...

6 Cara Cegah Karat pada Aset Besi, Cat Anti Karat Solusinya

Solusi
Cara Mencegah Karat Tosadah

Cara mencegah karat sebenarnya cukup mudah, ada berbagai solusi yang akan kami berikan. Satu poin penting yang harus diketahui adalah langkah tersebut merupakan upaya menghindar dari proses oksidasi.

Seperti diketahui bahwa, oksidasi merupakan faktor utama dari munculnya korosi tersebut. Jika, Anda sudah bingung mau bagaimana dengan permasalahan ini, maka perhatikan langkah kami di bawah ini.

Baca Juga: 5 Tips Sebelum Gunakan Cat Pelapis Besi Anti Karat

Cara Mencegah Karat pada Besi

Strategi utama yang harus diperhatikan agar konstruksi tetap bagus dan terhindar dari karat adalah memberikan beberapa pelapis tambahan. PT Tosadah menyediakan berbagai produk terbaik terutama cat pelapis anti korosi. Selain itu, terdapat beberapa cara mencegah karat yang dapat dilakukan. Coba berbagai macam langkahnya di bawah ini.

1. Cat Permukaan Logam

Langkah pertama adalah melakukan pengecatan. Dengan produk kami, solusi ini menjadi yang terbaik. Penambahan pelapis tersebut memberikan kemampuan logam dalam menghambat terjadi kelembapan, dengan begini karatan bisa dihindari.

Produk cat PT Tosadah memiliki banyak variasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Anda dapat memilih jenis cat atau melakukan konsultasi dengan PT Tosadah di sini agar mendapatkan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Cara mencegah karat memakai teknik pengecatan syarat utamanya adalah pelapis tersebut harus menempel atau menyeram ke logam. Jika, tidak maka perlindungannya menjadi sia-sia saja, bahkan korosi masih terlihat.

Oleh karena itu, hubungi PT Tosadah di sini agar mendapatkan produk berkualitas dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Segala kebutuhan konstruksi jembatan, kapal, hingga gedung bertingkat tersedia lengkap sesuai kebutuhan.

2. Gunakan Paduan Jenis Besi

Cara mencegah karat berikutnya adalah menggunakan paduan, atau tambahan kandungan logam. Pada dasarnya, setiap besi dapat dikatakan paduan hanya saja, kualitasnya kurang bagus berbeda bila ditambahkan kembali.

Jika produk itu baru kemampuannya masih bagus dan bisa digunakan untuk beberapa tahun kedepan. Tetapi, kalau sudah berusia tiga tahun ke atas pasti perlahan akan terlihat. Korosi akan muncul perlahan.

Dari titik kecil terlebih dulu, kemudian melebar hingga akhirnya merusak berbagai macam perabotan. Paduan yang dapat ditambahkan adalah nikel, mangan, sehingga mampu mengubah komposisi dari logam tersebut.

Perubahan inilah yang nantinya memberikan kekuatan lebih agar korosi tidak masuk ke dalam. Agar menambahkan paduan sempurna, jangan lupa perhatikan teknik pengelasannya, dengan bila salah, metode ini akan sia-sia begitu.

3. Aplikasikan Minyak

Cara mencegah karat selanjutnya adalah memakai minyak, jadi bukan hanya dijadikan pelumas saja. Bahan satu ini dapat dimanfaatkan untuk membasmi korosi yang sudah terlihat atau masih sangat kecil.

Walau cukup efektif, pengolesan memakai minyak ini tidak boleh hanya dilakukan satu kali saja. Hasilnya kurang efektif, maka dari itu cobalah melakukannya beberapa kali. Setidaknya 5 sampai 10 kali.

Kekurangan memakai minyak adalah membutuhkan waktu serta tenaga. Coba saja bayangkan naik ke gedung bertingkat dan prosesnya harus berulang-ulang. Pasti membutuhkan tenaga, waktu dan pikiran bukan?

4. Gunakan Pelapis Kering (Dry Coating)

Cara mencegah karat berikutnya adalah memakai Dry Coat. Produk ini biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai kandungan seperti minyak. Jadi, kemampuannya untuk menciptakan penghalang sangat maksimal tanpa meninggalkan residu.

Usahakan mencari produk Dry coat yang spray saja, hal ini akan memudahkan Anda dalam membersihkan korosi. Jangan lupa gosok menggunakan sikat, agar karat bisa menghilang serta meningkatkan perlindungan.

5. Jauhkan Besi dari Pemicu Karat

Cara mencegah karat selanjutnya adalah menjauhkannya dari pemicu karat. Walau hal ini sangat sulit karena, konstruksi jembatan selalu ada di luar, kepanasan serta kehujanan. Mungkin, cara menyegel dapat jadi solusi.

Bisa menggunakan penutup kain terutama ketika kondisi siang hari. Dimana, saat terjadi hujan dan panas membuat suhu berubah, tingkat kelembapan juga sama, apakah efektif? Jawabannya adalah iya.

6. Lakukan Galvanisasi pada Besi

Langkah terakhir adalah melakukan proses Galvanisasi yaitu menambahkan lapisan seng, mengapa demikian? Menurut penelitian elemen ini mampu memperlambat korosi 30 menit lebih baik dibandingkan besi, tahan terhadap berbagai cuaca.

Anda dapat melakukannya hanya saja, dengan tenaga profesional. Jangan sampai salah agar hasilnya bagus. Proses Galvanisasi ini akan mengubah komponen dalam logam sehingga kemampuannya meningkat dua kali lipat.

Metode ini sendiri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu elektrokimia dan elektrodeposisi. Keduanya cukup efektif menghasilkan dinding pelindung. Maka, teknik tersebut hampir sering digunakan untuk jembatan atau gedung bertingkat.

Hanya saja, untuk prosesnya cukup lama, karena Anda harus melakukan beberapa tahapan terlebih dulu. Hampir semuanya rumit, maka waktu pengerjaannya cukup lama dan sedikit lebih rumit.

Kelemahan menggunakan bahan logam adalah korosi yang tercipta dari proses oksidasi. Maka dari itu, mencari cara mencegah karat menjadi penting agar para pengusaha bisa melakukannya sehingga, tetap bagus dipandang.

Baca Juga: Tips Pilih Cat Pelapis Anti Karat Besi untuk Gedung dan Pabrik

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu