...

6 Fungsi Coating beserta Pengertian, Jenis, dan Rekomendasi

Solusi
Fungsi Coating Tosadah

Fungsi coating merupakan hal yang sering dilupakan atau disepelekan dalam proses finishing suatu konstruksi. Padahal, proses satu ini cukup penting! Salah satu manfaatnya yakni untuk memperpanjang umur lapisan terluar suatu bagian dari konstruksi, khususnya besi.

Apakah saat ini Anda sedang tertarik untuk mempelajari seputar fungsi-fungsi dari coating karena berencana melaksanakannya? Jika demikian, maka lebih baik jangan lewatkan pembahasan dalam artikel ini!

Jangan lewatkan juga untuk Mengenal Mesin Sandblasting, Andalan Proses Coating. Pahami agar Anda lebih mengenal  fungsi- fungsi coating!

Apa itu Fungsi Coating untuk Besi?

Pertama, perlu Anda ketahui bahwa coating merupakan teknik pelapisan suatu material menggunakan bahan tertentu dengan tujuan meningkatkan sifat permukaan, guna memberikan perlindungan dari korosi dan keausan. Salah satu material yang biasa melalui proses coating adalah besi.

Besi merupakan material yang kuat, namun rentan jika terkena paparan sinar ultraviolet, oksidasi, kelembaban, reaksi kimia tertentu, hingga keausan umum yang mampu menyebabkannya terdegradasi. Bicara soal bahan yang cocok sebagai coating besi, ada banyak bahan yang bisa digunakan! Salah satunya yakni epoksi.

Fungsi coating menggunakan epoksi yakni beragam. Adapun dua poin penting di antaranya yakni untuk memberi ketahanan terhadap karat, serta efek bahan kimia. Bahan epoksi merupakan rekomendasi coating yang baik, karena mampu melekat sempurna pada besi. Intinya, fungsi pelapisan ini membuat besi menjadi kuat walaupun berada di lingkungan keras. 

6 Fungsi Coating Besi

Membahas fungsi pelapisan lebih lanjut, ada beberapa poin yang perlu Anda ketahui! Adapun beberapa di antaranya yakni sebagai proteksi, ketahanan, estetika, peningkatan kinerja, penghematan, dan keramahan lingkungan. Berikut merupakan penjelasan ringkas mengenai masing-masing fungsi tersebut:

1. Proteksi

Coating sangat baik untuk memproteksi besi dari ancaman korosi. Jika material-material pada suatu industri terlapisi dengan baik, maka ia akan terlindungi dari kelembaban. Misalnya dari lingkungan laut, rig lepas pantai, dan lokasi-lokasi yang memberikan risiko korosi tinggi. 

2. Ketahanan

Coating dapat membantu membuat besi menjadi jauh lebih tahan lama. Biasanya, alat berat menggunakan coating agar tidak rentan terhadap keausan. Dengan ketahanan yang baik, maka umur mesin pada alat berat tersebut bisa lebih panjang.

3. Estetika

Coating pada suatu objek mampu memberikan estetika atau daya tarik! Biasanya, suatu lapisan dapat memberikan hasil akhir glossy atau matte. Selain besi bangunan, material serupa yang ada pada objek seni biasanya bergantung pada fungsi ini.

4. Peningkatan Kinerja

Coating juga sering digunakan untuk meningkatkan kinerja objek. Misalnya, dengan melapisi benda dengan bahan coat, seseorang dapat meningkatkan konduktivitas listrik serta konduktivitas termal. Jenis pelapis ini biasanya ditemukan di industri otomotif

5. Penghematan

Coating dapat membantu meningkatkan umur besi dan secara signifikan mengurangi biaya pemeliharaan. Pada suatu mesin, penggunaan coating juga mengurangi waktu henti karena kecenderungan rusak dapat berkurang. Dengan cara ini produktivitas seluruh fasilitas ditingkatkan!

6. Keramahan Lingkungan

Fungsi coating yakni bisa membantu melindungi lingkungan dengan berbagai cara. Contoh pertama adalah dengan menerapkan lapisan logam pada benda, seseorang dapat memperpanjang umur objek tersebut. 

Hal ini berarti jumlah TPA yang ada lebih sedikit karena objek digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama dibandingkan biasanya. Proses pengaplikasian coating pada suatu benda juga relatif lebih mudah dan ramah lingkungan!

5 Jenis Umum Coating untuk Besi

Jika di bagian awal artikel ini telah disebutkan salah satu contohnya seperti epoksi, maka dalam pembahasan berikut akan membahas seputar lima jenis umum coating untuk besi. Apa saja itu? Berikut adalah daftarnya:

1. Anodizing

Ini merupakan proses pelapisan besi menggunakan zat warna. Menilik pengertian dari sudut pandang kimia, anodizing adalah suatu proses elektrolisis mengandalkan larutan elektrolit untuk menghubungkan anoda dan katoda. 

Biasanya, besi di instal pada anoda (kutub positif), dengan begitu permukaannya bereaksi oksidasi dan membentuk lapisan oksida pada permukaan besi yang dapat dijadikan coating serta dekorasi.

2. Galvanisasi

Proses ini menerapkan protective zinc coating pada permukaan besi, guna mencegah korosi. Galvanisasi bisa dilakukan melalui elektrokimia serta proses elektrodeposisi. Adapun metode paling lazim saat ini yakni hot-dip galvanisasi, yakni perendaman besi di dalam molten zinc.

3. Electroplating

Ini merupakan coating melalui pengendapan zat, lebih tepatnya ion logam di elektroda katoda (negatif) melalui elektrolisis. Lantas, hasil proses itu bisa mengendap di elektroda katoda dan memiliki sifat adhesif.

4. Powder Coating

Ini merupakan proses pewarnaan mengandalkan serbuk warna spesial yang telah dipanaskan. Melalui metode pewarnaan berbeda, maka proses ini menawarkan sejumlah keunggulan ketimbang cat reguler. Lebih tepatnya yakni tahan panas dan goresan.

5. Cat Coating Besi

Coating ini merupakan teknik pelapisan menggunakan cat. Sudah jelas jika di dalam cat coating besi terdapat kandungan pengeras yang berguna untuk membuat objek menjadi tahan lama dan panjang umur. Adapun, bahan utama yang terdapat pada cat pelapis besi adalah epoksi.

Coating Besi Anti Karat Terbaik dari PT Tosadah

Kini Anda telah mengetahui fungsi coating besi beserta pengertian dan jenis-jenisnya! Rekomendasi pelapis terbaik bagi besi yakni produk-produk coating besi dari PT Tosadah! Dengan pelapis ini, maka konstruksi bangunan proyek atau kapal bisa menjadi kokoh, tahan karat, dan berumur panjang! 

Fungsi coating memang untuk melapisi bidang-bidang besi, akan tetapi apakah kalian tau bidang besi mana yang tepat untuk diberikan cat pelapis anti karat? Berikut, 3 Bidang Besi yang Wajib Pakai Cat Pelapis Anti Karat.

Klik di sini untuk mengulik produk, atau hubungi kontak jika ingin mendapatkan informasi lebih detail terkait pemesanan! Jika ingin membaca artikel lainnya terkait pelapis besi, maka klik laman blog!

Bagikan Artikel :

Menu