...

Kenali 4 Ragam Jenis Cat untuk Logam

Inspirasi
Jenis Cat untuk Logam Tosadah

Berbeda dengan material lain seperti kayu, plastik, atau kaca, logam rentan mengalami korosi (perkaratan). Oleh karena itu, dibutuhkan jenis cat untuk logam yang diformulasi secara khusus agar bisa mencegah korosi akibat kontak dengan cuaca atau faktor eksternal lain.

Cat untuk logam ini biasanya tersedia dalam berbagai jenis dan formula. Masing-masing di antaranya memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih jenis cat sesuai dengan faktor pertimbangan seperti jenis logam, lingkungan, formula, hingga harganya.

Jangan lupa juga untuk mempelajari dan memahami Jenis-jenis Logam yang Mudah Berkarat. Hal ini berguna untuk membantu Anda saat proses membangun bangunan. 

Jenis-jenis Cat untuk Logam

Cat untuk logam biasanya diaplikasikan secara berlapis, yaitu terdiri atas cat primer, coating/undercoat (pelapis), dan finishing (pelapis akhir). Sebagai panduan memilih cat logam yang tepat, berikut 4 jenis cat yang bisa dijadikan sebagai alternatif:

1. Cat Epoxy

Cat epoxy adalah cat anti karat yang berbasis dua komponen (pewarna dan resin) dengan pengeringan secara kimia. Jenis cat  ini biasa diaplikasikan ke berbagai material sebagai cat primer (dasar), sebab memiliki sifat anti-korosi yang berdaya tinggi.

Cat epoxy juga umum digunakan sebagai pelapis permukaan untuk menutupi celah berlubang, pori, goresan, atau tekstur tidak merata lainnya. Selain itu, cat ini memiliki daya lekat yang baik sehingga dapat mempermudah proses pewarnaan permukaan di tahap selanjutnya.

Tidak hanya tahan terhadap korosi, epoxy juga dapat membantu melindungi permukaan material dari pengaruh cuaca serta menghambat pertumbuhan jamur. Dengan hasil akhir yang matte, Anda bisa mengaplikasikannya ke berbagai tipe material.

2. Cat Polyurethane (Urethane)

Dengan iklim tropis Indonesia, banyak aset eksterior yang butuh perlindungan ekstra terhadap perubahan suhu yang ekstrim atau tidak konsisten yang menimbulkan karat, jamur, hingga invasi hama.

Solusinya adalah menggunakan cat polyurethane atau biasa disebut PU. Jenis cat untuk logam ini tidak hanya melindungi dari potensi korosi, eksposur UV, serta hama, namun juga dapat meningkatkan kualitas visual aset, sehingga biasa digunakan untuk lapisan coating serta finishing.

Sesuai namanya, bahan utama cat ini adalah dari polyurethane, salah satu tipe plastik yang memiliki ketahanan sangat baik dengan hasil berkilau (glossy). Meski daya tahan korosinya tidak sebaik epoxy, namun varian warnanya lebih beragam sehingga bisa menjadi alternatif mempercantik bangunan atau aset lainnya.

3. Cat Intertherm

Cat intertherm adalah jenis cat untuk logam yang memiliki daya tahan korosi cukup baik serta mampu menahan suhu tinggi, mulai dari 150°C hingga lebih dari 300°C. Jadi, cat ini sangat sesuai untuk lingkungan industri atau pertambangan yang rentan terekspos panas tinggi dari lingkungan atau mesin operasi.

Dengan hasil akhir glossy, cat intertherm juga berdaya rekat tinggi dan memiliki fleksibilitas yang baik. Di antaranya yaitu mampu tahan pada pendinginan mendadak serta dapat diaplikasikan pada berbagai material berbeda.

4. Cat Interline Food Grade

Jenis cat ini dirancang khusus untuk melindungi material yang bersentuhan langsung dengan makanan agar lebih aman. Pasalnya, ada jenis lapisan material yang bisa mempengaruhi makanan, dan ada jenis makanan dengan kandungan asam yang bisa menimbulkan korosi.

Hasil akhir dari cat ini adalah matte dengan daya tahan korosi yang sangat tinggi, sehingga sering digunakan di industri. Tetapi banyak pula yang memakainya secara pribadi untuk melapisi permukaan penampung air minum agar lebih aman dari korosi.

Tak hanya itu saja logam juga biasa digunakan untuk pembuatan atap pondasi rumah. Pahami 4 Cara Merawat Atap Besi agar Awet dan Anti Karat menggunakan pengaplikasian cat untuk logam dari PT Tosadah.

Cat khusus logam umumnya digunakan untuk melapisi material konstruksi rumah, bangunan, kapal, hingga perlengkapan industri dan pertambangan. Jika membutuhkan beragam jenis cat untuk logam untuk berbagai keperluan, Anda bisa memperolehnya dari PT Tosadah, distributor terpercaya para pebisnis bidang konstruksi.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu