...

3 Bidang Besi yang Wajib Pakai Cat Pelapis Anti Karat

Solusi
Cat Pelapis Anti Karat Tosadah

Menggunakan cat pelapis anti karat untuk besi memberikan perlindungan terhadap berbagai efek buruk paparan air. Jika besi terus menerus terkena air, maka akan menyebabkan karat dan adanya dampak negatif.

Dampak negatif tersebut memang tidak bisa dihindari namun bisa diminimalkan risikonya dengan menggunakan pelapis anti karat. Saat ini, ada banyak produk berkualitas yang bisa melindungi besi dari karat meskipun terus menerus terkena air.

Baca Juga: Ketahui Jenis Besi untuk Pagar, Pilih yang Terbaik

Tentunya, banyaknya pilihan produk membuat Anda bingung. Untuk itu, pilihlah cat pelapis anti karat yang berkualitas. Apabila salah memilih, material besi tidak akan bisa bertahan lama.

Dampak Merugikan dari Karat

Karat terbentuk karena adanya reaksi oksidasi yang terjadi ketika oksigen bertemu dengan permukaan besi. Reaksi tersebut menghasilkan oksida besi yang kemudian bermanifestasi menjadi bubuk orange, yaitu karat.

Karat akan semakin berkembang pada besi jika terkena air atau udara dan terus menerus dibiarkan. Maka, penggunaan cat pelapis anti karat sangat dibutuhkan untuk berbagai struktur yang terbuat dari besi.

Jenis logam tertentu memiliki reaksi oksidasi di mana hal ini membuat proses korosi lebih lambat. Contohnya seperti tembaga, kuningan, dan perunggu di mana proses munculnya karat jauh lebih lama dibandingkan dengan besi.

Dampak lain dari karat yaitu bisa mengurangi kekuatan berbagai jenis struktural dari bahan besi dan baja. Karat dapat menyebabkan ketebalan logam menjadi berkurang dan menyebabkan munculnya lubang.

Bagian yang terkena karat dapat mempengaruhi kinerja sehingga operasi industri menjadi terganggu. Contohnya, mesin-mesin pabrik berukuran besar yang tidak dirawat akan berkarat sehingga menyebabkan permasalahan produksi.

Perlu diketahui juga bagian besi berkarat maka akan kehilangan kekuatan magnetiknya. Nantinya, hal ini bisa berdampak pada kinerja besi tersebut jika berkaitan dengan fungsi magnetik.

Sementara itu, jika digunakan pada elektronik di mana terbuat dari besi atau bahan-bahan perpaduan baja, akan muncul dampak lain. Hal ini dapat menghambat, menurunkan, atau merusak kemampuan dalam mengalirkan listrik.

Berbagai dampak negatif tersebut tentu sangat merugikan terutama pada industri skala besar. Penggunaan cat pelapis anti karat sangat direkomendasikan karena dibutuhkan untuk menjaga kualitas besi tersebut.

Penggunaan lapisan ini pada permukaan baja ataupun besi dapat memberikan perlindungan jangka panjang. Selain itu, hal ini dapat membantu menghambat korosi, melindungi dari pengikisan, dan berbagai dampak negatif lainnya.

Manfaat Menggunakan Cat Pelapis Anti Karat

Menggunakan cat pelapis anti karat sama artinya dengan memberikan perlindungan terhadap berbagai aset industri terutama dari bahan besi. Selain itu, banyak manfaat yang bisa didapatkan sehingga memberikan banyak keuntungan.

1. Mencegah korosi

Biaya korosi jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan menggunakan pelapis anti karat. Memakai pelapis maka korosi bisa dicegah sehingga bisa terus digunakan dengan aman dan meminimalkan biaya perawatan akibat korosi.

2. Tampilan lebih menarik

Mesin, peralatan, tangki penyimpanan, dan alat lain jika memakai cat pelapis anti karat mempengaruhi tampilannya. Tampilan luar akan lebih mengkilap, bersih, dan memberikan energi positif dalam bekerja karena selalu terlihat seperti baru.

3. Tahan cuaca

Berbagai jenis mesin atau struktur lain terbuat dari besi jika terus menerus terkena panas dan dingin maka akan mudah terkena karat. Menggunakan pelapis ini sangat bermanfaat karena tahan dari cuaca.

4. Tahan lama

Jika besi terhindar dari korosi, maka secara tidak langsung membuat besi tersebut bisa tahan lama. Nantinya, besi tidak mudah rusak dan keropos yang menyebabkan berbagai jenis kerusakan lainnya.

Penggunaan mesin yang memakai pelapis cat pelapis anti karat jauh lebih lama masa pakainya. Jadi, dapat dipastikan keuntungan yang didapatkan yakni tidak perlu sering membeli mesin baru.

5. Menjaga nilai jual

Contoh sederhana mesin dengan pelapis khusus ini membuat tampilannya selalu lebih menarik dan terkesan baru. Hal ini berdampak pada nilai jualnya yang bertahan dan jauh lebih tinggi.

Contohnya, sewaktu-waktu Anda ingin menjualnya karena tidak dibutuhkan atau ingin mengganti jenis mesin baru. Maka, Anda tidak akan mengalami kerugian besar karena kualitasnya masih sangat terjaga.

Bidang Industri

Penggunaan cat pelapis anti karat pada berbagai bidang industri memiliki peran penting dan sangat dibutuhkan. Contohnya adalah pada 3 industri besar seperti kapal, tangki, dan jembatan yang sebagian besar memakai bahan besi.

1. Kapal

Pada kapal laut, cat ini sangat bermanfaat memberikan perlindungan, tidak hanya di bagian bawah saja, tetapi juga pada bagian atas. Perlindungan ini menjaga kapal dari berbagai jenis organisme yang menempel pada bagian bawah.

Selain itu, cat ini juga memberikan perlindungan pada bagian atas kapal dari pengaruh udara, cuaca, dan percikan air laut. Perlindungan ini membuat kapal menjadi lebih awet sehingga kinerjanya menjadi maksimal dan tidak butuh banyak perawatan.

2. Tangki

Menggunakan cat pelapis anti karat pada tangki besar baik untuk penyimpanan air, BBM,dan lainnya sangat dibutuhkan. Biasanya, tangki rawan terkena paparan sinar matahari dari luar dan pengaruh isi didalamnya.

Butuh perawatan ekstra jika tidak menggunakan pelapis khusus dan mungkin masa pakainya juga lebih singkat. Adanya cat pelapis khusus ini berfungsi agar tangki terhindar dari karat.

3. Jembatan

Korosi pada jembatan sangat mungkin terjadi karena terus menerus terkena panas, dingin, dan air. Memakai pelapis ini membuat masa pakai lebih lama dan perlindungan dari cuaca juga lebih bagus.

Pada jembatan, biasanya menggunakan 3 lapisan mengingat terus terpapar panas langsung. Jembatan juga rentan terhadap korosi sehingga dengan 3 lapisan anti karat membuatnya bisa lebih kuat.

Jika Anda membutuhkan cat untuk pelapis dari karat, Anda bisa mendapatkannya di PT Tosadah. Silakan cek berbagai produk berkualitas terbaik dari PT Tosadah di sini. Kami menjual cat pelapis anti karat yang berkualitas untuk berbagai struktur besi dan baja.

Anda bisa menghubungi kami di sini. Kami dengan senang hati melayani Anda dengan berbagai pilihan produk berkualitas dari PT Tosadah.

Baca Juga: Pelapis Cat Besi Bahan Dasar Minyak dan Air, Pilih Mana?

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini

Bagikan Artikel :

Menu