...

Cara Aplikasi Cat Dasar Aluminium, Gunakan Cat Terbaik!

Solusi
Cat Dasar Aluminium

Sudahkah Anda tahu pentingnya mengaplikasikan cat dasar aluminium? Aluminium sendiri adalah material konstruksi yang begitu ideal karena mudah dikerjakan, tahan lama, ringan dan mempunyai ketahanan tinggi terhadap korosi.

Sebenarnya, tanpa melakukan pengecatan, aluminium sudah memberikan tampilan akhir putih keperakan yang cukup bagus. Namun, banyak konstruksi besar yang mengecat permukaan material tersebut untuk menambah daya tarik.

Baca Juga: Begini Alasan Cat Besi Primer Krusial dalam Pengecatan

Akan tetapi, pengecatan tidak dapat dilakukan secara sembarangan karena perlu melalui sejumlah proses secara runtut. Hal ini bertujuan agar cat dapat menempel secara sempurna pada material tersebut.

Cara Aplikasi Cat Dasar Aluminium

Banyak sekali konstruksi besar yang memakai bahan bangunan berupa aluminium. Mengingat kelebihan yang ditawarkan material tersebut. Namun, ketika proses pengecatan memerlukan perhatian khusus.

Ada sejumlah alat yang diperlukan dalam proses ini. Seperti kain, deterjen, sikat kawat, amplas, primer, cat semprot akrilik, hingga sealant email. Semuanya akan berguna dalam mengaplikasikan cat dasar seperti di bawah ini.

1. Bersihkan Aluminium

Sebelum mengaplikasikan cat dasar aluminium, Anda perlu membersihkan materialnya terlebih dahulu. Gunakan lap, air hangat, dan deterjen guna membersihkan debu maupun kotoran pada permukaan material.

Apabila material sudah tertutup karat atau cat lama yang mengelupas, maka juga perlu dibersihkan. Caranya dengan menggunakan sikat kawat. Tidak cukup apabila hanya memakai lap dan deterjen.

Seluruh karat maupun cat lama wajib disingkirkan dari material. Jika masih tersisa karat, maka cat baru akan sulit menempel dengan sempurna. Tak hanya itu, permukaan yang kurang bersih dapat menyebabkan permukaannya kurang rata.

2. Amplas Permukaan Aluminium

Jika seluruh permukaannya sudah bersih, maka biarkan dahulu sampai kering. Kemudian, mulai amplas permukaannya secara merata. Jangan sampai ada bagian terlewat dalam proses pengamplasan.

Pengamplasan dapat dimulai dengan kertas grit 80 sampai 100. Kemudian, setelah itu Anda bisa menggunakan kertas grit yang lebih halus seperti kertas grit 400. Setelah diamplas, Anda wajib melakukan pembersihan kembali dan membiarkannya sampai kering.

3. Oleskan Primer

Setelah membersihkan dan mengamplas, Anda bisa mulai mengaplikasikan primer atau cat dasar aluminium. Biasanya, primer diaplikasikan dengan penyemprot supaya menghasilkan lapisan yang tipis. Namun, Anda bisa memastikannya dengan membaca petunjuk pada kemasan produknya.

Setelah mengoleskan primer, tunggu lapisannya sampai mengering. Setelah itu, amplas secara ringan memakai kertas grit 400 atau lebih tinggi. Hindari untuk menggunakan kertas grit yang kasar pada permukaan aluminium.

Seperti biasa, setelah mengamplas, wajib membersihkan sisa debunya. Bersihkan saja memakai lap. Jangan meninggalkan debu atau kotoran sisa pengamplasan setelah mengaplikasikan primer.

Tahukah Anda jika PT Tosadah menyediakan berbagai jenis cat primer berkualitas? Anda bisa melihat produk-produknya di sini. Anda juga bisa melakukan konsultasi dan diskusi dengan PT Tosadah, dan akan mendapatkan rekomendasi yang komprehensif melalui kontak PT Tosadah.

4. Mengaplikasikan Cat

Banyak jenis cat yang dapat dipakai dalam mempercantik tampilan aluminium. Biasanya, produk yang dipilih merupakan jenis lateks atau akrilik. Namun, dipilih produk khusus untuk aluminium.

Jika memakai untuk konstruksi luar ruangan, maka perlu memakai produk khusus eksterior. Apabila memerlukannya untuk interior pabrik atau gedung, maka tidak perlu memilih produk khusus eksterior.

Umumnya, cara mengaplikasikan primer bisa dilakukan dengan kuas maupun alat semprot. Tentukan saja caranya mengikuti anjuran di dalam kemasan produk. Hal ini dikarenakan, setiap produk menerapkan aturan berbeda.

5. Mengaplikasikan Sealer Enamel

Apabila cat dasar aluminium sudah mengering, Anda dapat mengoleskan dua lapis sealer enamel. Tujuannya adalah melindungi cat supaya tidak memudar atau tergores sampai beberapa tahun sehingga bisa lebih awet atau tahan lama.

Apabila ingin memperoleh hasil maksimal dalam pengecatan aluminium, maka perlu melakukan prosesnya secara benar. Jika langsung melakukan pengecatan, maka akan mudah mengelupas atau memudar. 

Anda juga bisa bekerja sama dengan PT Tosadah sebagai solusi pengecatan segala macam aset besi Anda, salah satunya aluminium. PT Tosadah menyediakan jasa pengecatan aset besi Anda dengan produk berkualitas internasional yang mampu memberikan perlindungan ekstra bagi aset Anda. Hubungi PT Tosadah di sini.

Banyak sekali jenis material yang dapat dipakai dalam konstruksi berskala besar. Salah satunya adalah aluminium. Sebelum melakukan pengecatan, wajib melalui berbagai proses termasuk mengaplikasikan cat dasar aluminium.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Gunakan Cat Pelapis Besi Anti Karat

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu