...

3 Ragam Pilihan Primer Cat untuk Logam dari Tosadah

Solusi
Primer Cat Tosadah

Ada berbagai jenis cat yang dapat digunakan untuk logam, mulai dari lapisan primer cat hingga cat untuk lapisan akhir (finishing). Cat primer sendiri merupakan bagian yang diterapkan pada permukaan logam sebagai lapisan dasar sebelum menerapkan cat akhir.

Adapun fungsinya adalah untuk memberikan perlindungan dan menyiapkan permukaan logam sehingga cat akhir dapat menempel dengan baik pada permukaan logam. Selain itu, cat primer juga bisa menjadi lapisan untuk mencegah korosi atau karat di permukaan.

Namun, seperti apa cara mengaplikasikan cat primer besi itu sendiri? Pahami 4 Teknik Pengecatan Besi yang Benar. Dengan mengaplikasikan cat primer yang tepat, maka tentunya akan memberikan hasil maksimal dan tahan lama. Lalu, apa saja pilihan jenis primer cat untuk logam? Simak di bawah ini.

Berikut 3 Jenis Pilihan Primer Cat untuk Material Logam

Pemilihan cat primer yang tepat sangat penting untuk memberikan perlindungan dan penampilan yang baik pada permukaan logam. Ada banyak jenis cat yang tersedia, dan pemilihannya harus didasarkan pada kebutuhan. Sebagai rekomendasi, berikut ini 3 jenis pilihan cat primer yang umum digunakan untuk logam:

1. Epoxy

Epoxy cat adalah salah satu jenis cat primer yang sering digunakan pada permukaan logam. Cat ini terdiri dari dua komponen yang harus dicampurkan sebelum penggunaan, yaitu resin epoksi dan pengeras atau hardener. Aplikasinya pada logam sangat beragam, misalnya pada mobil, kapal laut, hingga bangunan industri.

Sebagai cat primer, epoxy memiliki kelebihan dalam hal ketahanannya terhadap korosi dan kelembaban. Cat ini juga memiliki daya rekat yang kuat pada permukaan logam, sehingga cat lapisan finishing dapat menempel dengan baik.

Hal ini karena kelebihannya yang juga sangat banyak, di antaranya yaitu tahan terhadap korosi, kelembaban, goresan, hingga benturan, serta memiliki daya rekat yang kuat pada permukaan logam.

2. Polyurethane

Pilihan primer cat selanjutnya adalah polyurethane, sejenis cat primer yang biasanya digunakan pada permukaan logam yang akan terkena paparan sinar matahari secara langsung. Ini karena, cat polyurethane dikenal sebagai produk yang tahan terhadap cahaya UV, tahan lama, dan memberikan perlindungan yang baik terhadap korosi.

Hal ini menjadikan polyurethane sebagai pilihan yang baik untuk melindungi permukaan logam yang rentan terkena paparan sinar matahari langsung. Contoh aplikasinya dapat ditemukan pada atap, panel surya, hingga bangunan industri.

3. Alkyd

Terakhir, ada alkyd yang merupakan sejenis cat logam yang juga umum digunakan sebagai alternatif epoxy dan polyurethane. Alkyd dikenal dapat memberikan perlindungan yang baik terhadap korosi dan memiliki daya rekat kuat pada permukaan logam.

Meskipun demikian, alkyd dikenal kurang tahan terhadap paparan sinar UV, sehingga lebih cocok diaplikasikan pada bagian dalam yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung, seperti pada tangki, pipa, atau interior bangunan industri.

4. Jenis Cat Lainnya

Selain 3 jenis rekomendasi di atas, sebenarnya masih ada beberapa jenis cat lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai lapisan primer untuk logam. Misalnya cat Zinc Chromate (dari campuran seng dan krom) yang dapat membantu mencegah korosi.

Selain itu, contoh lain yang umum digunakan adalah cat akrilik yang bisa diaplikasikan pada permukaan logam yang terkena paparan sinar matahari secara langsung. Cat ini juga dapat memberikan perlindungan terhadap sinar UV dan mampu menahan goresan dan benturan.

Kemudian, ada cat berbasis besi oksida (Iron Oxide) yang dibuat dari campuran pigmen besi oksida merah dengan bahan pengikat atau binder. Selain pada permukaan logam, cat ini juga biasa diaplikasikan pada kayu atau logam sebagai dekorasi.

Saat membeli cat khusus logam, pastikan untuk selalu memilih tipe cat primer yang sesuai dengan jenis logam yang akan dicat. Selain itu, pastikan pula cat tersebut sudah memiliki sifat-sifat khusus sesuai tujuan penggunaannya, misalnya tahan terhadap sinar UV.

Ketika akan mengecat besi menggunakan cat primer, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Lakukan 4 Hal Ini Sebelum Aplikasi Primer Cat Besi! Persiapan ini dapat membantu Anda agar dapat proses pengecatan besi menjadi lebih mudah.

Namun apapun jenis primer cat logam pilihan Anda, sebaiknya belilah dari distributor atau pemasok yang profesional dan berpengalaman seperti PT Tosadah, pelopor cat besi anti karat di Indonesia. Untuk informasi dan konsultasi lanjutan Anda bisa menghubungi kami di sini!

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu