...

3 Jenis Cat Pagar dan Rekomendasi Warna Populer 2024

Perumahan
Cat Pagar untuk Pagar Besi Warna Merah PT Tosadah

utnya,Cat pagar menjadikan tampilan pagar lebih segar dan menarik. Terdapat berbagai pilihan warna cat populer yang bisa Anda pilih untuk menghiasi pagar bangunan. Ini bisa Anda sesuaikan dengan konsep bangunan tersebut, sehingga meningkatkan nilai estetika bangunannya.

Pagar terbuat dari berbagai jenis material, mulai dari kayu hingga besi. Begitu pula dengan cat untuk pagar yang memiliki macam-macam jenis. Selain memahami Cat Pagar Besi: Tips Memilih dan Rekomendasi Produk Anti Karat, sebaiknya ikuti pembahasan tentang jenis cat berikut ini!

3 Jenis Cat Pagar 

Untuk mewarnai pagar bangunan, terdapat lebih dari satu opsi yang bisa dipertimbangkan. Faktor seperti material pagar hingga bahan dasar pembuatan cat untuk pagar jadi hal yang menentukan. 

Mendapatkan cat untuk pagar kini lebih mudah, sebab Tosadah menyediakan Cat Household yang ampuh cegah risiko kerusakan. Anda bisa intip jenis-jenis cat untuk pagar melalui pembahasan berikut ini: 

1. Cat Berbasis Air

Jenis cat untuk pagar dengan bahan dasar dan formula air ini bisa Anda sebut sebagai cat akrilik atau cat lateks. Anda perlu menggunakan jenis cat yang multifungsi serta cocok untuk pagar. Penggunaannya di atas material pagar, bukan direndam dalam catnya. 

Kemudian, cat untuk gerbang besi satu ini memiliki sifat fleksibel. Sifat tersebut mengartikan bahwa cat dapat menyusut atau pun mengembang seiring perubahan suhu. Ini yang membuat cat tahan terhadap risiko retakan dan melepuh.

Memilih cat anti karat untuk pagar besi pun kini lebih mudah. Anda tinggal menerapkan tips pemilihannya agar menemukan produk yang terbaik.

Cat berbasis air sering dianggap lebih baik untuk lingkungan. Khususnya, ketika dibandingkan dengan cat untuk pagar berbasis minyak tahun 2024. 

Pengeringan cat lebih cepat pula bila dibandingkan dengan cat berbahan dasar minyak. Tetapi, sebaiknya Anda memeriksa pagar setelah kering untuk mengetahui apakah pagar memerlukan lapisan cat kedua.

2. Cat Berbasis Minyak

Cat berikutnya merupakan cat dengan bahan dasar minyak. Selanjutnya, cat ini bersifat tahan lama, serta meresap ke permukaan. Kualitas hasil cat pada permukaan pagar adalah mengkilap. 

Cat ini hanya membutuhkan pelapisan satu kali saja untuk menutupi seluruh permukaan. Setelah diaplikasikan pada permukaan, cat akan meresap dengan mudah. Hal tersebut mungkin dikarenakan daya rekat cat yang baik, serta didukung oleh sifat memblokir noda yang dimilikinya.

Apabila Anda bandingkan dengan cat berbasis air, daya tahannya jauh lebih tahan lama. Lalu, cat berbasis minyak jadi pilihan ideal ketika ingin mengecat bagian eksterior rumah. 

Contohnya, cat berbasis minyak untuk pagar logam. Sifat cat yang mampu mencegah noda dan karat menyempurnakan aplikasi cat dari minyak satu ini pada pagar logam.

Untuk pagar kayu, aplikasi cat berbasis minyak ini menutupi butiran kayu serta retakan lainnya pada pagar. Adapun waktu pengeringan cat berbasis minyak akan lebih lama dibandingkan dengan cat berbasis air. 

3. Primer

Ketika mengaplikasikan cat pada pagar, primer jadi lapisan pertama. Produk ini dapat diaplikasikan sebelum menutupi permukaan dengan cat. Primer akan menjadi lapisan pengikat pada permukaan pagar, sehingga bisa tersegel sebelum pagar dicat.

Manfaat pengaplikasian primer tidak lain untuk membuat cat menempel lebih baik pada permukaan gerbang. Selain itu, primer akan melindungi dan mencegah permukaan pagar dari pembentukan jamur ketika hujan.

Jika Anda menggunakannya pada kayu eksterior, maka primer bisa menghalangi noda tanin kayu. 

Anda bisa mengetahui apakah gerbang memerlukan primer atau tidak dari memeriksa warna cat gerbang besi. Baik itu berbasis air atau minyak, bila cat telah memiliki sifat self-priming maka tidak memerlukan primer lagi. Sebab, formula cat telah dibentuk agar memiliki daya rekat yang baik. 

Bila mencari cat primer anti karat bermutu, Cat Primer Household dari PT Tosadah patut dicoba karena bisa diaplikasikan ke berbagai material pagar. Kunjungi laman blog, produk, dan kontak untuk informasi detailnya.

7 Rekomendasi Warna Cat Pagar Populer

Setelah mengetahui berbagai jenis cat khusus pagar, mari ketahui warna apa saja yang populer untuk dijadikan sebagai warna pagar berikut ini:

1. Biru

Bagi Anda yang menyukai nuansa netral dan menenangkan, biru menjadi warna yang ideal untuk pagar bangunan. Pilih warna biru yang sesuai dan tepat, dengan melihat kecocokannya terhadap konsep dan suasana keseluruhan bangunan.

Anda bisa menyandingkan pagar biru dengan tembok bangunan berwarna krem, abu-abu, hingga putih. Jadi, suasana yang diciptakan netral dan tidak mendominasi.

2. Putih

Untuk menonjolkan estetika bangunan, pagar berwarna putih jadi pilihan yang cerdas. Ini berkaitan dengan kesan bersih yang diberikan oleh warna putih. Terlebih bila Anda aplikasikan pada pagar besi, yang mana akan membuat tampilan bangunan menjadi mewah.

Bila konsep bangunannya minimalis, modern, hingga industrialis, menerapkan warna putih penuh untuk pagar bangunan adalah ide bagus.

3. Hitam

Warna cat besi andalan yang tidak pernah salah adalah hitam. Warna ini akan membuat bangunan terkesan elegan serta mewah. Selain itu, Anda juga bisa membuat bangunan terlihat stylish dan juga modern. Tinggal dipadu padankan saja sesuai konsep dan tema bangunan.

Untuk bangunan yang mewah, Anda bisa memadukan warna hitam dengan emas. Tambahkan ukiran pada pagar akan menyempurnakannya. 

4. Beige

Kesan hangat adalah apa yang dipancarkan dari warna beige. Menggunakan warna ini untuk pagar bangunan akan menampilkan estetika yang elegan dan menenangkan. Terutama bila desain pagar sederhana dan tidak banyak ukiran, sehingga kesan hangat semakin ditonjolkan.

5. Cokelat

Warna cat yang tidak kalah menarik adalah cokelat. Pagar dengan warna cokelat yang dipadukan dengan tanaman hias di sekitarnya memberikan kesan menyatu dengan alam.

Pemilihan warna cokelat tua atau cokelat muda bisa Anda sesuaikan dengan warna tembok bangunan. Konsep pengecatan pun bisa memilih, apakah gaya monokrom atau kombinasi dua warna cokelat tua dan cokelat muda.

Untuk finishing agar warna cat terlindungi dari perubahan cuaca, menggunakan cat finishing coating Besi dari Tosadah jadi langkah yang ideal.

6. Abu-Abu

Abu-abu adalah opsi alternatif andalan untuk Anda yang merasa hitam terlalu suram sebagai warna pagar bangunan. Warna ini cocok untuk konsep bangunan yang elegan, minimalis, serta modern. 

Perpaduan pagar berwarna abu-abu dan juga dinding berwarna putih cukup kontras. Ini membuat kedua elemen warna saling melengkapi. Abu-abu sebagai warna dalam kategori gelap, akan dinetralkan dengan warna putih yang menonjolkan nuansa cerah di sekeliling pagar.

7. Hijau

Warna hijau ideal untuk bangunan dengan konsep green living. Kesan sejuk, nyaman, hingga teduh jadi daya tarik utama warna hijau untuk pagar bangunan. Padukan dengan tanaman di sekeliling pagar akan lebih sempurna.

Berbagai jenis atau varian cat dan inspirasi warna yang populer ini semoga bisa menjadi referensi menarik bagi Anda. Untuk pagar besi, sebaiknya Anda mengetahui metode Paling Tepat, Begini Cara Menggunakan Cat Besi untuk Pagar yang praktis.

PT Tosadah memiliki produk berkualitas yang tersedia untuk pemesanan. Ada cat besi anti karat Household yang terbagi menjadi dua jenis yaitu cat primer Household dan cat finish coating besi Household.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut! Jangan lupa kunjungi halaman produk dan blog kami untuk wawasan menarik seputar cat untuk pagar!

Bagikan Artikel :

Menu