...

Inspirasi Desain Rumah dengan Kanopi Besi atau Baja Ringan

Perumahan
Inspirasi Kanopi Tosadah

Kanopi merupakan atap tambahan yang biasa dipasang di depan rumah. Fungsinya untuk melindungi halaman rumah, teras, atau garasi (carport). Khusus untuk garasi inspirasi kanopi yang sering Anda temukan pasti berupa rangka atap yang terbuat dari bahan metal.

Penambahan kanopi di bagian luar rumah bisa menunjang tampilan desain eksterior rumah. Namun lebih dari sekedar aksen pelengkap, kanopi memiliki banyak fungsi. Tak hanya itu, kanopi dapat melindungi teras atau halaman rumah dari teriknya sinar matahari dan air hujan.

Kanopi dapat menjaga halaman rumah bersih dari dedaunan dan ranting pohon atau benda lain yang jatuh dari ketinggian. Kanopi juga memberikan suasana yang lebih teduh dan sejuk.

Mengapa Memilih Material Besi untuk Kanopi?

Perlu diketahui, kanopi yang terbuat dari bahan metal biasanya menggunakan besi hollow, baja ringan, atau stainless steel. Kanopi besi dinilai memiliki struktur yang lebih kuat sehingga risiko kanopi runtuh atau hancur diterpa angin sangat minim.

Kanopi dengan material besi juga lebih tahan lama. Tahan akan perubahan cuaca ekstrem dan tidak akan rusak oleh rayap, serta tidak akan berubah bentuk sehingga bisa melindungi bagian depan rumah dengan maksimal. Karena itu lah inspirasi kanopi banyak merekomendasikan kanopi besi. 

Kanopi dengan bahan besi atau baja ringan juga lebih mudah cara perawatannya. Anda hanya perlu membersihkannya menggunakan air dan lap. Kemudian melakukan pengecatan rangka kanopi secara berkala.

Selain itu kanopi besi memiliki desain yang minimalis. Modelnya sederhana cocok untuk rumah dengan desain modern.

Inspirasi Kanopi: Desain Rumah dengan Kanopi Besi

Bagi Anda yang tertarik memasang tambahan kanopi besi atau baja ringan di depan rumah, berikut ini beberapa contoh desain kanopi untuk hunian Anda:

1. Kanopi Melengkung

Kanopi melengkung bisa diterapkan pada rumah dengan bentuk mungil. Dapat memberikan kesan dinamis dan melengkapi eksterior rumah. Kanopi melengkung biasanya terbuat dari bahan stainless steel untuk bagian rangka dan dilapisi cat anti karat dari PT Tosadah. Lalu atapnya menggunakan polikarbonat. 

Anda bisa memilih menggunakan polikarbonat yang transparan jika menginginkan tambahan pencahayaan. Tapi bila Anda ingin mengurangi paparan sinar matahari ke garasi, sebaiknya pilih polikarbonat dengan warna solid. 

2. Variasi Tanaman Rambat

Bagi Anda yang menyukai tanaman atau ingin memberi kesan natural, bisa memilih inspirasi kanopi dengan variasi tanaman rambat. Anda hanya perlu membuat penyangga di satu sisi, kemudian rangka atapnya dibiarkan bolong. 

Tanaman rambat yang bisa digunakan adalah tanaman sulur. Misalnya tanaman buah markisa, daun sirih, bougenville, clematis, allamanda, morning glory, dan jenis tumbuhan rambat lainnya. 

3. Kanopi dengan Penutup Kaca

Inspirasi kanopi dengan penutup kaca bisa jadi pilihan alternatif. Terutama bila Anda membutuhkan pencahayaan yang banyak di bagian teras dan garasi. Di samping itu penggunaan kanopi kaca juga bisa memberikan kesan luas, modern, dan juga minimalis.

Pada kanopi kaca, baja digunakan sebagai rangka penyangga. Kemudian bagian atas lembaran kaca yang tebal dipakai sebagai penutup atap. Namun, bagi Anda yang menginginkan kanopi kaca, bersihkan secara rutin karena noda dan kotoran lebih mudah terlihat pada permukaan kaca. 

Tiga jenis atap tambahan di atas bisa jadi inspirasi kanopi untuk rumah minimalis Anda. Pilih jenis kanopi yang sesuai dengan kebutuhan dan gaya desain rumah Anda. 

Cara Memelihara Kanopi Besi agar Awet

Seringkali kanopi luput dari perhatian pemilik rumah. Meskipun kanopi besi kuat dan tahan lama, tapi jika Anda tidak melakukan perawatan secara rutin tampilan kanopi akan berkurang. Kanopi terlihat kusam dan akhirnya mempengaruhi tampilan eksterior rumah. 

Anda juga dapat mencegahnya sebelum cat kanopi menipis dan tidak enak dipandang. Cegah besi karat dengan pengecatan, implementasi dengan baik, dan hindari besi dari pemicu karat.

Selain itu kanopi yang dibiarkan dan tidak dibersihkan secara rutin bisa menyebabkan lumut tumbuh dan merambat ke tembok bangunan. Rangka kanopi yang terbuat dari besi juga lama kelamaan mengelupas catnya dan berkarat, karena faktor cuaca. 

Nah, untuk memelihara kanopi besi supaya awet, lakukan tiga cara di bawah ini untuk menjaga kondisi kanopi rumah tetap bersih dan kokoh:

1. Menyemprot Kanopi dengan Air

Pastikan Anda rutin mengecek kebersihan kanopi. Terutama di musim kemarau di mana kanopi akan lebih cepat kotor. Akibat debu dan kotoran yang menempel serta dedaunan kering yang menutupi kanopi. 

Cara membersihkan kanopi sangat mudah, Anda hanya perlu menyemprotkan air ke permukaan kanopi. Bersihkan juga rangka besi atau baja ringan menggunakan kain lap. Kemudian bersihkan daun-daun kering yang bisa menyumbat talang air. 

2. Memperbaiki Permukaan Kanopi

Perbaiki permukaan kanopi yang lepas dengan lem silikon atau  silicone sealant  yang bisa merekatkan material kaca, polikarbonat, uPVC, dan material lainnya.

Lem silikon terkenal elastis, tidak berwarna, memiliki daya rekat yang kuat walau terkena air, dan yang paling penting, tahan cuaca. Cocok untuk memperbaiki kanopi.

Bila dalam jangka waktu yang lebih panjang lem mongering dan permukaan kanopi kembali lepas, Anda bisa mengaplikasikan  ulang lem perekat. 

3. Mengecat Kanopi Secara Berkala

Jika rangka kanopi sudah mulai pudar atau terlihat kusam, sebaiknya Anda mengecat ulang. Gunakan cat epoxy yaitu cat anti karat. Kemudian aplikasikan cat polyurethane untuk menjaga kanopi dari kondisi cuaca yang berubah-ubah. 

Demikian penjelasan inspirasi kanopi dan cara merawatnya. Untuk cat pelapis anti karat Anda dapat menggunakan Cat Epoxy Primer dari PT Tosadah yang teruji mampu memperlambat proses korosi. Produk ini mampu memberikan tampilan yang menarik dengan pilihan warna beragam! 

Selain itu, untuk menambah daya tahan kanopi agar lebih awet dan tahan lama. Anda dapat menggunakan cat primer anti karat. Sehingga, dengan hal tersebut Anda dapat menjaga kualitas kanopi lebih baik.

Nah, apakah Anda adalah pebisnis konstruksi yang sedang mengembangkan perumahan? Atau ingin ketahui produk ini lebih lanjut? Maka klik tautan ini untuk dapatkan informasi tentang cat pelapis anti karat PT Tosadah selengkapnya!

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu