...

Penguat Beton: Jenis dan Rekomendasi Produk dari PT Tosadah

Solusi
Penguat Beton Anti Retak dan Bocor PT Tosadah

Dalam dunia konstruksi, beton menjadi salah satu material utama bagi berbagai jenis proyek. Beton yang kuat dan tahan lama adalah kunci keberhasilan dalam membangun struktur yang kokoh dan aman. Sehingga, dibutuhkan bahan penguat beton sebagai salah satu solusinya.

Sebab untuk mencapai beton berkualitas tinggi, diperlukan lebih dari sekadar campuran semen, pasir, kerikil, dan air biasa. Karena itu, ketahui apa saja jenis bahan penguat yang bisa ditambahkan ke beton untuk meningkatkan kualitas, daya tahan, dan karakteristik lainnya.

Untuk memastikan ketahanan beton, anda harus tahu hal-hal yang terkait dengan beton. Diantaranya, jenis, keunggulan serta mutu beton. Berikut, Ketahui Jenis, Keunggulan, dan Tabel Mutu Beton [Update 2023]

Apa Itu Admixture atau Bahan Aditif Penguat Beton?

Bahan aditif penguat khusus beton yang juga dikenal sebagai admixture adalah komponen penting dalam pembuatan beton modern. Ketika dicampurkan ke dalam adonan atau acian beton, bahan aditif tersebut dapat mengubah sifat atau karakteristik beton menjadi lebih baik.

Tujuannya bukan hanya untuk membuat beton lebih kuat, tetapi juga lebih efisien dalam proses pembuatan dan lebih tahan terhadap berbagai kondisi eksternal. Selain itu, ada pula beberapa bahan penguat yang bisa membuat beton menjadi lebih kedap air.

Namun secara umum, salah satu fungsi dan tujuan utama dari penambahan admixture pada campuran beton adalah untuk meningkatkan daya tahan dan kemampuan strukturalnya agar tetap kokoh, bahkan di bawah tekanan cuaca ekstrem.

Jenis-jenis Bahan Penguat untuk Beton

Berdasarkan fungsinya dalam mengubah karakteristik beton, admixture atau bahan aditif penguat pada beton dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berbeda. Beberapa di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Bahan Pengurang Air

Jenis bahan penguat ini dapat membantu mengurangi jumlah air yang dibutuhkan untuk membuat campuran beton, sehingga biasa digunakan pada proyek konstruksi yang besar.

2. Bahan untuk Mempercepat Pengeringan

Sesuai namanya, jenis bahan penguat beton ini dapat membantu mempercepat laju hidrasi atau pengeringan semen/beton. Karena itu, jenis admixture ini lebih umum digunakan pada musim dingin.

3. Bahan Penstabil

Bahan aditif jenis ini dapat menghadirkan gelembung udara berukuran mikroskopis yang dapat menstabilkan beton agar tidak mudah retak, meningkatkan gaya kohesi, mengurangi segregasi, serta mencegah kebocoran air sebelum beton mengeras.

4. Bahan untuk Mencegah Penyusutan

Penyusutan pada beton umumnya bisa terjadi jika kandungan airnya tidak cukup, dan bisa memunculkan tekanan internal yang berujung pada retakan. Oleh karena itu, bahan ini berguna untuk memberikan daya tahan lebih.

5. Bahan Penghambat Korosi

Bahan penguat ini digunakan untuk beton pada tulangan baja yang mengandung ion klorida, sehingga rentan menimbulkan karat. Dengan jenis admixture ini, reaksi korosi penyebab karat bisa dicegah.

Selain berdasarkan fungsinya, penguat atau admixture beton juga dapat dibedakan berdasarkan bahannya, yaitu sebagai berikut:

6. Bahan Aditif Kimia

Terdiri atas bahan kimia dengan formulasi khusus yang dapat membantu mengatur kekerasan beton dan mengurangi biaya konstruksi.

7. Bahan Aditif Alami

Terbuat dari bahan alami yang dapat membantu mengurangi permeabilitas agar beton tidak mudah tembus air dan meningkatkan kekuatan beton.

Rekomendasi Admixture Beton dari PT Tosadah

Jadi, bahan aditif penguat khusus beton terdiri atas berbagai tipe berbeda yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis proyek konstruksi Anda. Sebagai solusi untuk memperoleh pilihan yang tepat, Anda dapat mengandalkan produk dari PT Tosadah.

Selain menyediakan cat besi anti karat untuk berbagai kebutuhan, Tosadah juga menawarkan berbagai admixture beton. Contohnya seperti Mapei Ultratop sebagai self levelling mortar, Mapefloor 302SL dengan resin epoxy, dan Mapefloor CPU/HD yang berbasis semen.

Tidak hanya produk cat besi saja, PT Tosadah juga memiliki produk lainnya. Salah satunya, obat pengeras beton yang bisa membuat beton tahan lama. Berikut, Jenis Obat Pengeras Beton beserta Fungsinya.

Untuk memperoleh material penguat beton dan cat besi anti karat sesuai kebutuhan konstruksi Anda, hubungi kami sekarang atau kunjungi page produk untuk informasi lebih lanjut. Temukan juga informasi bermanfaat lainnya di halaman blog Tosadah!

Bagikan Artikel :

Menu