...

4 Penyebab Fouling Paling Umum, Gunakan Cat Marine

Solusi
Cat Marine AM

Fouling atau pengotoran merupakan endapan atau penumpukan material yang tidak diinginkan seperti endapan organisme di semua struktur terpendam, seperti kilang minyak, lambung kapal, sampai bebatuan. Untuk menghindari fouling, Anda bisa gunakan cat marine yang berkualitas.

Cat marine umumnya bersifat anti-fouling, dimana dapat mencegah munculnya fouling pada bagian bawah kapal Anda. Kenali lebih dalam apa itu cat anti-fouling sebelum mengaplikasikannya pada kapal Anda. Berikut ini adalah pembahasan tentang Cat Anti-Fouling: Pengertian, Fungsi, dan Jenisnya

 

Apa Itu Fouling? 

Fouling terdiri dari dua subvisi, yaitu microfouling dan macrofouling. Macrofouling berarti penumpukan yang terdiri dari bio organisme yang berukuran mikroskopis, seperti bakteri, lendir, dan alga. 

Sementara macrofouling terdiri dari organisme yang lebih besar dan cenderung menjadi perhatian banyak orang, misalnya rumput laut, cacing tabung, teritip, dan lain-lain.

Fouling tumbuh dengan cepat dan dampaknya terasa pada performa perahu dan efisiensi bahan bakar. Pada perahu motor, penumpukan fouling dapat menurunkan kecepatan sampai lima knot, sehingga boros bahan bakar sampai 40%.

Tingkat pertumbuhan fouling bisa berbeda tergantung dari jumlah nutrisi, sinar matahari, salinitas, dan suhu air. Secara umum, makin tinggi suhu air, masih cepat pertumbuhan fouling.

Apabila perahu tidak diberi pelapis cat jenis marine, maka pertumbuhan fouling akan sulit dikendalikan. Yang lebih parah, perahu atau kapal layar akan lambat dan rusak.

Faktor Penyebab Fouling dan Penggunaan Cat Marine untuk Mencegahnya

Pertumbuhan fouling pada kapal terjadi di bawah garis air di bagian lambung kapal. Pada air laut, fouling berkembang lebih cepat dibandingkan dengan di air tawar. Hal ini karena lebih banyaknya organisme di air laut dan jumlahnya yang besar. 

Salah satu upaya untuk menekan pertumbuhan fouling adalah dengan melakukan anti-fouling, yaitu menggunakan cat marine yang melapisi bagian bawah kapal sehingga organisme tak diinginkan di bawah air agar tidak menempel.

Nah, fouling muncul bisa disebabkan karena banyak faktor, di antaranya adalah:

1. Kristalisasi

Terjadinya kristalisasi menjadi salah satu penyebab munculnya fouling. Hal ini sebagian besar muncul di dalam sistem pendingin air. Garam yang terlarut di dalamnya membentuk kristal pada permukaan kapal.

Ada empat hal yang bisa mengontrol pengkristalan, yaitu agen sekuestrasi, bahan kimia tambang, agens distorsi, dan dispersi. Aditif kimia bisa mengurangi pengkristalan dan pembekuan.

2. Temperatur Cairan

Air dapat menghasilkan kerak yang berasal dari mineral kalsium karbonat dan lain-lain. Endapan garam pada permukaan kapal dapat meningkatkan suhu. Peningkatan suhu ini memicu pertumbuhan biologis organisme sehingga menimbulkan fouling.  

3. Kimia Cairan

Fouling yang terjadi karena reaksi kimia di permukaan sebuah material disebut fouling reaksi kimia. Contoh dari fouling ini adalah kokas hidrokarbon, polimerisasi, dan cracking.

Kehadiran senyawa kimia seperti belerang, nitrogen atau lain-lain yang bertemu elemen logam dalam aliran hidrokarbon meningkatkan pertumbuhan fouling kimia. 

4. Solidifikasi (Pemadatan)

Fouling solidifikasi timbul karena titik leleh lebih tinggi daripada larutan multikomponen seperti yang terjadi ada subcooled heat exchanger.

Hal ini timbul karena cairan membeku pada kelembapan udara, dan pembekuan air pendingin di suhu rendah, serta deposisi parafin pada proses pendinginan aliran gas hidrokarbon.

Itu dia mengenai faktor penyebab fouling yang paling umum. Seperti yang disinggung di atas fouling bisa diatasi dengan melakukan anti-fouling, yaitu teknis pelapisan permukaan material. Maka cat jenis marine adalah salah solusi tepat untuk anti-fouling yang efektif.

Cat ini memberikan proteksi pada material baja seperti kapal sehingga tidak terjadi fouling dan korosi akibat air laut. Anda bisa dapatkan cat marine terbaik dari PT Tosadah. Temukan varian produk terbaik dan informasi mengenai perusahaan dan proyek mana saja yang sudah menggunakan produknya. 

Setelah mengetahui produk cat marine yang paling sesuai untuk kebutuhan Anda, penting juga untuk mengetahui cara mengaplikasikannya. Berikut ini adalah Cara Mengaplikasikan Cat Antifouling, Jangan Sampai Salah.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu