...

Ini Dia! Cara Aplikasi Cat Aluminium untuk Bagian Finishing

Solusi
Cat Aluminium Tosadah

Sebenarnya aluminium tidak perlu lagi dilapisi dengan cat, karena aluminium merupakan logam yang tahan akan perubahan cuaca. Namun, pemberian cat aluminium bisa memberikan perlindungan lebih dan memberi warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. 

Berbeda dengan jenis logam lain yang harus dilapisi cat pelindung agar tidak berkarat, aluminium sudah memiliki lapisan pelindung sendiri. Lapisan tersebut akan terus memperbarui dirinya sendiri untuk mencegah oksidasi. 

Namun, warna aluminium yang keabu-abuan atau silver cenderung terasa monoton. Melapisinya dengan cat akan menambah nilai estetik. 

Selain itu, cat khusus aluminium juga mampu memberikan perlindungan ketika benda berbahan dasar aluminium kontak langsung dengan bahan kimia yang memiliki nilai pH tinggi. Misalnya pH 8,5 atau lebih. 

Meskipun alumunium memiliki cat khusus, akan tetapi alumunium masih tergolong sebagai logam ringan. Kenali 4 Ragam Jenis Cat untuk Logam untuk pertimbangan memilih cat yang tepat proses pengecatan aluminium yang maksimal. 

Persiapan untuk Aplikasi Cat Aluminium pada Tahap Finishing 

Apabila Anda hendak mengaplikasikan cat khusus aluminium, ada beberapa alat yang perlu Anda persiapkan, di antaranya yaitu:

  • Cat untuk pelapis aluminium. Pilih produk terbaik agar hasilnya tidak mengecewakan. Anda bisa mendapatkan cat pelapis dari Tosadah.
  • Kuas, foam roller, atau bisa juga menggunakan spray gun, tergantung kenyamanan Anda saat menggunakan.
  • Amplas permukaan besi hingga halus dan merata. 
  • Degreaser atau cairan pembersih. Bisa dari alkohol yang termetilasi, aseton, dan jenis bahan lainnya.

Langkah-langkah Aplikasi Cat pada Tahap Finishing 

Selanjutnya setelah semua bahan dan peralatan sudah siap, Anda bisa mulai mengaplikasikan cat aluminium. Proses pengecatan ini perlu dilakukan dengan rapi dan teliti, agar menghasilkan tampilan akhir yang sempurna. Berikut ini langkah-langkah yang tepat:

1. Persiapan Permukaan

Anda tidak bisa langsung mengaplikasikan cat pada aluminium, bagian permukaannya perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Ini karena, seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa aluminium memiliki lapisan pelindung yang terus memperbarui diri. Lapisan tersebut harus dihilangkan sepenuhnya, baru cat bisa diaplikasikan. 

Cara menghilangkan lapisan pelindung aluminium bisa dengan melakukan grinding atau diamplas. Supaya permukaan aluminium jadi mengkilap Anda perlu melakukan pengamplasan dalam empat tahap. 

Namun, untuk pengecatan sebenarnya menggunakan amplas kasar saja sudah cukup. Ini karena, tujuannya adalah menghilangkan lapisan oksidasi. 

Sebelum diamplas, pastikan Anda membersihkan dulu permukaan benda dari kotoran dan debu. Kemudian setelah selesai di amplas, bersihkan juga sisa serbuk dan debu yang tertinggal. 

2. Pengaplikasian Cat 

Sebelum melapisi cat pewarna untuk finishing, aplikasikan dulu cat primer. Hal tersebut dikarenakan, aluminium termasuk logam yang sulit untuk diberi cat. Cairan cat sulit melekat pada permukaanya. 

Anda bisa menggunakan spray gun, kuas, atau roller, untuk mengaplikasikan cat primer.

Tunggu dulu hingga cat mengering dengan sempurna. Baru setelah itu Anda dapat mengoleskan cat aluminium. Cara mengoleskannya pertama dengan arah melintang, menggunakan roller. Kemudian usap lagi dengan arah memanjang. 

