...

Cara Cat Dasar untuk Besi Galvanis Beserta Keunggulannya

Solusi
Cat Dasar untuk Besi Galvanis Tosadah

Tahukah Anda bahwa penting sekali menerapkan cat dasar untuk besi galvanis? Hal ini dikarenakan sulit untuk lapisan cat luar menempel langsung di permukaan material tersebut. Tanpa adanya cat dasar, pengecatan akan sia-sia karena segera luruh atau mengelupas.

Selain itu, menerapkan primer juga memerlukan langkah-langkah yang tepat agar mampu memaksimalkan fungsi galvanis yang dapat menahan korosi dalam waktu lama. Hal ini bertujuan untuk menghindari munculnya korosi yang berbahaya bagi aset besi Anda.

Baca Juga: Fungsi Cat Epoxy Besi dan Kapan Harus Menggunakannya

Timbul korosi pada aset besi sangat penting, khususnya pada konstruksi besar seperti pabrik, jembatan, kapal, dan lain sebagainya yang didominasi dengan aset dengan permukaan besi. Apabila Anda sedang membangun konstruksi besar yang melibatkan penggunaan besi galvanis, maka pastikan untuk menerapkan primer pada besi galvanis.

Kelebihan Besi Galvanis

Sebelum membahas cat dasar untuk besi galvanis, sudahkah Anda tahu apa itu galvanisasi? Galvanisasi sendiri merupakan proses finishing yang terbilang ramah lingkungan dengan tujuan mencegah korosi. Proses ini juga menghasilkan lebih sedikit limbah.

Galvanisasi dilakukan dengan memberikan lapisan seng pelindung pada logam sehingga mampu mencegah karat. Sesudah seng mengering, nantinya akan berperan sebagai pelindung logam dari noda.

Jika Anda sedang mempertimbangkan untuk menggunakan besi galvanis pada konstruksi Anda, maka ketahui terlebih dahulu kelebihan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ini merupakan kelebihan yang dimiliki aset besi jenis galvanis.

1. Lebih Ekonomis

Kelebihan paling dicari seluruh kontraktor di dunia tentu saja kualitas tinggi namun harga bersaing. Besi galvanis memberikan beban biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis logam lainnya. Meskipun harga cukup terjangkau, besi galvanis memiliki daya tahan yang kuat.

2. Daya Tahan Lama

Jika dibandingkan dengan material lain, besi galvanis jauh lebih tahan lama. Ketika logam biasa tidak dilapisi dengan seng, tentu akan lebih mudah mengalami korosi. Jadi, akan berguna untuk menurunkan kemungkinan mengganti material di masa mendatang.

3. Ramah Perawatan 

Biasanya, konstruksi membutuhkan perawatan ketika sudah digunakan dalam jangka waktu yang panjang. Namun, karena material ini memiliki daya tahan yang kuat, Anda tidak memerlukan pemeliharaan yang terlalu sering sehingga bisa menghemat biaya perawatan.

4. Umur Panjang

Besi galvanis sendiri memiliki ketahanan yang sangat lama. Diperkirakan, besi galvanis mampu bertahan selama 50 tahun di lingkungan pedesaan dan 20 sampai 25 tahun di lingkungan industrial atau pesisir pantai. Oleh karena ketahanannya yang luar biasa, material besi galvanis menjadi populer digunakan dalam proyek-proyek konstruksi besar saat ini.

Apakah Besi Galvanis Butuh Cat Dasar?

Ketika mengenali berbagai kelebihan yang dimiliki oleh besi galvanis, mungkin Anda jadi bertanya-tanya. Apakah masih perlu menerapkan cat dasar untuk besi galvanis? Mengingat besi galvanis sendiri sudah memiliki ketahanan yang luar biasa untuk jangka waktu yang panjang.

Namun, perlu diketahui bahwa ketika Anda akan mengaplikasikan cat lapisan pada permukaan besi galvanis, cat tersebut akan sulit menempel. Hal ini disebabkan oleh adanya lapisan minyak di permukaan material tersebut. Oleh sebab itu, ketika akan memberikan lapisan cat luar pada besi galvanis, perlu menerapkan primer terlebih dahulu sebagai cat dasar. 

Cat primer pada aset besi galvanis juga dapat mempercepat proses pengeringan cat. Selain itu, lapisan cat primer juga akan menghindari terkelupasnya cat luar pada permukaan aset besi Anda.

Jika Anda sedang mencari cat primer atau dasar bagi aset besi galvanis, Anda bisa mengkonsultasikan kebutuhan Anda dengan PT Tosadah, sebagai distributor cat anti karat untuk besi dengan layanan berpengalaman dari tahap awal hingga akhir. Anda bisa menghubungi PT Tosadah di sini.

Selanjutnya, jenis cat apa yang akan menempel dengan sempurna di atas lapisan cat primer? Cat akrilik menjadi salah satu jenis cat yang bisa Anda pilih. Cat akrilik dapat menempel tanpa adanya masalah. Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan cat dasar pada permukaan besi galvanis? Setelah ini kami akan membahasnya secara menyeluruh.

Cara Cat Dasar untuk Besi Galvanis

Anda sudah tahu bukan jika lapisan seng pada besi galvanis berguna mencegah korosi namun di sisi lain menyebabkan cat tidak dapat menempel dengan sempurna? Oleh sebab itu, wajib mengaplikasikan primer secara tepat seperti cara berikut.

1. Bersihkan Permukaan Besi

Pertama-tama, bersihkan dahulu semua jenis kotoran atau debu yang menempel pada material. Sebenarnya, jenis bahan bangunan apa saja wajib dibersihkan dahulu sebelum dilapisi dengan primer. 

Proses pembersihan permukaan besi bertujuan agar cat primer dapat teraplikasi secara merata di seluruh permukaan aset besi galvanis Anda. Selain itu, dengan mengaplikasikan cat primer pada permukaan yang bersih, hal ini juga akan menghindari cat menjadi terkelupas.

2. Gunakan Cuka Putih

Mengapa memakai cuka putih? Cuka putih ini dapat memberikan efektivitas yang tinggi tetapi tidak memiliki sifat racun. Karena keunggulannya, material tersebut sangat aman digunakan dalam proyek konstruksi terutama untuk skala besar seperti pembuatan jembatan, pabrik, maupun kapal yang menggunakan aset besi galvanis.

Ketika mengerjakan proyek konstruksi, Anda cukup mengaplikasikan cuka putih pada kain lap bersih. Setelah itu, Anda bisa menyeka permukaan material pada besi galvanis. Tidak perlu memakai bahan kimia berbahaya untuk proses ini.

3. Pilih Cat Dasar untuk Besi Galvanis dari Tosadah

Setelah membersihkan permukaan material, maka lanjutkan dengan menyiapkan cat dasar. Pilihan paling tepat adalah produk primer dari PT Tosadah. PT Tosadah menyediakan primer dalam jenis epoxy dan alkyd. Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu di sini.

4. Aplikasikan Cat pada Besi Galvanis

Sekarang waktunya mengaplikasikan primer pada material. Jangan lupa membaca petunjuk penggunaannya pada kemasan cat primer yang Anda gunakan. Hal ini karena, setiap merek tentu mempunyai aturan tersendiri. Namun, tenang saja karena PT Tosadah menyediakan produk yang mudah digunakan.

Mengecat permukaan besi galvanis secara langsung akan membuatnya tidak mampu menempel dengan baik bahkan luruh atau mengelupas. Sebelum itu, wajib mengaplikasikan cat dasar untuk besi galvanis dengan langkah tepat.

Baca Juga: 8 Jenis-jenis Cat Berdasarkan Kandungan Resin

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu