...

Cat Tahan Bahan Kimia, Solusi Pengecatan Eksterior Oil Tank

Solusi
Cat Tahan Bahan Kimia Tosadah

Untuk menghindari risiko cairan yang mudah terbakar, tangki minyak (oil tank) umumnya terbuat dari logam berupa besi. Namun, material ini cenderung mudah berkarat, sehingga dibutuhkan cat tahan bahan kimia sebagai pelapis di bagian eksteriornya.

Pada dasarnya, cat besi yang tahan bahan kimia adalah jenis cat yang dirancang khusus untuk melindungi permukaan logam dari korosi dan zat kimia. Jenis cat ini biasanya digunakan pada permukaan besi yang rentan terkena cuaca ekstrem atau di industri khusus.

Jika Anda tertarik dengan cat yang tahan dengan bahan kimia, pastikan untuk menbaca ulasan selengkapnya mengenai Industri yang menggunakan cat besi tahan panas. Cat tersebut mungkin juga diperlukan mengingat tangki minyak juga dapat digunakan untuk bahan cair yang panas.

Tipe-tipe Cat Tahan Bahan Kimia untuk Eksterior Tangki Minyak

Untuk memperoleh hasil lapisan yang baik, permukaan oil tank yang akan dicat harus berada dalam kondisi bersih dari karat, kotoran, dan minyak.

Jika permukaannya sudah bersih dan halus, tahap selanjutnya adalah memilih jenis cat yang akan diaplikasikan. Berikut ini beberapa jenis cat yang paling banyak digunakan:

1. Bahan Epoxy

Cat logam berbasis epoxy dapat melindungi permukaan substrat dari bahan kimia seperti asam, alkali, pelarut, cairan kaustik, bahan bakar, asam lemak, larutan garam atau gula, deterjen pembersih, dan lain sebagainya.

Selain membantu perlindungan secara termal, cat epoxy-based juga menawarkan ketahanan yang sangat baik terhadap benturan. Tak hanya itu, epoxy juga dikenal sebagai cat yang sangat tahan korosi (karat) dan abrasi.

2. Bahan Polyurethane

Cat berbasis polyurethane (PU) adalah jenis cat yang umum digunakan dalam industri kayu, otomotif, dan penerapan di luar ruangan karena sifatnya yang kuat terhadap cuaca, sinar UV, goresan, dan bahan kimia.

Cat polyurethane juga dikenal tahan terhadap cairan kaustik organik, asam dan basa, bahan bakar dan minyak hidrolik, serta pelarut. Oleh karena itu, jenis cat ini sangat cocok untuk digunakan pada bahan-bahan yang membutuhkan perlindungan tinggi seperti tangki bahan bakar bermaterial besi. 

3. Bahan Phenolic

Pilihan cat tahan bahan kimia selanjutnya adalah cat berbasis fenolik (phenolic-based). Bahan ini dikenal tahan terhadap bentuk pekat asam sulfat, asam klorida, cairan transmisi, bensin, formaldehida, fenol, dan berbagai bahan kimia lainnya. 

Selain itu, jika dibandingkan dengan cat pelapis berbasis PU dan epoxy, bahan ini lebih ideal untuk pH rendah dan suhu tinggi. Oleh karena itu, cat berbasis fenolik bisa menjadi opsi untuk melapisi permukaan tangki minyak di lingkungan bersuhu tinggi.

4. Bahan Fluoropolymer

Salah satu keunggulan dari cat berbasis fluoropolimer adalah sifatnya yang tidak lengket. Selain itu, cat berbahan ini dikenal tahan terhadap berbagai bahan kimia, termasuk asam sulfat pekat, nitrat, hidroklorik, dan fosfat.

Beberapa cat berbasis fluoropolimer juga mampu menahan suhu tinggi (300°C) dan menawarkan ketahanan abrasi yang baik. Jadi, Anda bisa menggunakannya sebagai opsi untuk melapisi eksterior tangki.

Di antara keempat tipe cat di atas, cat epoxy dan polyurethane adalah 2 jenis bahan yang paling banyak diaplikasikan di industri. Metode aplikasinya beragam, bisa menggunakan  spray, brush, ataupun roller, tergantung pada kondisi permukaan dan spesifikasi cat.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kondisi lingkungan juga dapat mempengaruhi kinerja cat agar lebih tahan bahan kimia. Suhu dan kelembaban dapat mempengaruhi waktu pengeringan dan kinerja cat. Jadi, perhatikan kondisi lingkungan sebelum mengaplikasikan cat. 

Faktor lingkungan memang perlu diperhatikan ketika pengecatan, akan tetapi tak perlu khawatir untuk bingung bagaimana dengan proses pengecatan. Anda hanya perlu Kenali 5 Metode Pelapisan Cat Industri Paling Populer yang dapat membantu pengecatan pada oil tank. 

Selain itu, faktor lain yang tidak kalah penting adalah pemilihan produk cat. Pastikan untuk memilih cat tahan bahan kimia berkualitas agar kinerjanya lebih terjamin. PT Tosadah menyediakan berbagai pilihan produk cat besi anti karat yang juga tahan bahan kimia. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi kami di sini.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu