...

5 Kesalahan Saat Proses Cat Aluminium yang Harus Dihindari

Solusi
Cat Aluminium untuk Besi Tosadah

Pengecatan pada aluminium bisa menjadi proses yang cukup rumit. Terdapat beberapa kesalahan umum yang sering terjadi selama proses cat aluminium, yang akhirnya bisa merusak hasil akhir dan kualitas dari produk yang dicat. 

Maka dari itu, Anda harus memiliki effort yang keras untuk melakukan ini. Atau jika tidak, lebih baik Anda serahkan kepada orang yang memiliki kemampuan tersebut lebih baik ketimbang Anda.

Menggunakan seorang ahli atau jasa pengecatan dikarenakan mereka pasti mengetahui Cara Aplikasi Cat Aluminium untuk Bagian Finishing. Hal tersebut tentunya dapat meminimalisir kesalahan saat proses cat aluminium. 

Jangan Lakukan Ini Saat Proses Cat Aluminium!

Berikut adalah 5 kesalahan saat proses cat pada aluminium yang harus Anda hindari. Simak hingga akhir!

1. Tidak Membersihkan Permukaan Aluminium dengan Benar

Permukaan aluminium harus dibersihkan dengan benar sebelum proses cat. Kebersihan permukaan aluminium sangat penting karena debu, kotoran, dan minyak dapat menghambat proses pengecatan dan akhirnya menghasilkan kualitas pengecatan yang buruk. 

Pastikan permukaan aluminium sudah bersih dan bebas dari kotoran, minyak, karat, atau korosi sebelum mulai mengecat. Pastikan Anda telah menyediakan lap bersih untuk menyeka apabila ada kotoran.

2. Tidak Mengamplas Alumunium

Sebelum proses pengecatan, Anda harus melakukan pengamplasan aluminium. Supaya cat dan permukaan alumunium lebih meerkat.

Anda bisa mulai mengamplas dengan amplas halus. Kemudian mulai naikkan grit. Hal ini dapat menghilangkan cat lama dengan cepat, lalu membuat permukaan paling kasar yang dapat ditimpa dengan cat baru.

3. Tidak Menggunakan Primer yang Tepat

Primer sangat penting dalam proses cat aluminium. Tidak menggunakan primer yang tepat atau kurang mengaplikasikannya dengan benar dapat mengakibatkan ketidaksesuaian antara permukaan aluminium dan cat. Akibatnya, akan ada kerusakan struktur aluminium. 

Pastikan untuk memilih primer yang tepat untuk aluminium dan mengaplikasikannya dengan benar. Anda bisa mengoleskan 3-4 lapis primer, dan menunggu tiap lapisan kering terlebih dahulu. Baca petunjuk penggunaan primer untuk hasil yang lebih baik ya!

4. Tidak Menerapkan Teknik Pengecatan yang Tepat

Teknik pengecatan yang tepat sangat penting dalam proses cat aluminium. Teknik pengecatan yang buruk dapat menyebabkan lapisan cat yang tidak merata, penumpukan cat, dan cat yang terlalu tipis atau terlalu tebal. 

Pastikan untuk menggunakan teknik pengecatan yang tepat untuk mendapatkan hasil akhir yang berkualitas. Kemudian biarkan sampai mengering sebelum terkena cuaca atau juga air.

5. Tidak Memberikan Cat Finishing

Untuk proses yang jauh lebih baik, Anda bisa menggunakan cat finishing untuk melapisi permukaan aluminium. Cat ini nantinya dapat melindungi permukaan dari sinar UV. Sehingga bisa lebih tahan lama dan bebas dari kerusakan.

Tapi yang harus Anda ingat adalah dengan membiarkan cat kering terlebih dahulu. Anda tidak bisa melakukan proses ini apabila cat masih belum kering.

Caranya, Anda bisa melakukan cat finishing dengan kuas atau semprotan. Kemudian aplikasikan dengan rapi, dan tunggu sampai mengering. Pastikan Anda telah membaca cara penggunaannya sesuai dengan petunjuk masing-masing cat!

Dalam melakukan proses pengecatan, usahakan untuk berhati-hati dan tidak sembarangan. Sebab, jika Anda melakukannya secara cepat dan buru-buru, bisa mempengaruhi pengecatan.

Kemudian jangan lupa untuk memilih cat yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan project Anda. Anda bisa membelinya di PT Tosadah, yang menyediakan berbagai produk cat pelapis besi anti karat.

Setelah membaca informasi diatas, Anda juga perlu mempelajari dan memahami 5 Tips Sebelum Gunakan Cat Pelapis Besi Anti Karat. Hal ini berguna untuk membantu Anda saat proses membangun bangunan impian Anda. 

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu