan logam, yang membuatnya lebih tahan terhadap penyebab korosi di lingkungan seperti hujan, kelembapan, dan kandungan garam.

5 Fungsi Primer Besi untuk Aset Besi

Ketahui berbagai fungsi unggulan dari pelapis besi di bawah ini:

1. Menutup Noda pada Permukaan Aset Besi

Adanya noda pada aset besi tentu sangat mengganggu. Dengan memakai cat primer, maka permukaan aset besi jadi lebih terlindungi dari kemungkinan noda. Cat ini juga bisa digunakan untuk menutupi noda yang membandel.

2. Menutup Lubang atau Permukaan Tidak Rata

Beberapa permukaan besi kadang tidak rata. Untuk membuatnya jadi lebih rata dan rata, bisa mengakalinya dengan memberikan lapisan cat primer.

3. Mengisi Pori-pori Besi

Beberapa bahan besi mungkin saja memiliki ukuran pori-pori yang besar. Supaya terhindar dari pemborosan karena menggunakan top coat, maka bisa diakali dengan memakai cat primer. Dengan begitu, nanti cat utama bisa tersebar dengan lebih merata.

4. Memperkuat Ketahanan Cat Besi 

Jika menggunakan primer sebelum dilapisi dengan cat utama, maka ketahanan cat bisa lebih bertambah. Sebagaimana fungsi primer memang untuk membuat hasil akhir cat juga dapat jadi lebih sempurna.

5. Menghindari Timbulnya Karat

Sebagaimana bahan besi pada umumnya, tentu rentan sekali terkena karat. Jika dilapisi lebih dahulu dengan cat primer khusus besi, maka bisa mencegah timbulnya karat. 

Tips Mengecat Besi dari Tosadah

Menambahkan lapisan cat primer dapat menyempurnakan permukaan besi Anda. Namun, besi tertentu sulit untuk dicat tanpa alat yang tepat dan pengalaman sebelumnya. 

Meskipun mengecat permukaan besi bisa menjadi pekerjaan yang sulit dan menantang, terapkan tips mengecat besi dari Tosadah untuk memastikan hasil terbaik.

1. Memilih Cat yang Tepat

Pilihan cat besi yang tidak sesuai, seperti cat semprot, cat murah, atau cat apa pun yang tidak dibuat untuk permukaan besi cenderung lebih cepat mengelupas. 

Cat khusus besi yang berkualitas tinggi seringkali merupakan pilihan terbaik untuk besi. Perhatikan dan pastikan Anda melakukan pengecatan yang menyeluruh dan merata.

2. Cat Primer dan Cat Utama Harus Kompatibel

Selalu baca label dengan saksama sebelum menggunakan produk apapun pada permukaan besi Anda. Jika Anda menggunakan primer dan cat utama yang tidak menyatu dengan baik. 

Maka hal itu bisa menjadi kegagalan total yang berpotensi merusak permukaan aset besi Anda. Dengan demikian, Anda bisa menggunakan cat primer dan cat khusus besi dari Tosadah yang memiliki kualitas tinggi dan diformulasikan kompatibel bagi satu sama lain. 

3. Pakai Fungsi Primer Khusus untuk Besi Berkarat

Jika Anda melakukan reparasi atau renovasi sebuah bangunan/properti dan menemukan bagian yang berkarat, jangan langsung dibuang. Hanya karena sepotong besi berkarat tidak berarti harus dibuang. 

Namun, Anda harus ekstra hati-hati dengan cat yang Anda pilih untuk digunakan pada permukaan logam berkarat. Kikis semua dan bersihkan permukaan secara menyeluruh, lalu aplikasikan cat primer khusus.

4 Pastikan Besi Bersih dari Kotoran

Penting bagi Anda untuk mengetahui bahwa besi harus dalam kondisi yang bersih dari kotoran agar hasil pengecatan maksimal. Sisa-sisa cat yang mengelupas, kotoran atau minyak yang tertinggal di permukaan besi harus dibersihkan sebaik mungkin. 

Jika sudah benar-benar bersih, maka pengaplikasian cat primer dan cat utama jadi lebih mudah.

5. Amplas Permukaan Logam

Agar hasil pengecatan lebih sempurna, Anda bisa melakukan pengamplasan agar permukaan besi menjadi lebih rata dan halus. Dengan begitu, proses pengecatan dapat menjadi lebih mudah.

Setelah mengetahui fungsi primer untuk pengecatan aset besi, kami merekomendasikan Anda untuk melakukan priming sebelum mulai mengecat setiap besi Anda. Gunakan cat primer khusus besi dari PT Tosadah, distributor cat berkualitas di Indonesia. 

Cat Primer Epoxy Tosadah dilengkapi dengan daya lapis yang tinggi. Lapisannya mampu mengisi setiap pori dan retakan di permukaan besi. Dengan begitu, permukaan besi Anda jadi terlindungi dari bahan kimia, perubahan cuaca, dan goresan lainnya. 

Tak hanya mengetahui fungsi primer besi dan tips mengecat aset besi, penting untuk mengetahui persiapan yang perlu dilakukan sebelumnya. Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Aplikasi Primer Cat Besi!

PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Dapatkan lebih banyak informasi dan tips lainnya di blog kami. Hubungi kami melalui halaman kontak untuk mendapatkan detail informasi produk dan kerja sama.

Bagikan Artikel :

Menu