...
Lantai
Cat untuk Lantai Epoxy Hijau PT Tosadah

Lantai merupakan bagian penting bangunan yang berperan sebagai fondasi agar bangunan kokoh dan tahan lama. Menggunakan cat untuk lantai menjadi cara melindungi permukaan lantai agar terhindar dari risiko kerusakan.

Menyesuaikan jenis cat dengan area penggunaan lantainya, yakni lantai interior atau eksterior, akan memaksimalkan fungsi cat sebagai pelindung lantai. Selain melakukan penyesuaian, Anda perlu membaca Begini Cara Membersihkan Lantai Epoxy dari Ahlinya. Adapun jenis cat lantai yang umumnya digunakan pada bangunan akan dibahas pada informasi berikut. 

2 Jenis Cat untuk Lantai dan Panduan Lengkapnya

Permukaan lantai rentan mengalami aus akibat tekanan, goresan, hingga berbagai macam kotoran. Mengecat lantai jadi cara ekonomis yang tidak hanya melindungi lantai, namun juga meningkatkan estetikanya. Ikuti informasi lebih lengkap mengenai panduan berbagai jenis cat-cat lantai lantai melalui daftar berikut:

1. Cat Lantai Epoksi

Jenis cat lantai yang pertama adalah cat epoksi atau epoxy. Cat ini berbasis resin dan pengeras poliamina. Kedua bahan tersebut menjadikan jenis cat ini memiliki hasil akhir yang cerah dengan permukaan yang kokoh dan kuat. 

Cat epoksi bersifat tahan air, tahan minyak, serta tahan bahan kimia. Itulah mengapa, cat ini ideal untuk area lantai dengan lalu lintas yang tinggi. Contohnya, dapur restoran, rumah sakit, garasi, gudang, bengkel, hingga pabrik.

Anda juga bisa mendapatkan cat untuk lantai berkualitas yang tahan air hingga bahan kimia melalui Epoxy Coating Lantai dari Tosadah yang lengkap dan variatif.

2. Ketahanan Cat 

Berbicara mengenai daya tahan cat epoksi, cat ini cukup kuat dan awet untuk satu kali pengaplikasian tanpa perlu aplikasi kembali. 

Ini berkaitan dengan basis cat berupa resin yang memang memiliki sifat tahan lama. Apabila kondisinya normal, resin akan bertahan dalam beberapa dekade. 

Anda pun tidak memerlukan perawatan intensif dan bisa menghemat biaya perawatan. Cukup lakukan pembersihan lantai yang menggunakan cat epoksi secara berkala. 

Kemudian, ketahanan cat epoxy lantai berdasarkan pada cara pembuatan dan pengaplikasian resin. Hasil yang akan Anda dapatkan adalah lapisan lantai tanpa retakan dan titik lemah.

Cat untuk lantai dengan kandungan resin di dalamnya mampu menahan beban dan mendistribusikan bebannya secara merata. Hal tersebut menjadikan lantai sangat kuat dan tidak rentan rusak oleh lalu lintas pejalan kaki yang padat.

Lantai yang menggunakan cat epoksi juga mampu menahan tumpahan bahan kimia. Meskipun bahan kimia tersebut reaktif atau kaustik, Anda bisa mengatasinya dengan membuat campuran khusus yang bisa mencegah kerusakan lantai. 

  • Manfaat Cat

Cat epoxy lantai memberikan berbagai manfaat bagi bangunan. Berikut adalah daftarnya:

  • Daya Tahan yang Tinggi

Lapisan resin akan melekat pada seluruh permukaan lantai, sehingga menciptakan permukaan berkualitas dengan daya tahan selama beberapa dekade. 

  • Tahan Bahan Kimia

Lapisan cat mampu menahan paparan bahan kimia sehingga tidak rentan rusak.

  • Meminimalkan Kerusakan

Mesin yang lalu lintas di atas permukaan lapisan cat epoksi tidak akan rentan rusak karena daya tahan cat tinggi. Mesin pun tidak mudah aus dan menghemat biaya pemeliharaan.

  • Meningkatkan Penampilan Lantai

Lapisan cat yang berkilau membuat lantai tampak baru. Pilihan warna cat juga beragam, sehingga bisa dikombinasikan dengan lantai yang ada. 

  • Mendukung Lantai Multifungsi

Melalui variasi warnanya, cat epoksi membantu pembagian lantai dengan tujuan yang berbeda. Misalnya, untuk membuat lantai berwarna kuning pada area yang rentan bahaya.

  • Estetika Cat

Hasil akhir tampilan lantai dengan cat epoksi adalah berkilau, namun tidak licin. Lantai juga tahan terhadap lecet serta lalu lintas yang tinggi.

Mendapatkan cat epoksi yang mendukung estetika lantai bangunan bisa melalui Epoxy Coating Lantai dari Tosadah. Varian lengkap dengan pilihan warna yang menarik untuk keindahan bangunan Anda. Kunjungi laman blog, produk, dan kontak untuk informasi detailnya.

3. Cat Lantai Poliuretan

Umumnya dikenal dengan PU, cat lantai poliuretan adalah jenis pelapis lantai yang bahannya berasal dari polimerisasi urethane. Terdapat dua komponen pada cat untuk lantai ini, yakni poliuretan serta isosianat sebagai pengerasnya.

Hasil pengecatan lantai dengan cat poliuretan akan terlihat lembut dan cukup berkilap. Sebab, daya tutup cat bagus dan membuat permukaan lantai tampak mulus. Walau terlihat lembut, cat ini bersifat keras dan kuat. Cat tahan terhadap goresan, bahan kimia, hingga panas matahari.

  • Ketahanan Cat

Daya tahan cat lantai beton ini sangat kuat. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai faktor. Salah satunya berasal dari bahan pembuatan cat yang sebagian besar adalah campuran karet dan juga plastik.

Lalu, lapisan cat poliuretan ini kokoh dan tidak akan retak, pecah, maupun pudar. Itulah mengapa, cat ideal untuk berbagai aplikasi area lantai. Contohnya, area lantai dengan material yang serupa seperti area dek dan teras.

Ketahanan lantai dengan cat poliuretan sangat lama. Lantai pun hanya perlu perawatan secukupnya, untuk memelihara tampilan lantai dan terhindar dari kerusakan yang tidak perlu.

  • Manfaat Cat

Banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari pengaplikasian cat untuk lantai bangunan ini, di antaranya:

  • Tahan terhadap Bahan Kimia

Lantai dengan cat PU yang terkena tumpahan bahan kimia bersifat asam atau korosif tidak akan cepat rusak. Ini karena lapisan PU mampu mencegah kerusakan lebih lanjut pada lantai.

Lebih tepatnya, asam sulit menghilangkan polimer, jadi poliuretan bisa bertahan. Resin pada cat PU juga mampu menahan lubang serta retakan pada lantai. 

  • Cat Tahan Lama dan Berumur Panjang

Apabila melakukan perawatan tepat, maka cat lantai beton ini akan berumur panjang dan tidak rentan rusak. Terutama jika Anda lihat secara investasi jangka panjang. Cat PU akan lebih ekonomis sebab tidak perlu perawatan terlalu intens.

  • Fleksibel Menyesuaikan Suhu Lingkungan

Lantai dengan lapisan poliuretan akan tahan terhadap suhu panas. Jadi, lantai terhindar dari risiko mengembang hingga melengkung akibat paparan suhu yang tinggi.

  • Keamanan Melalui Fitur Anti-slip

Finishing anti-slip pada lantai dengan cat poliuretan yang membuatnya jadi tidak licin akan membantu mencegah risiko seperti kecelakaan kerja. 

  • Lantai Tahan Air

Selanjutnya, lantai dengan cat PU tahan terhadap lingkungan lembap karena tahan air (waterproof). Lantai pun jadi terhindar dari risiko keretakan.

  • Terlindung dari Goresan 

Industri yang skala kegiatannya sedang hingga tinggi bisa membangun gedung operasional dengan mengaplikasikan cat PU pada lantainya. Ini bertujuan untuk menahan dan melindungi lantai dari goresan akibat tekanan dari muatan berat.

  • Tipe Cat Poliuretan

Terdapat dua tipe cat poliuretan, yakni berbasis minyak serta air. Kualitas kedua tipe cat dalam melindungi permukaan tidak berbeda. Satu yang membedakan adalah tampilan cat tersebut. 

  • Estetika Cat

Untuk estetika yang bisa Anda dapatkan dari cat ini adalah lantai yang berkilau. Ini akan meningkatkan tampilan interior Anda jadi lebih menarik.

Dua jenis cat untuk lantai yang umum digunakan tersebut memiliki ciri khas masing-masing. Apabila Anda tertarik memilih cat epoksi, maka ketahui terlebih dahulu tentang Epoxy Resin Lantai: Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan.

Mendapatkan cat epoksi berkualitas kini lebih muda sebab Tosadah menyediakan Epoxy Coating Lantai yang lengkap, termasuk jasa cat epoxy lantai terpercaya. Untuk informasi dan pemesanan, hubungi Tosadah segera! 

Jangan lewatkan tips dan informasi menarik seputar cat epoksi dan cat lantai lainnya dengan mengunjungi halaman produk dan blog Tosadah!

Bagikan Artikel :

Menu