...

Alkyd Paint: Pengertian, Fungsi, dan Area Aplikasi

Solusi
Cat Alkyd Paint Tosadah

Alkyd paint merupakan salah satu jenis cat dengan sifat oil-based, tetapi sebenarnya tidak mengandung minyak sama sekali. Cat alkyd sendiri sering dimanfaatkan pada area logam kayu dan bukan dinding.

Jenis cat ini mampu memberikan hasil yang bagus dengan kesan mengkilap. Ditambah lagi, alkyd paint memiliki keunggulan dari segi ketahanannya. Performa jangka panjang membuat jenis cat ini populer digunakan untuk aset besi dan juga kayu.

Baca Juga: Begini Alasan Cat Besi Primer Krusial dalam Pengecatan

Mengenal Pengertian Sederhana dari Alkyd Paint

Seperti yang sudah diketahui, alkyd paint merupakan cat berbasis minyak yang tidak memiliki kandungan minyak. Pengertian tersebut tentunya akan menimbulkan pertanyaan besar, namun hal tersebutlah yang menjadi keunggulan alkyd paint.

Bahan campuran untuk aplikasi alkyd paint ini cukup berbeda dengan jenis cat lainnya. Umumnya, jenis cat lain menggunakan air untuk mengencerkan cat. Namun, alkyd paint lebih disarankan untuk menggunakan alkohol atau mineral spirit sebagai bahan pengencer.

Di sisi lain, resin resistance juga digunakan sebagai bahan pengikat cat alkyd. Alkyd paint juga memakai thinner sebagai salah satu pembantu dalam mengatur cepat atau lambatnya cat serta seberapa cepat keringnya. 

Pencampuran dengan bahan-bahan tersebut menunjang performa dari hasil akhir penggunaan cat alkyd. Ini juga yang menjadi alasan dibalik populernya penggunaan jenis cat ini pada proyek.

Umumnya, jenis cat ini digunakan untuk proyek dengan skala besar, seperti jembatan, kapal, bahkan pabrik atau gedung yang didominasi dengan aset permukaan besi. Maka dari itu, jenis cat ini lebih mudah ditemukan pada distributor cat anti karat seperti PT Tosadah.

Area Aplikasi yang Paling Disarankan

Alkyd paint sendiri memiliki sifat yang sangat kuat dan tahan kerusakan dikarenakan menggunakan bahan pengikat dari resin yang kuat. Karenanya, alkyd paint sangat direkomendasikan untuk digunakan pada area yang memiliki traffic tinggi.

Tak hanya itu, alkyd paint juga tahan pada kelembapan. Maka dari itu, cocok juga untuk diaplikasikan pada area dengan tingkat kelembaban tinggi seperti pabrik makanan, kapal, jembatan, atau area lembab lainnya. 

Dengan kelebihan-kelebihan di atas, alkyd paint juga direkomendasikan untuk diaplikasikan pada bidang besi, dikarenakan kemampuannya yang tahan terhadap cuaca dan lembab. Hal ini tentunya akan menghindarkan aset dari timbulnya korosi atau karat.

Anda juga dapat mengaplikasikan alkyd paint di atas cat berbahan dasar air. Tak hanya itu, selain bidang besi, Anda juga bisa mengaplikasikannya pada bidang kayu. Dari segi harga cukup ekonomis tidak salah bila Anda menggunakannya untuk jembatan atau mungkin gedung tinggi dan kemampuannya cukup teruji.

Perhatikan Hal Ini Saat Aplikasi Cat Alkyd

Alkyd paint memiliki sifat mengkilap atau glossy, jadi tidak heran untuk finishing sangat disarankan. Kemampuannya sangat bagus terutama ketahanan terhadap sifat korosifnya, tetapi sebelum memakainya perhatikan hal-hal ini terlebih dahulu.

1. Gunakan Alat Pelindung

Sebenarnya, cat alkyd sendiri sangat mudah dan aman untuk diaplikasikan. Selain itu, PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat menyediakan kebutuhan cat alkyd yang bisa langsung dicat tanpa campuran apapun.

Namun, menggunakan alat pelindung tetap direkomendasikan sebagai proteksi tambahan dan kesehatan jangka panjang. Anda bisa memakai masker atau alat pelindung lainnya ketika mengaplikasikan cat.

2. Amankan Area Lain dengan Kain

Perlu diketahui juga, produk ini lebih mudah jatuh atau menetes ke bawah ketika sedang diaplikasikan. Maka dari itu, disarankan untuk menggunakan tambahan kain di bagian bawah permukaan yang sedang dicat. Hal ini bertujuan agar bagian yang tidak ingin dicat tidak terkena tetesan cat.

3. Lakukan Perawatan

Cat alkyd memiliki teknik perawatan yang tidak terlalu sulit. Hanya soal cuaca dan kandungan bahan kimia, itu saja tidak terlalu ekstrem, masih mampu kalau belum terlalu buruk.

Dari segi harga tergolong terjangkau, tidak heran beberapa pengusaha mencoba menggunakannya dan nyata hasilnya. Harus diakui penggunaannya sangat mudah tidak perlu persiapan terlalu panjang. Temukan cat alkyd terbaik berstandar internasional pada distributor cat yang terjamin mutunya, yaitu PT Tosadah. 

Baca Juga: 8 Jenis-jenis Cat Berdasarkan Kandungan Resin

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu