...

Kenali 3 Jenis Kontak Makanan Sebelum Pakai Cat Food Grade

Solusi
Cat Food Grade Tosadah

Bagi industri makanan, penggunaan pelapis atau cat food grade sangat penting karena makanan nantinya dikonsumsi manusia yang erat kaitannya dengan kesehatan. Terdapat 3 (tiga) jenis kontak langsung pada makanan, yaitu zat kontak langsung, tidak langsung, dan insidental.

Selain itu, penggunaan bahan yang kurang terstandar bisa mengakibatkan dampak buruk untuk jangka panjang. Maka, penting untuk memahami jenis-jenis kontak makanan sebelum memilih cat supaya tetap aman dalam mengaplikasikannya. Nantinya, hasil akhir pengecatan akan aman bagi konsumen tanpa menyebabkan efek negatif.

Tahukah Anda bahwa cat food grade terdiri dari beberapa jenis? Ketahui 4 Jenis Cat Besi Food Grade untuk Besi. Gunakan jenis cat food grade yang sesuai untuk kebutuhan aset besi Anda.

Apa Itu Cat Besi Food Grade?

Secara singkat, cat food grade adalah pelapis aman untuk furniture atau perabotan yang bersentuhan langsung dengan makanan. Bagian seperti kitchenette, talenan, kotak penyimpanan makanan, keranjang, rak makanan perlu menggunakan pelapis ini.

Tujuan utama pengaplikasian cat adalah memastikan bahwa makanan yang diproduksi atau disimpan bebas dari kontaminasi dan bakteri. Kontaminasi bakteri ini merupakan penyebab utama kerusakan makanan.

Tanpa melapisi dengan bahan yang tepat, risikonya yang mengancam akan jauh lebih besar. Bagi produsen misalnya, kontaminasi makanan menyebabkan produk tidak laku dijual. Belum lagi, komplain dari konsumen yang pada akhirnya akan menurunkan kepercayaan.

Dalam industri makanan, terdapat standar yang harus dipatuhi dalam penggunaan cat food grade. Penggunaan cat biasa tidak aman sebab rata-rata mengandung senyawa organik yang mudah menguap.

Senyawa yang mudah menguap tersebut umumnya berfungsi sebagai pelarut. Pelarut ini akan dilepaskan ke udara saat cat mulai mengering. Risikonya akan menimbulkan berbagai keluhan kesehatan seperti sakit kepala, mual, dan sebagainya.

Industri apa saja yang memerlukan cat food grade? Pertama, tentu saja produsen makanan dan minuman. Kemudian, penjual katering, restoran, bar, dan sejenisnya juga memerlukan jenis cat ini. Industri tersebut membutuhkan standar kebersihan tinggi.

Contoh lain yang memerlukan pelapisan aman untuk makanan adalah sekolah dan pabrik. Sekolah dan pabrik dengan fasilitas kantin perlu memastikan semua bahan pangan aman dikonsumsi.

Karenanya, penting bagi berbagai jenis industri untuk menggunakan cat food grade dengan kualitas terbaik agar makanan tidak terkontaminasi zat lain. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendapatkan cat food grade berkualitas dari PT Tosadah. Hubungi PT Tosadah di sini.

Ketahui Jenis Kontak Makanan

Kontak di sini maksudnya adalah setiap permukaan yang bersentuhan langsung dengan makanan. Permukaan yang bersentuhan tersebut harus terbuat dari bahan aman.

Jaminan keamanan bukan hanya dari bahan permukaan yang digunakan, tetapi juga paparan senyawa dari pembersih, bahan sanitasi, dan prosedur pembersihan. Untuk jenisnya, kontak makanan sendiri terdiri dari 3 jenis.

1. Zat Kontak Langsung

Jenis ini berarti zat menyentuh atau kontak dengan makanan secara langsung. Hal ini dapat menyebabkan menyebabkan adanya bahan tambahan makanan langsung atau tidak langsung.

2. Kontak Tidak Langsung

Bahan bersentuhan dengan produk konsumsi, seperti pada bagian luar kemasan makanan, seperti kemasan tertutup karton, kardus, plastik penutup luar kemasan. 

3. Bahan Kontak Insidental

Bahan kontak insidental berarti bahan jarang kontak dengan produk consumer goods. Adapun terjadinya kontak tidak bertujuan tertentu atau terjadi terus menerus. Misalnya, bahan bersinggungan dengan bagian asing dari mesin pengolahan di mana kontak tersebut tidak sengaja, maka hal itu dianggap insidental.

Mesin press pada kemasan minuman segar juga termasuk dalam bahan kontak insidental sebab bersentuhan langsung pada kemasan hanya dalam beberapa detik saja. Jadi, risiko kontaminasi lebih kecil dibanding kontak langsung dan tidak langsung.

Kontak jenis ini sifatnya sementara dan umumnya tidak disengaja. Meski begitu, tetap saja berpotensi menimbulkan kontaminasi bakteri. Ini yang perlu diperhatikan sehingga penting untuk menggunakan cat food grade.

Pelapis yang aman bagi produk konsumsi dapat menghambat pertumbuhan kontaminasi bakteri. Jika menggunakan produk pelapis berkualitas, bahan-bahan kontaminan tersebut tidak dapat menempel pada permukaan.

Pilih Cat Food Grade Terbaik

Setelah mengetahui macam kontak diatas, saatnya Anda bijak dalam memilih jenis cat atau pelapis. Jika terdapat kontak langsung, artinya ada bahan tambahan dalam produksi maka perlu mengikuti aturan dari USDA dan FDA.

Kedua lembaga tersebut berwenang mengelola aspek standar makanan. Pada intinya, pelapis produk-produk konsumsi, baik langsung maupun tidak langsung, harus menggunakan bahan yang disetujui oleh FDA. Jenis pelapis sudah mendapat persetujuan, artinya aman baik untuk bersentuhan langsung maupun tidak langsung.

Paling aman adalah pelapis dengan kandungan water-based atau air sebab lebih cepat kering saat diaplikasikan sehingga mengurangi resiko adanya pencampuran atau kontak langsung. 

Umumnya, cat jenis ini menghasilkan permukaan mengkilap pada saat diaplikasikan. Cat ini tidak bersifat mudah larut, baik dalam kondisi suhu tinggi maupun rendah dan tidak menimbulkan bau menyengat yang bisa mengkontaminasi aroma asli produk.

Berkaitan dengan keamanan produk konsumsi, jenis pelapis harus terstandar. Di Indonesia, cat pelapis minimal sudah memenuhi syarat SNI. Untuk itu, ada jaminan bagi konsumen yang membeli dan mengkonsumsi produk.

Untuk mendapatkan bahan pelapis berkualitas serta aman, Anda bisa menghubungi Tosadah. Tosadah sangat berpengalaman sebagai distributor cat food grade yang menjamin produk consumer goods Anda aman bagi konsumen. Hubungi Tosadah di sini.

Tak hanya untuk food grade, terdapat pula cat yang berfungsi untuk melapisi aset besi yang terkena suhu tinggi. Cat tersebut umumnya disebut sebagai Cat Besi Tahan Panas. Lantas, Apa Itu Cat Besi Tahan Panas? Ini Penjelasan dan Jenisnya.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu