...

4 Cara Merawat Atap Besi agar Awet dan Anti Karat

Inspirasi
Atap Besi Tosadah

Perkembangan dunia konstruksi menghadirkan inovasi rangka atap besi dan baja ringan. Rangka besi sendiri memiliki beberapa kelebihan dari material kayu. Atap dengan bahan metal dinilai anti rayap, tahan dari api, serta jangka waktu pemakaian yang panjang.

Namun rangka atap dari bahan besi juga mudah mengalami korosi, yang menyebabkan besi berkarat. Jika terus dibiarkan tanpa melakukan perawatan, maka rangka atap akan menjadi rapuh bahkan bisa menyebabkan rubuh. 

Salah satu cara merawat atap besi paling efektif adalah dengan melakukan tindakan pencegahan timbulnya korosi di awal. Bagaimana caranya? Anda bisa mengaplikasikan cat anti karat untuk besi agar terhindar dari risiko korosi. Berikut ini adalah 6 Cara Cegah Karat pada Aset Besi, Cat Anti Karat Solusinya.

Metode Perawatan Atap Besi

Rangka atap berbahan besi dapat bertahan lama dan terjaga kondisinya, bila pemilik bangunan merawatnya dengan rutin. Karena walaupun besi adalah material yang kuat, tapi besi dapat mengalami korosi. Yaitu reaksi reduksi dan oksidasi (redoks) antara logam dengan gas, air, atau cairan kimia.

Besi yang mengalami korosi akan berkarat. Kondisi di mana warna besi berubah menjadi merah kecoklatan. Selain itu, besi akan lebih rapuh karena mudah keropos. Bila dibiarkan area besi yang berkarat akan semakin meluas hingga menutupi semua permukaan besi.

Ada 4 cara ampuh untuk merawat atap dengan bahan besi, supaya lebih awet dan anti karat, berikut ini cara-caranya:

1. Mengecat Ulang Secara Rutin

Cara memperlambat proses korosi pada besi yaitu dengan melapisi permukaan besi dengan cat. Termasuk untuk atap dengan bahan besi. Sebaiknya beri cat pelapis anti karat. Cat akan mencegah reaksi redoks saat terjadi goresan pada permukaan besi.

Selain mencegah besi berkarat, cat pelapis besi juga dapat memberikan warna untuk tampilan atap yang lebih menarik. Warna cat bisa Anda pilih dan sesuaikan dengan desain rumah. 

2. Mengoleskan Minyak

Cara selanjutnya untuk merawat besi, agar tidak berkarat yaitu dengan memberikan minyak atau oli. Oleskan minyak pada permukaan besi, khususnya di bagian sambungan-sambungan. Sehingga memperlambat proses korosi. 

Kegunaanya pun sama seperti cat. Pemberian minyak dilakukan agar reaksi redoks tidak terjadi. Besi yang sudah tertutup olesan minyak membuatnya tidak bersentuhan langsung dengan udara di luar.

3. Melapisi dengan Timah

Selain menggunakan cat anti karat, Anda juga dapat melapisi atap besi dengan timah untuk mencegah korosi. Sebetulnya timah merupakan salah satu jenis metal dan cukup sering digunakan dalam keseharian.

Alasan timah dipakai untuk pelapis besi karena timah memiliki ketahanan karat yang lebih tinggi dari besi. 

Cara ini disebut dengan perlindungan profilaksis yaitu mencegah terjadinya korosi dengan  menggunakan lapisan logam yang sulit teroksidasi. Selain timah, Anda juga bisa menggunakan timbal, nikel, atau kromium.

4. Memakai Bahan Makanan Asam

Di samping mencegah besi berkarat, Anda juga bisa menghilangkan karat pada besi menggunakan bahan makanan yang mengandung asam. Seperti air jeruk, cuka, garam, dan soda kue. 

Caranya cukup oleskan besi yang berkarat menggunakan bahan yang mengandung senyawa asam. Diamkan selama beberapa waktu, lalu bersihkan bagian yang berkarat menggunakan kain.

Lakukan 4 perawatan di atas untuk menjaga rangka atap besi tetap bagus dan kokoh. Dari keempat metode di atas cara yang paling mudah dan efisien yaitu melapisi atap dengan cat anti karat. 

Ingin besi bebas karat? Maka gunakan Cat Epoxy Primer sebagai pelapis dasar untuk besi! Cat epoxy memiliki daya rekat yang baik serta tahan terhadap korosi dan bahan kimia lainnya. Rangka atap jadi lebih kokoh dan awet!

Cat Epoxy Primer berkualitas bisa Anda dapatkan dari distributor terpercaya PT Tosadah yang sudah menjadi langganan para pebisnis bidang konstruksi. Temukan juga cat pelindung jenis lainnya dari PT Tosadah untuk kebutuhan bangunan di sini!

Untuk aset besi, penting untuk mengetahui penyebab munculnya karat pada aset besi, salah satunya atap besi. Kenali Penyebab Karat, Pakai Proteksi Cat Primer Anti Karat.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu