...

Cat Resin Epoxy: Pengertian, Keunggulan, Fungsi

Solusi
Cat Resin Epoxy PT Tosadah

Cat resin epoxy merupakan jenis pelapis yang Anda butuhkan untuk permukaan lantai dengan standar ketahanan terhadap bahan kimia, abrasi, panas, maupun air, seperti pada area industri semacam pabrik.

Resin epoxy ini akan dicampur dengan pengeras untuk pengaplikasiannya. Kegunaannya pada area industri akan menguntungkan, sebab resin epoxy membuat lantai tidak mudah aus dan tergores. 

Anda yang mengelola industri apa saja, terutama yang berkaitan dengan bahan kimia, mari simak artikel ini hingga akhir!

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai resin epoxy, penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan resin epoxy untuk lantai. Tujuannya, agar lapisan lantai bisa bertahan lama. Berikut Epoxy Resin Lantai: Fungsi, Kelebihan, dan Kekurangan.

Pengertian Cat Resin Epoxy

Resin epoxy merupakan pelapis lantai, atau floor coating, yang berbahan dasar resin epoxy. Pelapis ini perlu dicampur bersama bahan pengeras, atau hardener, ketika digunakan sehingga dari bentuk yang cair berubah menjadi padat dan bersifat sangat kuat.

Kegunaan resin epoxy umumnya pada permukaan lantai yang harus tahan terkena bahan kimia terus menerus, seperti pabrik hingga area medis. Selain itu, pada area yang harus tahan terhadap beban, seperti gudang yang menjadi tempat penyimpanan barang.

Pelapis resin epoxy tersedia dalam berbagai warna, sehingga bisa disesuaikan dengan konsep ruangan. Seperti Mapei Ultratop dari PT Tosadah, yang merupakan self levelling mortar dengan sifat cepat kering, bisa menebalkan lapisan lantai area industri Anda. Lantai pun jadi tahan terhadap beban berat serta anti gores.

4 Keunggulan Resin Epoxy

Terdapat berbagai keunggulan dari resin epoxy yang bisa menguntungkan operasional industri Anda, contohnyai:

1. Tahan Segala Bahan Kimia

Keunggulan pertama adalah resin epoxy tahan terhadap berbagai bahan kimia. Ini akan menguntungkan bagi Anda yang mengelola pabrik hingga rumah sakit. Jika terdapat oli kotor jatuh, membersihkannya cukup dilap saja.

Begitu pula ketika terdapat cairan kimia mendidih yang jatuh, rumah sakit dengan lantai epoksi tidak akan retak.

2. Tahan Air

Resin epoxy pun bisa membuat lantai tahan dengan kelembapan dan air, jadi permukaan yang sering terkena air secara intens akan terlindungi.

3. Tahan Suhu Tinggi

Kemudian, lantai yang dilapisi resin epoxy akan tahan ketika berada pada kondisi suhu tinggi. Contohnya, pada permukaan lantai pabrik industri besi yang rentan terkena lelehan besi panas. Bila dilapisi dengan resin epoxy, lantai tetap terlindungi dari panas. 

Rekomendasi cat resin epoxy berkualitas berasal dari PT Tosadah, yaitu Mapefloor CPU/HD, yang kuat ketika terjadi perubahan suhu mendadak sampai lebih dari 120 derajat celcius.

4. Tahan Lama dan Awet

Satu lagi keunggulan resin epoxy, yakni membuat umur lantai jadi awet dan tahan lama karena tidak mudah retak dan rusak. Sifat lantai epoksi yang tahan bahan kimia hingga tahan suhu tinggi juga memperpanjang umur lantainya.

4 Fungsi Resin Epoxy

Resin epoxy memiliki 4 fungsi utama. Apa saja itu? Berikut adalah daftar dan penjelasan ringkasnya: 

1. Melindungi Permukaan Lantai

Melapisi lantai dengan resin epoxy akan melindungi permukaannya dari risiko korosi, abrasi, hingga paparan bahan kimia yang bisa menurunkan kualitas lantai.

2. Meningkatkan Keamanan

Resin epoxy mampu melindungi area operasional industri dari risiko kecelakaan, karena bersifat anti slip sehingga cocok untuk area yang selalu basah dan licin.

3. Memelihara Kebersihan

Selanjutnya, permukaan lantai yang dilapisi resin epoxy akan terpelihara kebersihannya sebab ketika terkena noda tidak sulit untuk dibersihkan.

4. Meningkatkan Nilai Properti

Ketika diaplikasikan pada bangunan komersial, resin epoxy akan menambah nilai propertinya apabila Anda berniat menjual atau menyewakan tempat tersebut.

Demikian pengertian cat resin epoxy serta keunggulan dan fungsinya. Anda bisa menggunakan resin epoxy dari penyedia terpercaya untuk meningkatkan kualitas lantai area industri Anda. Seperti resin epoxy dari PT Tosadah yakni Mapefloor 302 SL, yang sangat kuat dan tahan akan mikroorganisme sehingga kebersihan area industri Anda terpelihara. 

Setiap jenis cat tentu mempunyai kandungan resin yang berbeda-beda. Kandungan resin inilah yang bisa jadi pembeda bahwa jenis media produk yang digunakan. Berikut 8 Jenis-jenis Cat Berdasarkan Kandungan Resin.

Ingin tahu lebih banyak tentang produk-produk yang tersedia? Hubungi kontak PT Tosadah untuk konsultasi tentang resin epoxy, serta kunjungi blog kami agar dapat informasi menarik seputar lantai epoksi!

Bagikan Artikel :

Menu