...

Ketahui 4 Jenis Cat Besi Food Grade untuk Besi

Solusi
Cat Besi Food Grade Tosadah

Cat besi food grade dibuat dengan menggunakan kadar timbal yang cukup rendah. Hal ini dimaksudkan agar aman untuk digunakan pada aset yang berkenaan langsung dengan makanan. 

Jenis cat ini juga memegang peran penting dalam industri makanan. Hal ini dikarenakan, kasus keracunan makanan tidak sedikit jumlahnya setiap tahun. Banyak aspek dapat menjadi faktor penyebab kasus tersebut, tetapi salah satunya bisa dari komponen cat yang digunakan pada mesin pembuat makanan. 

Baca Juga: Begini Alasan Cat Besi Primer Krusial dalam Pengecatan

Maka dari itu, penting bagi industri makanan untuk memastikan cat yang digunakan sudah aman. Kami menyarankan memilih jenis food grade yang menang sudah terbukti mutunya, salah satunya cat food grade dari PT Tosadah dengan kualitas terbaik.

Berbagai Jenis Cat Besi Food Grade

Perlu diketahui bahwa jenis cat yang aman untuk makanan sendiri dibagi menjadi empat jenis. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sebelum Anda memilihnya, pahami dulu apa saja berbagai jenis tersebut agar tidak salah memilih. Berikut ini kami akan memberikan pembahasan mengenai masing-masing jenis.

1. Polytetrafluoroethylene (Teflon)

Cat besi food grade jenis pertama adalah Polytetrafluoroethylene atau yang disebut dengan teflon. Penggunaannya untuk gedung dan pabrik sangat disarankan karena kemampuannya dalam menolak udara dan cairan.

Artinya, dengan memakai jenis ini kemungkinan logam tersebut mengalami permasalahan korosi sangat minim. Kondisi ini terjadi akibat teflon mampu menghambat terjadinya syarat oksidasi yang jadi penyebab utama korosi.

Selain itu, PTFE ini dikenal memiliki lapisan antilengket, maka dari itu menggunakannya sebagai dasar pada logam sangat disarankan. Ketahanannya terhadap suhu sudah teruji, kemungkinan korosi sangat kecil.

Kecuali setelah diaplikasikan terkena bahan kimia dengan tingkat keasaman tinggi. Jenis teflon ini tidak akan sanggup menghambat terjadinya korosi, maka dari itu sistem perawatannya harus benar dan tepat.

2. Fluorinated Ethylene Propylene

Cat besi food grade berikutnya adalah Fluorinated Ethylene Propylene. Sifatnya hidrofobik atau tahan terhadap air baik berupa cair atau gas. Selain itu, kemampuannya dalam menahan berbagai bahan kimia juga bagus.

Bahkan untuk berbagai senyawa termasuk pada tekanan suhu tinggi. Jadi, penggunaannya untuk pabrik atau gedung dapat bertahan lama. Tidak heran pemakaiannya juga menjadi salah satu rekomendasi terbaik.

3. Electropolishing Steel

Cat besi food grade berikutnya adalah Electropolishing Steel. Tetapi, perlu diketahui bahwa produk ini bukan untuk besi, melainkan digunakan berbagai bahan baja. Produknya tetap aman untuk manusia.

Lalu, bagaimana ketahanannya melawan korosi? Menurut penelitian sangat baik dan bisa bertahan lama. Jika, Anda memakai bahan selain besi misalkan alumunium, produk ini dapat direkomendasikan karena ketahanannya memang luar biasa.

Hanya saja, jangan sampai terkena bahan kimia. Kelemahan utama dari Electropolishing Steel ini adalah kesulitan menghadapi berbagai senyawa kimia. Perlindungannya kurang efektif, bahkan beberapa setelah terkena bisa mempercepat proses oksidasi.

4. Antimicrobial Coating

Cat besi food grade jenis terakhir adalah Antimicrobial Coating. Bisa dikatakan produk ini memiliki keunggulan lebih banyak dibandingkan dengan jenis lainnya. Kemampuannya sangat efektif dalam melawan berbagai macam bakteri yang menempel.

Bakteri ini juga berperan besar menjadi penyebab utama terjadinya korosi. Ketahanannya terhadap suhu serta bahan kimia juga sudah teruji. Inilah alasannya beberapa pekerja merekomendasikannya.

Antimicrobial mempunyai lapisan aktif berupa serbuk perak yang mampu merusak DNA dari bakteri itu sendiri. Selain itu ada juga pelapisan pasif, kemampuannya sangat bagus dalam menahan berbagai serangan mikroba.

Dengan mengetahui berbagai jenisnya, Anda bisa memilih dan menyesuaikannya berdasarkan kebutuhan. Perlu diketahui cat besi food grade ini sangat penting bagi industri makanan untuk mencegah dari hal buruk yang tidak diinginkan terjadi.

Baca Juga: Ketahui 5 Cara Menentukan Cat untuk Besi untuk Hasil Terbaik

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu