...

Rekomendasi Produk Cat Dasar Besi Anti Karat Terbaik

Industri
Cat Dasar Besi Anti Karat PT Tosadah

Cat dasar besi anti karat merupakan salah satu bagian penting dalam bidang konstruksi atau industri. Pasalnya, cat dasar ini dapat memastikan kualitas dan ketahanan lapisan can berikutnya. Hal ini juga berlaku pada cat dasar pelapis anti karat untuk besi. 

Seperti yang diketahui, besi memiliki karakteristik mudah berkarat bila terkena kelembapan dan paparan udara. Oleh karena itu diperlukan cat besi anti karat yang tepat. Agar tidak salah memilih cat besi anti karat, Anda bisa membaca informasi berikut terlebih dahulu 5 Tips Memilih, Jenis, dan Manfaat Cat Besi Anti Karat Terbaik.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Memilih Cat Dasar Besi Anti Karat

Cat dasar pelapis anti karat merupakan lapisan cat yang diaplikasikan pada permukaan logam sebelum lapisan cat akhir. Lapisan ini berfungsi untuk melindungi logam dari korosi atau karat. Oleh karena itu, penting untuk memilih cat dasar yang tepat agar dapat memberikan perlindungan yang maksimal.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih lapisan dasar cat anti karat:

1. Mudah Diaplikasikan 

Memilih cat dasar yang mudah diaplikasikan merupakan hal penting yang harus dilakukan. Pasalnya, bagian berkarat tidak selalu berada di area yang mudah dijangkau. 

Terkadang permukaan yang membutuhkan lapisan dasar anti karat ini terletak di area yang cukup tinggi atau area yang sulit dijangkau. Oleh karena itu, cat dasar yang pilih harus mudah diaplikasikan. 

Cat dasar yang mudah diaplikasikan akan memudahkan dalam proses pengecatan. Pilihlah cat dasar yang memiliki konsistensi yang pas, tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental. Cat besi yang bagus dan mudah diaplikasikan juga akan menghasilkan hasil akhir yang lebih rata dan halus.

2. High Coverage

Dalam kondisi tertentu, mungkin Anda membutuhkan lebih dari satu lapisan cat dasar besi anti karat. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa kondisi tertentu. Misalnya, kondisi karat yang ada, perbedaan warna pada permukaan, dan kondisi lainnya. Oleh karena itu, diperlukan cat pelapis anti karat yang high coverage.

Cat dasar anti karat dengan high coverage akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap permukaan logam. Pilihlah cat dasar yang memiliki daya cakupan yang tinggi, sehingga Anda tidak perlu mengaplikasikannya berkali-kali untuk menutupi permukaan logam.

3. Memiliki Daya Tahan Tinggi

Cat dasar besi anti karat yang memiliki daya tahan tinggi biasanya memiliki ketahanan terhadap air, udara, dan bahan kimia. Cat dasar ini dapat melindungi permukaan logam dari korosi dalam jangka waktu yang lama, bahkan jika permukaan logam tersebut terpapar cuaca ekstrem atau bahan kimia.

Oleh karena itu disarankan untuk memilih merek yang sudah pasti kualitasnya untuk menjamin ketahanan besi dalam jangka yang panjang. Cek spesifikasi dan ulasan dari produk yang akan digunakan sehingga Anda bisa memilih produk yang tepat. 

Mungkin, merk dengan daya tahan tinggi akan memiliki harga yang sedikit lebih tinggi. Namun, hal ini akan sebanding dengan kualitas yang Anda dapatkan. Logam atau besi akan tahan terhadap korosi lebih lama. Salah satu produk yang bisa dipilih yaitu Epoxy Primer – Building & Structure dari PT Tosadah.

4. Rangkaian Produk Lengkap

Cat dasar pelapis anti karat yang memiliki rangkaian produk lengkap biasanya memiliki berbagai jenis cat dasar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. 

Dalam kondisi tertentu Anda mungkin membutuhkan warna, ukuran produk, atau hasil akhir yang sesuai. Selain itu, ada juga beberapa bagian yang dapat dilapisi oleh kuas dan ada bagian lainnya yang dapat dilapisi dengan cara disemprot. 

Misalnya, jika Anda ingin mengecat permukaan logam yang akan terpapar cuaca ekstrem, pilihlah cat dasar anti karat yang memiliki daya tahan terhadap cuaca ekstrem.

Untuk itu, disarankan untuk memilih merk yang memiliki cat dasar dengan banyak variasi seperti PT Tosadah. Salah satu produk cat dasar besi anti karat yang bisa dipilih yaitu Epoxy Primer – Household.

5. Ramah Lingkungan

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan dalam memilih cat anti karat besi yaitu pilihlah produk yang ramah lingkungan. Hal ini dapat membantu mengurangi dampak buruk pada lingkungan.

Cat dasar pelapis anti karat yang ramah lingkungan biasanya terbuat dari bahan-bahan yang tidak berbahaya bagi lingkungan. Cat dasar ini biasanya memiliki kandungan VOC (Volatile Organic Compounds) yang rendah, sehingga tidak akan menimbulkan polusi udara.

Cara Mengecat Besi yang Sudah Berkarat

Bila Anda memiliki besi yang sudah terlanjur berkarat, cobalah lakukan beberapa langkah di bawah ini:

1. Persiapan Alat 

Sebelum mengecat besi yang sudah terlanjur berkarat, ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan. Beberapa alat tersebut di antaranya:

  • Sikat kawat;
  • Amplas;
  • Bor listrik dengan sambungan roda kawat;
  • Lap;
  • Kuas, sprayer, atau roller;
  • Detergen;
  • Pembersih karat;
  • Cat dasar tahan karat;
  • Cat pelapis anti karat.

2. Persiapan Pengecatan

Sebelum dilakukan pengecatan, karat yang berada pada permukaan logam harus dibersihkan dulu. Bersihkan juga cat yang sudah terkelupas bila ada. Anda bisa membersihkannya menggunakan sikat kawat atau amplas.

Bila terdapat kerusakan yang cukup parah akibat karat, Anda bisa menggunakan bor listrik dengan roda kawat untuk bisa membersihkannya dengan cepat. Selanjutnya, bersihkan karat tersebut menggunakan detergen dan biarkan kering.

3. Gunakan Primer Anti Karat

Setelah semua karat dibersihkan, saatnya melapisi permukaan logam dengan cat dasar atau primer anti karat. Cat ini dirancang khusus untuk menghasilkan permukaan yang kuat agar bisa mengikat lapisan cat berikutnya. 

Penggunaan primer ini sangat penting dilakukan untuk mencegah karat datang kembali. Salah satu produk cat dasar besi anti karat yang bisa Anda gunakan yaitu Epoxy Primer – Industrial & Mining

4. Lapisi dengan Cat Anti Karat

Setelah dilapisi oleh primer, langkah berikutnya yaitu melapisi logam tersebut dengan cat tahan karat. Cat ini dibuat dengan bahan dasar minyak sehingga dapat memberikan hasil akhir yang baik pada logam. Anda bisa menggunakan roller atau kuas untuk mengaplikasikan cat ini.

5. Tambahkan Lapisan Terakhir

Untuk mendapatkan hasil akhir yang lebih baik, Anda bisa menambahkan topcoat sebagai lapisan terakhir pada logam tersebut. Lapisan ini memberikan efek kilauan dan meningkatkan daya tahan dari anti karat yang digunakan.

Setelah lapisan terakhir ini ditambahkan, biarkan cat mengering. Pastikan mematuhi waktu pengeringan yang sudah ditetapkan dalam kemasan produk agar hasilnya optimal.

Demikian informasi mengenai cat dasar besi anti karat lengkap dengan rekomendasi yang bisa digunakan, yaitu Epoxy Primer – Building & Structure, Epoxy Primer – Household, dan Epoxy Primer – Industrial & Mining. Untuk lebih jelas, Anda bisa berkonsultasi langsung dengan Tosadah melalui kontak yang tersedia. Produk lainnya bisa Anda lihat di sini.

Selain menggunakan cat dasar, diperlukan juga cat besi anti karat untuk pelapis berikutnya. Rekomendasinya bisa Anda temukan dalam artikel berikut Cat Besi Anti Karat Terbaik: Keunggulan dan Rekomendasi. Temukan informasi menarik lainnya dengan mampir ke blog PT Tosadah!

Bagikan Artikel :

Menu