Berikutnya gunakan kuas untuk merapikan dan menghaluskan permukaan cat. Pegang kuas sedikit miring, kemudian usapkan bagian-bagian permukaan yang terlihat bergelembung. 

Tidak perlu khawatir bekas cat yang terbentuk kuas tertinggal pada permukaan. Setelah cat mengering, bekas usapan kuas akan menghilang. 

Jika Anda ragu untuk mengaplikasikannya sendiri, percayakan pada tim aplikator Tosadah yang sudah berpengalaman di bidangnya.

4. Pengeringan dan Pengerasan Cat 

Setelah cat dirapikan menggunakan kuas, Anda tinggal menunggu cat kering sempurna. Waktu yang dibutuhkan agar car mengering secara menyeluruh yaitu sekitar 24 jam. 

Namun, tahap finishing belum selesai. Anda masih perlu mengamplas ringan lapisan pernis menggunakan amplas halus. Kemudian oleskan lagi lapisan pernis. Lakukan tahap ini merata ke semua lapisan. 

Tips dan Trik Aplikasi Cat Pelapis Aluminium pada Tahap Finishing 

Ketika mengaplikasikan cat untuk finishing benda dengan material aluminium, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Supaya hasil akhir cat aluminium terlihat sempurna. Anda bisa melakukan tips dan trik di bawah ini:

1. Teknik Pengaplikasian Cat Untuk Aluminium Secara Efektif

Ketika mengecat hal yang harus selalu diperhatikan adalah kebersihan. Ketika aluminium selesai dipoles akan terlihat debu-debu menempel pada permukaan. Jika tidak dibersihkan, kotoran tersebut akan terkena cat. Jadi, bersihkan dulu permukaan benda menggunakan kain halus bebas serat. 

2. Keselamatan Saat Menggunakan Bahan Kimia

Jaga keselamatan diri saat mengaplikasikan cat dengan cara mengenakan pakaian dan perlengkapan yang sesuai. Anda harus menggunakan pakaian lengan panjang, kacamata pelindung, sarung tangan, dan respirator mask.

Sebaiknya proses pengecatan aluminium dilakukan di luar ruangan. Namun jika tidak memungkinkan, pastikan tempat kerja Anda memiliki ventilasi yang baik. 

3. Memperbaiki Kesalahan dalam Aplikasi Cat 

Jangan pernah menggunakan amplas yang sudah pernah dipakai untuk mengamplas logam lain. Sebaiknya gunakan amplas yang masih baru. 

Selain itu hindari kuas yang mudah lepas bulunya. Jika terlepas, bulu kuas akan tertinggal dan terlihat dengan jelas. Pastikan Anda hanya menggunakan kuas berkualitas tinggi. 

4. Memelihara Hasil yang Optimal Setelah Aplikasi Selesai

Jaga tampilan benda yang terbuat dari aluminium dengan rutin membersihkannya menggunakan lap. Untuk menghilangkan debu dan partikel-partikel halus yang mudah menempel. 

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengaplikasikan cat pada benda berbahan aluminium dengan mudah. Pastikan Anda menggunakan peralatan standar untuk mengecat serta memakai cat aluminium berkualitas. 

Untuk proses finishing yang sempurna Anda bisa menggunakan cat pelapis dari Tosadah. Kami akan melindungi aset konstruksi dari paparan sinar UV dan perubahan cuaca. Dengan hasil akhir yang estetik dengan kustomisasi warna, Anda bisa mempercayakan semuanya kepada kami. 

Tosadah juga menyediakan tim aplikator yang handal dan profesional untuk kebutuhan proses pengecatan. Hubungi Tosadah untuk informasi selengkapnya atau klik link website ini

Setelah membaca informasi diatas, Anda juga perlu mempelajari dan memahami Jenis-jenis Logam yang Mudah Berkarat. Hal ini berguna untuk membantu Anda saat proses membangun bangunan impian Anda.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu