...
Lantai
cara membersihkan lantai epoxy Tosadah

Lantai epoxy menjadi solusi bagi Anda yang ingin lantai area industri tahan lama. Cara membersihkan lantai epoxy sebenarnya juga tidak sulit, namun tetap memerlukan pembersihan dan perawatan khusus untuk memelihara kualitasnya.

Untuk memastikan Anda menerapkan cara yang tepat, ikuti berbagai langkah-langkah di bawah ini yang terbagi dalam dua tahap, yakni persiapan dan pembersihan!

Selain persiapan dan pembersihan, Anda juga perlu mengetahui jenis cat epoxy yang digunakan untuk lantai industri Anda. Terlebih kalau tujuannya agar pelapis lantai tersebut tidak cepat korosi. Berikut Mengenal Cat Epoxy Keramik, Jenis hingga Plus Minusnya.

Cara Membersihkan Lantai Epoxy yang Tepat

Anda bisa memelihara lantai epoxy dengan mengikuti cara yang tepat sesuai rekomendasi dari ahlinya berikut ini:

1. Tahap Persiapan

Lakukan persiapan terlebih dahulu ketika ingin membersihkan lantai epoxy, sehingga keamanan diri Anda terjamin. Adapun persiapan yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Mengenakan Alat Perlindungan

Anda wajib mengenakan alat-alat pelindung, seperti kacamata goggle, masker khusus, sarung tangan, sepatu, serta pakaian panjang, untuk menjamin tubuh terlindungi dari risiko asap yang berbahaya. 

Ini berkaitan dengan bahan penyusun epoxy yang berasal dari bahan-bahan kimia, sehingga cukup berisiko ketika dibersihkan. 

Untuk Anda yang sedang butuh floor coating, tersedia Mapei Ultratop dari PT Tosadah. Produk tersebut merupakan self levelling mortar yang bisa menebalkan lantai hingga 40 mm agar tahan beban berat dan anti gores.

  • Menjamin Kelancaran Sirkulasi Udara

Selanjutnya, pastikan sirkulasi udara di area yang akan dibersihkan memiliki sirkulasi udara yang lancar. Ini untuk membantu asap hasil membersihkan epoxy bisa keluar dengan bebas.

  • Menjauhkan Anak-Anak dari Area

Bila ada anak-anak di area yang akan dibersihkan, maka memindahkannya ke tempat jauh adalah kewajiban. Sebab, bila tidak dijauhkan maka akan rawan bagi keamanan anak tersebut.

2. Tahap Pembersihan

Setelah tahap persiapan selesai, maka Anda pun bisa mengikuti cara membersihkan lantai epoxy yang tepat di bawah ini:

  • Menurunkan Suhu

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menurunkan suhu lantai epoxy sehingga menjadi beku. Anda akan memerlukan refrigerant semprot, pisau dempul, serta palu. 

Pertama, semprotkan refrigerant ke arah lantai epoksi. Ambil area yang tidak terlalu lebar. Setelah itu, tunggu hingga membeku lalu pukul epoksi dengan palu.

Bersihkan serpihannya dengan pisau dempul setelah area tersebut selesai dipukul-pukul.

Jika Anda butuh rekomendasi floor coating, terdapat Mapefloor 302 SL yang merupakan produk terbaru dari PT Tosadah. Produk tersebut memastikan area industri tetap bersih karena tahan akan pertumbuhan mikroorganisme.

  • Menggunakan Zat Kimia

Berikutnya, Anda bisa menyiapkan zat kimia berupa paint thinner, larutan penetral untuk paint thinner, serta pisau dempul.

Caranya, Anda tuangkan paint tinder tersebut ke lantai, lalu tunggu hingga satu jam agar larutan meresap terlebih dahulu. Kemudian, olesi lantai dengan cairan penetral berupa trinatrium fosfat, sebanyak tiga sendok untuk satu ember air hangat.

Gunakan spons ketika mengoleskannya, tunggu lima menit, lalu kikis semua lapisan dengan pisau dempul.

  • Menggunakan Pemanasan

Anda bisa menyiapkan heat gun atau solder, lalu panaskan permukaan lantai. Mulai pada area yang kecil dulu, tunggu hingga lantai meleleh saat suhu melebihi 94 derajat Celcius.

Jika lantai sudah lunak, maka kikis menggunakan pisau. Lakukan berulang hingga seluruh lantai epoxy terkikis sempurna.

  • Membersihkan Area

Ini adalah langkah terakhir, yang mana Anda tinggal merapikan peralatan sehabis digunakan. Jangan lupa buang kikisan lantai tersebut ke tempat sampah, serta lepaskan alat pelindung diri.

Begitulah cara membersihkan lantai epoxy yang tepat sesuai rekomendasi ahlinya. Anda perlu mengikuti panduan agar terhindar dari risiko berbahaya. Bagi Anda yang ingin mendapatkan floor coating berkualitas, tersedia Mapefloor CPU/HD dari PT Tosadah.

Produk Mapefloor CPU/HD lebih diperuntukkan untuk kebutuhan lantai industri. Contohnya, industri farmasi. Berikut 5 Kegunaan Coating Lantai Epoxy untuk Industri Farmasi.

Produk tersebut tahan terhadap bahan kimia serta kuat ketika terjadi perubahan suhu mendadak hingga +120 derajat Celcius. Untuk konsultasi tentang lantai epoxy atau produk terkait, hubungi kontak kami. Anda juga bisa mengunjungi blog kami untuk akses informasi menarik lain seputar  floor epoxy.

Bagikan Artikel :

Menu