...

4 Keuntungan Penggunaan Cat Antifouling untuk Kapal

Industri, Perlautan
Cat Antifouling Tosadah

Cat antifouling merupakan produk wajib untuk kapal jika ingin menjaga bagian lambung senantiasa dalam kondisi terbaik. Fouling sendiri merupakan proses alami di mana teritip, kerang maupun organisme laut lainnya menempel pada lambung kapal.

Meskipun hal tersebut terjadi secara alami, bukan berarti bisa dibiarkan begitu saja. Karena akan menyebabkan hambatan dan kerusakan kapal. Fouling juga banyak dihindari oleh para pemilik kapal pesiar.

Baca Juga: 2 Faktor Penting Sebelum Aplikasi Cat Antifouling Kapal

Terutama karena merugikan estetika kendaraan laut. Teritip, kerang maupun organisme lain tentu sangat mengganggu penampilan kapal pesiar. Maka tidak heran jika pemiliknya begitu mempedulikan penggunaan produk antifouling.

Keuntungan Penggunaan Cat Antifouling untuk Kapal

Menerapkan produk antifouling pada lambung kapal akan memberikan sejumlah keuntungan. Berikut ini ialah beberapa manfaat dari penggunaan produk antifouling dan cara kerjanya pada lambung kapal.

1. Biosida dalam Cat

Cat antifouling mampu membunuh berbagai tanaman maupun organisme laut yang mencoba menempel pada lambung kapal. Hal tersebut dapat terjadi karena cat ini mengandung biosida di dalamnya. Biosida tersebut akan masuk ke dalam air di sekitar kendaraan.

Kemudian membunuh organisme yang hendak menempel sebagai tindakan pencegahan sebelum organisme menempel. Berbeda dengan cat biasa yang hanya menjadi penghalang secara fisik.

Ketika hanya menjadi penghalang fisik, masih ada kemungkinan organisme laut menempel pada lambung kapal. Oleh karena itu, organisme laut akan tetap memberikan dampak buruk pada kapal karena tetap menempel.

2. Perlindungan Struktural Tambahan

Jika saja tanaman maupun organisme laut gagal terbunuh dan tetap menempel pada lambung kapal, Anda tidak perlu khawatir. Pada cat biasa, teritip dan remis yang mempunyai cangkang tajam berpotensi menyebabkan kerusakan pada permukaan kendaraan.

Biasanya teritip dan remis akan merusak kayu maupun fiberglass di bawah cat sehingga menimbulkan retakan. Semakin lama tentu retakannya akan semakin besar. Jika dibiarkan akan menyebabkan masalah serius pada kendaraan.

Berbeda halnya dengan cat antifouling yang tidak akan rusak jika teritip maupun remis sampai menempel pada lambung kapal. Produk ini juga jauh lebih kuat dan tahan terhadap air laut.

Jadi, Anda tetap bisa bernapas lega apabila mendapati beberapa teritip atau remis menempel pada lambung kapal. Organisme laut tersebut tidak mampu menyebabkan retakan. Jadi tidak akan menimbulkan biaya perawatan.

3. Pengurangan Hambatan

Organisme laut yang menempel pada perahu akan meningkatkan hambatan kendaraan. Karena permukaan semakin luas sehingga kecepatan kendaraan akan berkurang. Laju kendaraan laut jadi terhambat tidak seperti dalam keadaan normal.

Hal ini bukan hanya berdampak pada hal kecepatan. Ketika mendapati informasi bahwa kecepatan akan menurun akibat organisme laut sepertinya terasa remeh dan sederhana.

Adanya organisme laut tersebut juga berdampak pada penggunaan bahan bakar. Ketika laju kendaraan terhambat, maka konsumsi energi semakin besar. Tentu pada akhirnya biaya bahan bakar akan semakin membengkak.

Jika menggunakan produk antifouling, maka dapat mencegah organisme menempel sehingga laju kendaraan tidak akan terhambat. Konsumsi bahan bakar akan normal seperti biasanya.

4. Penggunaan Tahan Lama

Cat antifouling jauh lebih kuat di dalam air, berbeda dengan produk biasa. Air akan melepaskan biosida sehingga mampu menjauhkan organisme dari lambung kapal. Sementara produk biasa akan kehilangan kekerasan di dalam air dan justru rentan terhadap kerusakan.

Produk antifouling mampu bertahan cukup lama di dalam air bahkan mampu menahan organisme laut. Berbeda halnya dengan produk biasa yang justru berpotensi rusak jika terpapar air laut.

Pengecatan kapal memerlukan cukup banyak produk yang sesuai dengan keperluan pada tiap bagian. Sebagai contoh, bagian lambung kapal membutuhkan produk yang dapat mencegah menempelnya organisme laut. Sesuai dengan kebutuhan tersebut, maka produk yang tepat ialah cat antifouling.

Baca Juga: Cat Anti-Fouling: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu