...

Ketahui Jenis Cat Marine Berdasarkan Bagian Kapal

Perlautan
Cat Marine Tosadah

Cat marine sering digunakan terutama untuk lingkungan marine demi melindungi dari korosi dan sejenisnya. Cat jenis ini sangat dibutuhkan oleh kapal-kapal yang ada di laut untuk melindungi fisik maupun performanya.

Kapal sebagian besar terbuat dari besi, baja, alumunium, dan juga kayu di mana bahan ini memang kuat. Namun, sekuat apapun bahan yang digunakan, jika terus menerus terkena air baik air asin maupun tawar pasti akan terkena korosi juga.

Baca Juga: Cat Kapal Marine: Fungsi dan Bagian Kapal yang Harus Dicat

Risiko korosi ini memang sangat besar sehingga tidak mungkin dihindari namun bisa diminimalkan. Salah satunya dengan menggunakan lapisan khusus agar melindungi keseluruhan bagian.

Terutama pada kapal yang setiap hari harus terpapar sinar matahari langsung untuk bagian atas. Sedangkan bagian bawah terendam air laut dan terkadang air tawar sehingga dibutuhkan perlindungan khusus.

Jenis Kapal Marine

Jenis-jenis kapal marine atau kapal laut dibedakan berdasarkan fungsinya sehingga terdapat beberapa jenis. Secara umum, jenis-jenisnya kapal ini menggunakan cat marine untuk perlindungannya antara lain:

1. Kapal Kontainer

Jenis pertama ini sengaja dirancang khusus untuk menampung muatan yang jumlahnya banyak. Kegunaannya sama seperti truk kontainer yang Anda temukan di jalanan.

2. Kapal Pengangkut Massa

Kapal jenis ini biasa disebut juga dengan Bulk Carrier di mana fungsinya mengangkut kargo yang dikemas secara khusus. Barang-barang yang dimuat seperti batu bara, biji-bijian, dan sejenisnya di mana keunggulannya daya angkutnya besar.

3. Kapal Tanker

Jenis ini juga menggunakan cat marine karena membawa muatan cair dalam jumlah besar. Biasanya, tanker akan dibagi lagi berdasarkan jenis barang yang dibawa jadi jangan heran jika ada banyak jenisnya.

4. Kapal Penumpang

Sesuai dengan namanya, transportasi ini membawa khusus penumpang untuk media transportasi laut. Biasanya, fasilitas yang diberikan lebih bagus dibandingkan dengan angkutan barang dan melayani penyeberangan.

5. Kapal Angkatan Laut

Kapal angkatan laut merupakan kendaraan khusus bagi polisi laut untuk melakukan penjagaan atau patroli laut. Selain melindungi batas laut, kapal ini juga menjaga dari illegal fishing sehingga laut menjadi aman.

6. Kapal Lepas Pantai

Jenis satu ini memiliki tugas khusus yaitu membantu eksplorasi minyak serta pembangunan di sekitar laut. Karena fungsinya, kapal ini sangat penting sehingga menggunakan cat marine sebagai lapisan anti korosi.

7. Kapal Khusus

Jenis terakhir yaitu sengaja disediakan untuk tujuan khusus seperti kapal kesehatan di laut. Untuk menyediakan rumah sakit di laut tujuannya membantu daerah yang jauh dari pusat layanan kesehatan dan sejenisnya.

Apa Itu Cat Marine dan Keunggulannya?

Cat marine adalah cat untuk pelapisan laut yang melindungi sebagian besar bagian kapal dan sejenisnya dari air asin atau air tawar. Jadi, tidak hanya kapal saja, cat ini bisa digunakan untuk tanker, jembatan, dan sejenis lainnya.

Lapisan ini tentunya memiliki sifat fungsional karena dapat memberikan perlindungan para permukaan dengan baik. Selain itu, cat ini melindungi bagian terendam air dengan baik, seperti pada kapal dan tanker.

Tentunya, sudah menjadi rahasia umum jika air laut dapat menyebabkan korosi lebih cepat dibandingkan air tawar. Itu sebabnya, perlindungannya juga harus lebih kuat dibandingkan dengan lapisan cat pada umumnya.

Cat marine ini dianggap sebagai pelapis laut yang unggul terhadap korosi maupun abrasi. Contohnya adalah korosi pitting maupun bakteri yang paling sering terjadi pada kapal besar.

Korosi ini memberikan dampak negatif terutama mempengaruhi kinerja serta umur dari kapal tersebut. Tidak heran jika dibutuhkan banyak biaya untuk melakukan perawatan terhadap korosi laut ini.

Dibutuhkan strategi untuk bisa mengatasi permasalahan ini salah satunya menggunakan cat untuk lapisan laut. Selain memberikan manfaat untuk menjaga ketahanan dari korosi, hal ini membuat area yang dilapisi mudah dibersihkan.

Keunggulan Cat Marine

Itu sebabnya, Anda tidak memerlukan banyak biaya untuk perawatan termasuk lebih hemat biaya tenaga kerja.

Cat marine ini memiliki banyak keunggulan seperti:

1. Mampu memberikan perlindungan hingga bertahun-tahun.

2. Tahan terhadap korosi dan mencegah berbagai organisme menempel pada besi dan sejenisnya.

3. Membuat tampilan luar menjadi lebih menarik, mengkilap, dan terkesan seperti baru.

4. Harga cat jenis ini juga sebanding dengan kualitas yang diberikan sehingga bisa dianggap tidak terlalu mahal.

5. Banyak pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga warna dihasilkan tidak monoton.

6. Lebih hemat biaya perawatan karena mudah dibersihkan dan tidak mudah terkelupas.

7. Membuat kinerja mesin kapal tetap maksimal karena terhindar dari risiko korosi.

8. Investasi jangka panjang karena kualitas cat marine tidak perlu diragukan lagi.

Jika Anda membutuhkan cat pelapis ini untuk merawat kapal, PT Tosadah siap memberikan solusi terbaik. Sebagai distributor cat anti karat yang sudah berpengalaman dalam bidang ini tentu kami bisa memberikan kualitas unggul.

Menyediakan berbagai jenis produk kelas dunia dengan standar layanan Internasional membuat kami memiliki banyak pelanggan. Jangan sungkan untuk hubungi kami jika membutuhkan cat marine melalui laman kontak kami.

Baca Juga: Fungsi, Area Pengecatan, dan Jenis-Jenis Cat Kapal Terbaik

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu