...

Panduan Lengkap Penggunaan Cat Primer Besi: Tips dan Trik

Solusi
Cat Primer Besi Tosadah

Berbeda dengan permukaan material lainnya seperti kayu, plastik, dan lain sebagainya, logam seperti besi lebih rentan mengalami korosi. Untuk itu, dibutuhkan cat primer besi sebagai solusi melindungi permukaannya dari korosi atau karat akibat udara, air, atau cuaca.

Selain cat primer, sebenarnya terdapat pula jenis cat besi lain yang bisa digunakan sebagai finishing. Namun, sebelum memberi lapisan akhir atau finishing, penting untuk mengaplikasikan lapisan primer terlebih dahulu sebagai pelindung permukaan materialnya.

Tak hanya mengetahui tips dan trik dari penggunaan cat primer, penting untuk mengetahui persiapan yang perlu dilakukan sebelumnya. Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Aplikasi Primer Cat Besi!

Mengenal Cat Primer Besi dan Fungsinya

Cat primer khusus besi adalah sejenis cat pelindung yang digunakan untuk melindungi permukaan besi dari korosi dan kerusakan lainnya. Cat ini dapat membantu meningkatkan usia pakai dan ketahanan dengan membentuk lapisan pelindung di permukaan besi.

Selain berfungsi melindungi permukaan besi dari korosi atau karat yang disebabkan oleh paparan udara atau kelembaban, jenis cat ini juga dapat membantu meningkatkan daya lekat cat finishing yang diaplikasikan di akhir. Berikut rincian fungsi lainnya:

  • Menyediakan medium pengikat untuk lapisan cat selanjutnya
  • Mencegah korosi atau menghambat munculnya karat
  • Dapat digunakan pada permukaan bertekstur atau berpori untuk memastikan aplikasi catnya lebih rata dan efektif
  • Membantu cat menempel pada permukaan yang licin agar lapisan selanjutnya bisa menempel
  • Sebagai perlindungan tambahan pada suatu permukaan

Memilih Jenis Cat Primer Besi yang Tepat

Lalu, bagaimana cara memilih jenis cat primer yang tepat untuk permukaan besi? Agar tidak salah menggunakan produk, berikut ini panduan yang bisa Anda ikuti:

1. Tentukan Jenis Logam Besinya

Biasanya, cat primer terdiri atas berbagai jenis berbeda tergantung pada jenis logamnya. Sebagai contoh, ada cat khusus untuk baja, galvanis, aluminium, besi, atau campuran antara lebih dari satu logam sekaligus.

Jadi, pastikan dulu apakah permukaan dari material yang akan dicat adalah besi atau tidak. Cara memeriksanya bisa dengan menggunakan magnet. Jika logam tersebut mengandung besi, maka magnet akan menempel pada permukaannya.

2. Pilih Jenis Cat

Apabila logam yang akan dicat mengandung besi, artinya Anda bisa menggunakan cat primer khusus besi untuk melapisinya. Beberapa jenis cat yang bisa digunakan antara lain cat alkyd dan epoxy, contohnya seperti cat epoxy dari PT Tosadah.

Cat epoxy cocok digunakan untuk permukaan besi yang sering terkena air dan cuaca ekstrem, sementara cat primer alkyd cocok untuk mencegah jamur pada permukaan material logam. Untuk logam yang tidak mengandung besi, Anda bisa menggunakan cat primer yang sama atau jenis cat lainnya.

3. Perhatikan Sifat Cat dan Penggunaannya

Selanjutnya, perhatikan apa tujuan penggunaan dari cat tersebut dan sesuaikan dengan sifatnya. Sebagai contoh, jika material yang dicat akan akan digunakan untuk konstruksi bangunan, maka pilihlah cat primer yang tahan cuaca dan sinar UV.

Contoh lainnya, jika material yang dicat akan digunakan untuk industri makanan atau minuman, maka pilihlah cat primer yang tahan terhadap bahan kimia dan mudah dicuci.

4. Perhatikan Instruksi Penggunaan

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan instruksi penggunaan dari cat primer besi yang akan digunakan. Ikuti petunjuk yang tertera pada kemasan cat, untuk memastikan cat tersebut sesuai dengan kebutuhan penggunaan.

Misalnya, perhatikan instruksi terkait waktu pengeringan, jumlah lapisan, hingga kondisi lingkungan saat pengaplikasian cat primer. Hal ini akan membantu memaksimalkan kinerja cat primer dan mencegah kerusakan pada produk akhir.

5. Pilih Merk Terpercaya

Terakhir, pilihlah merk cat primer yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Jangan hanya memilih berdasarkan harga atau memilih merk yang tidak kredibel, karena kualitas yang buruk dapat mengakibatkan kerusakan pada besi dan hasil akhirnya.

Tips dan Trik: Menggunakan Cat Primer Besi dengan Maksimal

Setelah menentukan jenis cat yang sesuai, saatnya mengaplikasikan cat primer ke permukaan besi yang akan dilapisi cat. Agar hasilnya semakin maksimal, berikut ini beberapa tips dan trik yang bisa diterapkan:

6. Tingkatkan Adhesi

Adhesi dalam konteks pengecatan mengacu pada kemampuan cat primer menempel dengan kuat pada permukaan lapisan yang akan dicat. Untuk memastikan adhesi yang baik, penting untuk membersihkan dan memoles permukaannya terlebih dahulu.

7. Bersihkan Permukaan

Sebelum melakukan pengecatan, pastikan permukaan besi telah dibersihkan dengan baik dari debu, kotoran, atau karat, bisa dengan menggunakan semprotan air bertekanan ataupun bahan pembersih khusus. Permukaan yang bersih akan memudahkan proses pengecatan serta meningkatkan adhesi cat pada permukaan besi.

8. Lakukan Sanding (Pengamplasan)

Pengamplasan perlu dilakukan untuk menghilangkan karat atau permukaan besi yang kasar dan tidak rata. Proses ini penting untuk memastikan permukaan besi halus dan rata, sehingga cat dapat menempel dengan maksimal. 

9. Lakukan Siding (Pelapisan)

Selain amplas, Anda juga bisa menutup atau melapisi permukaan besi yang akan dicat dengan bahan tertentu, misalnya plastik atau aluminium. Proses ini disebut siding, dan berfungsi memberi perlindungan tambahan terhadap karat, korosi, dan kerusakan yang mungkin terjadi.

Selain mengikuti tips di atas, pastikan juga untuk memilih produk cat terbaik agar hasilnya semakin maksimal. Sebagai solusi, Anda bisa menggunakan produk dari PT Tosadah, pelopor cat besi anti karat yang menyediakan cat primer besi berkualitas untuk berbagai kebutuhan!

Apakah Anda sudah tahu cara menggunakan cat primer pada permukaan aset besi? Pahami 4 Teknik Pengecatan Besi yang Benar. Gunakan teknik yang benar dan tepat agar hasil maksimal dan awet.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu