...

Begini 8 Cara Mengatasi Korosi dan Pencegahannya

Solusi
Cara Mengatasi Korosi Tosadah

Tahukah Anda bahwa cara mengatasi korosi ternyata bisa menggunakan bahan-bahan alami dan non-alami yang ada di sekitar rumah. Dengan memanfaatkan bahan-bahan tersebut, semua keluhan karat pada barang, perkakas bengkel, peralatan memasak, bahkan pagar sekalipun bisa dihilangkan dengan mudah. 

Meskipun demikian, tentu akan lebih baik jika Anda mampu melakukan pencegahan agar semua barang dan perabotan terhindar dari korosi. Terlebih lagi jika Anda mengetahui 5 Faktor Penyebab Korosi pada Besi, tentu akan sangat membantu Anda,.

Lantas, apa sebenarnya bahan yang dibutuhkan untuk mengatasi korosi tersebut dan bagaimana cara mencegahnya? Berikut ulasannya. 

8 Cara Mengatasi Korosi pada Besi

Setidaknya ada 8 cara ampuh untuk mengatasi korosi pada besi dengan menggunakan bahan yang mudah ditemukan di sekitar lingkungan Anda, antara lain: 

1. Cuka

Bahan pertama yang kerap digunakan untuk menghilangkan karat adalah cuka. Anda hanya perlu merendam barang yang terkena korosi semalaman pada larutan cuka yang ditambah dengan sedikit minyak siku. 

Setelah direndam, angkat dan bersihkan dengan cara mengikis karat yang masih tersisa di permukaan besi dengan sabut baja atau sikat logam. Apabila barang yang berkarat tidak bisa direndam karena sulit untuk dilepas, Anda bisa membungkusnya dengan kain lap yang telah dicelupkan ke larutan cuka putih.

2. Lemon dan Garam

Bahan berikutnya untuk mengatasi korosi adalah dengan menggunakan lemon dan garam. Metode ini ampuh untuk barang dengan sedikit karat. Untuk pengaplikasiannya, taburkan garam pada bagian yang terkena korosi lalu peras jus lemon (bisa diganti dengan jeruk nipis) di atas garam. 

Setelah tercampur, gosok area karat dengan menggunakan kulit lemon. Ulangi proses pengikisan karat tersebut hingga area yang berkarat benar-benar bersih sebelum dibilas dan keringkan. 

3. Soda Kue

Anda juga bisa memanfaatkan soda kue untuk menghilangkan korosi. Soda kue ini merupakan salah satu cara mengatasi korosi yang bisa diterapkan pada cincin dengan sedikit karat, loyang berkarat, atau pada logam tipis. 

Anda hanya perlu menaburkan soda kue pada area yang berkarat yang bersih dan dalam kondisi kering secara merata lalu biarkan selama 1 jam. Setelah itu, gosok area karat dengan sabut baja atau sikat logam lalu bilas, kemudian keringkan dengan kain lap bersih. 

4. Sabun dan Kentang

Dengan memanfaatkan sabun dan kentang, maka Anda akan mendapatkan bahan alami yang bisa diaplikasikan pada noda karat yang kecil dan tidak membandel. Cara penggunaanya mudah, belah kentang menjadi dua bagian lalu oles dengan sabun cuci piring. Kemudian, gunakan kentang sebagai sabut lalu gosok ke permukaan yang berkarat sampai hilang lalu bilas dan keringkan.  

5. Pasta Gigi

Untuk cara yang lebih simpel, Anda bisa memanfaatkan pasta gigi yang dioleskan pada barang yang berkarat dan diamkan beberapa saat. Kemudian, gosok layaknya sedang menggosok gigi, bisa dengan menggunakan kain lap atau sikat gigi bekas. 

6. Asam Sitrat

Cara mengatasi korosi pada besi yang tebal dan melebar bisa dengan menggunakan asam sitrat. Hanya saja, cara ini juga akan menghilangkan cat pada besi tersebut. Buatlah larutan asam sitrat dengan takaran 2-3 sendok makan dengan semangkuk air panas. Kemudian, rendam besi yang terkena karat, biarkan semalaman lalu gosok dengan sikat baja. Setelah itu, bilas besi menggunakan air bersih dan keringkan. 

7. Minuman Soda

Selain baking soda dan pasta gigi, minuman yang mengandung soda juga ampuh untuk mengatasi korosi pada besi. Anda harus membasahi area karat dengan minuman soda secara perlahan lalu gosok dengan aluminium foil dan bilas hingga bersih. 

8. Ampelas

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi korosi adalah menggosok area karat menggunakan amplas dengan keras hingga bagian yang berkarat tersebut berkurang dan mudah dibersihkan. 

Pencegahan Korosi sebelum Timbul

Selain cara mengatasi korosi, people also ask upaya apa saja yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya karat. Berikut ini beberapa cara agar karat tidak muncul pada material besi. 

  1. Menggunakan cat anti karat cat Epoxy Primer yang cocok diaplikasikan pada berbagai macam aset yang terbuat dari besi. Produk dari PT Tosadah ini terbukti ampuh untuk mencegah korosi. 
  2. Menggunakan besi atau logam yang tahan terhadap korosi seperti stainless steel, baja galvanis, kuningan, tembaga, perunggu, serta aluminium tahan korosi. 
  3. Mengaplikasikan lapisan pelindung. Bisa berupa galvanisasi yang menutupi permukaan besi dengan lapisan seng. Selain itu, bisa juga menggunakan metode pelapisan bubuk atau bedak. Contohnya, epoksi, uretan, akrilik, nilon, dan poliester. 
  4. Meminimalisasi terjadinya karat dengan mengontrol kadar gas atau oksidan di lingkungan sekitar. 
  5. Menggunakan proteksi katodik sebagai perlindungan tambahan pada besi selain menggunakan cat anti karat. 
  6. Menerapkan Inhibitor Korosi.
  7. Melakukan perawatan secara rutin. 
  8. Menjaga permukaan besi tetap bersih dan kering. 
  9. Memodifikasi Desain. 

PT Tosadah Hadir sebagai Solusi Anti Karat Besi Anda!

Karat yang timbul pada barang yang terbuat dari besi tidak selalu harus dibuang. Jika mau bersabar dan menggunakan bahan yang tepat sebagai cara mengatasi korosi, bukan tidak mungkin barang Anda akan terlihat bersih seperti baru. Namun untuk menghindari biaya yang membengkak karena korosi, akan lebih baik jika menggunakan cat anti karat yang berkualitas dari PT Tosadah

Tak hanya sebagai distributor cat anti karat, PT Tosadah juga memberikan beragam informasi menarik seputar cat anti karat. Seperti halnya, informasi mengenai Tips Memilih Cat Anti Karat yang Tepat yang bisa Anda lihat di website resmi Kami. 

Anda bisa menemukan berbagai informasi seputar jenis, cara pengaplikasian, dan informasi penting lainnya pada halaman produk. Jika hendak memesan dalam skala besar, bisa langsung menghubungi customer service atau klik menu kontak pada website resmi PT Tosadah. 

Bagikan Artikel :

Menu