...

Struktur Cat Kapal Anti Karat Part Bottom, Bottop, Topside

Perlautan
Cat Kapal Anti Karat

Cat kapal anti karat diaplikasikan untuk mengendalikan korosi pada bagian-bagian kapal, seperti bottom, bottop, dan topside supertstructure. Hal ini penting dilakukan sebab konstruksi kapal terbuat dari pelat baja yang dapat berkarat. Meskipun memiliki bahan yang kuat, kapal tetap memiliki resiko kerusakan akibat terjadinya korosi. 

Korosi dapat mengurangi produktivitas sebab kinerjanya tidak sebagus kapal mulus. Terlebih lagi, adanya karat akan menambah biaya perbaikan. Setiap perusahaan tentu ingin efisiensi sehingga cara terampuh menghindari karat adalah dengan melapisinya secara maksimal.

Pelapisan ini dapat memperpanjang usia pemakaian yang tentunya lebih hemat dan untung dibanding membeli atau menyewa kapal baru. Untuk memaksimalkan hasilnya, Anda perlu memilih supplier cat kapal anti karat berkualitas.

Tak hanya memastikan menggunakan cat kapal anti karat yang berkualitas, Anda juga perlu menentukan warna terbaik untuk kapal Anda. Berikut ini adalah Rekomendasi Warna Cat Kapal Laut yang Bagus, Cek di Sini

Anatomi Kapal

Setiap permukaan baja yang bersentuhan langsung dengan faktor lingkungan seperti cuaca, air laut, suhu dan sebagainya sangat rawan kerusakan. Lalu, bagian mana saja yang perlu dilapisi supaya tahan terhadap kondisi tersebut? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Lambung

Pelapis lambung menggunakan cat kapal anti karat memiliki dua tujuan utama, yaitu melindungi baja dari korosi serta menjaga permukaan lambung terutama bagian yang bersentuhan dengan air langsung.

Lapisan yang melindungi lambung dan bagian atas kapal harus sangat kuat karena dapat menyebabkan permasalahan serius selama docking dan undocking. Cat vinyl dan karet terklorinasi sering digunakan pada bagian ini, tetapi saat ini sudah sangat jarang.

Untuk bagian lambung yang bersentuhan langsung dengan air, diperlukan lapisan cat kapal anti karat supaya tetap mulus dan mencegah kemungkinan mikroorganisme menempel di permukaannya.

2. Dek

Dek merupakan bagian yang rawan aus karena terkena udara dan  air laut. Bagian ini juga paling sering tertutup embun yang mengandung garam setiap malam, kemudian menjadi padat di siang hari dan tentu saja akan menimbulkan masalah.

Salah satu strategi terbaik untuk melindungi dek adalah dengan cat pelapis. Pelapis paling sering digunakan untuk dek adalah lapisan poliaspartik.

Pelapis ini tahan terhadap sinar UV, tidak licin, bagus untuk area dengan lalu lintas tinggi, tetapi harganya juga mahal. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih cat kapal anti karat berkualitas pada bagian dek.

3. Tangki

Tangki pemberat memiliki beberapa potensi korosi tertinggi. Bagian ini secara terus-menerus bersentuhan dengan air laut. Korosi semakin cepat terjadi akibat fluktuasi suhu yang tinggi.

Standar industri untuk pelapis tangki adalah penggunaan epoksi tar batu bara. Alasannya karena pelapis tersebut sangat tahan terhadap korosi akibat air laut dan sesuai dengan ketentuan konvensi Safety of LIfe at Sea (SOLAS).

4. Superstruktur

Superstruktur memiliki banyak area terbuka. Salah satu yang perlu menjadi perhatian pada bagian ini adalah area kargo atau penyimpanan. Memilih lapisan bagian kargo lebih rumit dibanding bagian lainnya sebab berkaitan dengan keamanan muatan di dalamnya.

Struktur Cat Kapal Anti Karat

Penggunaan cat kapal yang anti karat bukan sekadar untuk menahan korosi dan kerusakan. Namun, penting juga memperhatikan sisi estetika sehingga menunjang penampilan kapal dari segi keindahan warnanya.

Dalam penggunaannya, perlu diperhatikan struktur cat kapal anti karat. Hal ini disesuaikan dengan merk dan kualitas cat yang digunakan supaya maksimal. Strukturnya sendiri terdiri dari bagian bottom, bottop, dan top side. Berikut penjelasannya.

1. Bagian Bottom

Bagian bottom memerlukan cat primer sebagai pelapisnya. Cat jenis ini memiliki kemampuan melekat kuat pada permukaan lambung. Fungsinya adalah pelapis dasar sehingga untuk warna tidak tahan lama dan tidak mengkilap.

Lapisan cat kapal anti karat kedua yang bisa Anda aplikasikan pada bagian ini adalah cat sealer. Fungsinya untuk perantara antara cat primer dan anti fouling. Lapisan kedua ini memiliki sifat merekat kuat dengan cat primer dan lapis berikutnya.

Lapisan ketiga adalah anti fouling. Fungsinya untuk melindungi permukaan badan yang berada di bawah air dari gangguan biota laut yang menempel.

2. Bagian Bottop

Bottop merupakan daerah paling mudah korosi. Hal ini disebabkan area tersebut sering mengalami perubahan kondisi dari basah dan kering. Plat di area tersebut paling rawan teroksidasi kemudian berkarat akibat faktor lingkungan.

Struktur pelapisannya terdiri dari 3 bagian, yaitu primer, intermediate atau sealer, dan finish bottom. Pada dasarnya, bagian ini sama dengan bagian bottom yang juga terdiri dari 3 struktur tersebut.

3. Bagian Topside

Area ini adalah area yang paling menonjolkan sisi estetika keseluruhan bangunan kapal meski sisi perlindungan juga tidak boleh diabaikan. Hal ini dikarenakan area topside memiliki potensi kerusakan akibat korosi yang lebih ringan.

Struktur lapisan pada area topside sama dengan area sebelumnya, yaitu terdiri dari primer, intermediate atau sealer, dan finishing. Struktur ini juga digunakan pada bagian lain seperti dek, dinding bangunan atas, kamar mesin type coal tar, cerobong, jangkar dan sebagainya.

Tahukah Anda terdapat pula jenis-jenis korosi yang terjadi pada aset kapal besi? Berikut ini adalah 8 Jenis Korosi pada Kapal, Gunakan Cat untuk Kapal Besi. Ketahui jenis korosi yang terjadi pada kapal Anda agar bisa memberikan penanganan yang tepat.

Anda memerlukan supplier serta jasa tenaga berpengalaman untuk memproteksi setiap bagian kapal dari korosi? Tosadah sudah menyediakan semua kemudahannya. Sebagai distributor cat kapal anti karat berpengalaman membantu menemukan solusi terbaik bagi kebutuhan klien.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu