...

Tips Jitu! Begini Cara Menghilangkan Karat pada Mobil

Inspirasi
Karat Mobil Tosadah

Cara menghilangkan karat pada mobil menjadi bahasan yang selalu dicari. Harus diakui, masalah seperti ini tidak boleh ditunda, segera ditangani agar tidak menimbulkan masalah baru sehingga, mampu merusak badan mobil.

Perlu diketahui, ada banyak faktor mengapa kendaraan Anda bisa seperti ini. Salah satunya adalah tidak dirawat dengan baik, sehingga kelembapan udara meningkatkan proses oksidasi yang menyebabkan munculnya korosi.

Baca Juga: Tips Memilih Cat Anti Karat yang Tepat

Solusi awal untuk menghindari adanya karat adalah rutin membersihkannya, terutama setelah turun hujan. Usahakan mencuci sampai bersih sehingga, tidak menimbulkan noda atau kotoran yang tertinggal di body kendaraan.

Cara Menghilangkan Karat Pada Mobil

Lalu, bagaimana caranya mengatasi masalah pada kendaraan yang sudah mengalami korosi? Tenang, kami akan memberikan berbagai tips untuk menghilangkannya, seperti melakukan amplas dengan manual atau grinder, lalu pengecatan ulang.

Teknik amplas ini dilakukan terlebih dulu secara perlahan, hingga kondisinya bersih. Baru dilakukan pelapisan ulang, mengapa demikian? Pada dasarnya, produk baru yang sudah diberi zat pewarna sekaligus lapisan.

Ketika, sudah muncul korosi walau sedikit menjadi pertanda bahwa, lapisan kendaraan tersebut sudah berkurang atau menghilang. Maka dari itu, semua faktor yang mengakibatkan terjadinya korosi mulai terlihat.

Penggunaan cat disini juga tidak boleh sembarangan, Anda harus memastikan benar bahwa produknya berkualitas dan memiliki daya tahan lama, dengan begini biaya perawatan dapat ditekan lebih jauh.

Cara menghilangkan karat pada mobil bukan hanya dengan amplas atau pengecatan ulang, melainkan masih ada beberapa langkah lagi yang perlu diketahui, seperti berikut ini:

1. Dempul

Pada dasarnya konsep dempul ini tidak jauh berbeda dengan pengecatan ulang hanya saja, Anda harus tahu, langkah tersebut disaat seperti apa. Jadi, tahapan korosi dari awal sampai parah cukup lama.

Jika, seseorang tidak terlalu sadar bahwa ada bagian body yang sudah muncul korosi biasanya lambat laun akan menghasilkan lubang. Oleh karena itu, cara menghilangkan karat pada mobil memakai teknik dempul.

Pada intinya, metode ini hanya untuk menutup lubang yang muncul, setelah selesai baru lakukan kembali pengecatan ulang. Tetapi, pastikan untuk dempul harus merata, agar proses serta perlindungan bisa maksimal.

2. Cuka

Cara menghilangkan karat pada mobil selanjutnya adalah memakai Cuka. Bahan tersebut dapat digunakan ketika, tanda korosi sudah mulai terlihat. Perlu diketahui bahan ini mempunyai kandungan asam asetat dan sitrat.

Untuk memakainya mudah saja, bongkar dulu bagian karat, kemudian rendam. Tunggu satu sampai dua hari. Agar lebih efektif dalam menghilangkannya pakai saja sikat atau spon, ulangi sekali lagi bila perlu.

3. Jeruk Nipis atau Lemon

Cara menghilangkan karat pada mobil berikutnya adalah jeruk nipis atau lemon. Mungkin, Anda terkejut dengan bahan satu ini, karena biasanya digunakan untuk noda baju. Hanya saja, menurut penelitian kandungannya efektif.

Hampir semua korosi mampu diatasi asalkan menggunakan teknik yang benar. Langkahnya tidak jauh berbeda saat memakai cuka, cukup bongkar dulu bagian yang terkena karat, lalu tambahkan lemon dengan garam.

Berikutnya, rendam hingga beberapa hari kedepan. Agar hasilnya efektif, sikat atau gosok memakai bahan alumunium. Cobalah lihat hasilnya hanya saja, penggunaannya saat pertama kali terlihat, jangan sudah parah.

Jika, jeruk nipis sulit ditemukan alternatif berikutnya adalah baking soda. Bahan ini juga mampu mengatasi permasalahan soal korosi. Selain itu, langkah terakhir memakai cairan khusus, cukup direndam selama 8 jam. Tetapi, ada juga yang memakai cairan ini hanya 15 menit, tergantung dari usia karat.

Anda juga bisa menggunakan produk pelapis cat anti karat untuk mobil dari PT Tosadah yang terbaik. Konsultasikan kebutuhan cat Anda dengan PT Tosadah di sini. Cara menghilangkan karat pada mobil ada beberapa bahan yang mudah ditemukan, Anda dapat memilih salah satu yang cocok untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga: 5 Jenis Cat Besi Anti Karat, Lengkap dengan Cara Aplikasinya

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu