...

Ragam Jenis Standar Warna Lantai Pabrik

Standar warna lantai pabrik - Tosadah

Lantai pabrik merupakan salah satu komponen penting dalam infrastruktur sebuah pabrik. Selain sebagai alas yang mendukung aktivitas produksi, tahukah Anda jika ada standar warna lantai pabrik? Anda juga bisa membaca Cat untuk Lantai: Jenis dan Panduan Lengkap.

Lantai juga dapat berperan dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman, efisien, dan nyaman bagi para pekerja. Salah satu faktor yang mempengaruhi kualitas dan fungsi lantai pabrik adalah pemilihan warna yang tepat.  Sebab, warna ini akan menjadi tanda atau batas di lantai pabrik.

Artikel ini akan menjelajahi ragam jenis standar warna lantai pabrik yang umum digunakan..

Ini Standar Warna Lantai Pabrik yang Harus Anda Pahami

Selain berfungsi sebagai alas kaki, warna lantai pabrik juga dapat memberikan informasi penting tentang area kerja dan potensi bahaya yang ada. Berikut adalah beberapa ragam jenis standar warna lantai pabrik beserta maknanya:

  • Hijau

Hijau umumnya digunakan untuk menandai area yang aman, seperti area pejalan kaki, koridor, dan area kerja umum. Hijau juga dapat digunakan untuk menandai area penyimpanan bahan baku atau produk jadi.

  • Merah

Lantai dengan warna merah sering kali digunakan untuk menandai area yang berisiko atau berbahaya di pabrik. Seperti area penyimpanan bahan kimia atau area yang berisiko terkena kebakaran.

  • Coklat Keemasan

Sementara itu, untuk standar warna untuk lantai pabrik coklat keemasan, merupakan tanda jika ini adalah wilayah penyimpanan. Biasanya warna coklat keemasan diaplikasikan pada gudang atau tempat tumpukan barang.

  • Abu-abu Muda

Abu-abu muda sering digunakan untuk lantai pabrik karena memberikan kesan bersih dan profesional. Biasanya warna ini diaplikasikan pada tempat untuk area teknisi. Pada area ini, akan ada banyak peralatan. Seperti motor listrik dan lain sebagainya.

  • Oranye

Warna oranye sering digunakan untuk menandai area keselamatan atau peringatan di pabrik. Misalnya, lantai oranye dapat menandakan rute evakuasi darurat atau area yang harus diperhatikan dengan hati-hati.

Namun ada juga  yang menggunakan warna oranye untuk wilayah ruang teknis. Biasanya aktivitas yang berhubungan dengan mesin akan berada pada ruangan serba oranye ini.

  • Kuning

Standar warna lantai pabrik kuning berarti adalah tempat untuk menyimpan peralatan berat. Beberapa alat berat yang berada pada area ini seperti crane hingga jib. 

Selain itu, setiap susuran tangga juga akan dicat warna kuning. Begitu pula dengan railing tangga juga harus ada yang berwarna kuning,

  • Abu-abu Gelap

People also ask kapan warna lantai abu-abu gelap digunakan? Anda bisa menggunakan warna ini apabila ada area dengan aktivitas yang padat. Misalnya perkantoran. Sebab pada area ini akan banyak aktivitas kerja orang-orang dalam pabrik.

  • Kuning Emas

Meski terlihat indah, sejatinya warna kuning emas untuk standar warna lantai pabrik menunjukkan tempat atau area pembuangan sampah atau limbah. Meski demikian, bukan berarti area tersebut merupakan tempat penampungan sampah pada pabrik secara keseluruhan.

  • Clean Coffee Cream

Sebaiknya jangan menyentuh berbagai komponen, barang atau apapun dalam area dengan warna clean coffee cream ini. Sebab Anda sedang memasuki area untuk pengecatan baja. Karena masih dalam tahap pengecatan, maka tidak untuk disentuh. 

  • Putih

Warna ini biasanya menunjukkan wilayah tepi dari demarkasi. Bisa dibilang, area dengan warna ini merupakan ujung dari sebuah area. Baik itu area pembuangan sampah, ruang produksi hingga penyimpanan. 

  • Hitam

Terakhir adalah sebuah kode yang menunjukkan adanya ketinggian. Anda telah sampai pada batas akhir, atau area dengan tinggi yang berbeda. 

Ketentuan Pembuatan Demarkasi

Ada beberapa ketentuan dalam pembuatan demarkasi yang harus Anda pahami. Berikut ini ketentuannya. 

  1. Setiap batasan yang berbentuk garis pada ujung area, harus diberikan warna putih dengan lebar setidaknya 50 milimeter.
  2. Apabila ada gang atau koridor, area aman hingga jalan, maka digunakan standar warna lantai pabrik hijau pada lantai. Gunakan pula garis dengan lebar 50 milimeter dengan warna putih sebagai pembatas.
  3. Area pada lantai yang ada di depan alat kebakaran, harus bebas  dari berbagai macam barang. Beri warna merah pada area ini, dan jangan lupa bubuhkan garis putih.
  4. Beri warna pada area penyimpanan dengan coklat keemasan.
  5. Pada setiap motor listrik dan area mesin, tandai dengan warna abu-abu. Mesin juga harus diberikan warna sama.
  6. Pelindung mesin pada bagian luar juga harus memiliki warna abu-abu.
  7. Lalu area pelindung mesin yang berputar, maka harus diberi warna oranye. Seperti roda, batang penggerak hingga wheel drum.
  8. Alat untuk pemadaman kebakaran harus diberi warna merah. Baik itu kantong pasir, selang hingga alarm tanda kebakaran.
  9. Sementara untuk semua alat pemadam, beri tanda marka merah, dengan selang putih pada dinding alat. Garis yang ada harus membentuk pola selang-seling dengan lebar sekitar 50 milimeter.
  10. Susuran dicat warna kuning.
  11. Susuran tangga juga harus memiliki pegangan warna kuning. Sementara untuk tiang susur, warnanya hitam.
  12. Lantai area kerja wajib memiliki diberi warna abu gelap. Jangan lupa beru tepi batas warna putih dengan lebar 50 milimeter.
  13. Untuk tempat sampah organik, beri warna hijau. Sementara tempat sampah anorganik, beri warna merah. Terakhir untuk sampah B3 beri keranjang warna hitam.
  14. Beri tanda kuning pada area sampah di setiap lantai.
  15. Apabila ada area yang berisiko tersandung, maka beri warna kuning-hitam pada ujung tangga, hingga perbedaan ketinggian pada lantai.
  16. Terakhir, untuk cladding workshop yang strukturnya baja diberi warna clean coffee cream. Lalu atap diberi warna coklat, dan jib crane diberi warna kuning.

Rekomendasi Cat Warna Lantai Pabrik

Untuk memastikan keamanan dan ketahanan lantai pabrik, pemilihan cat yang tepat menjadi sangat penting. Berikut adalah beberapa rekomendasi cat warna lantai pabrik:

  1. Primer Epoxy PT TOSADAH: 

Daya lapisnya tinggi dan melindungi dari retakan. Warna bervariasi dengan hasil akhir matter.

  1. Finishing PT TOSADAH:

Cat yang satu ini memiliki hasil akhir high glossy. Gunanya untuk mengatasi perubahan suhu dan iklim secara drastis di Indonesia. Sehingga pelindung ini mampu mencegah keretakan.

  1. Specialty Food Grade PT TOSADAH:

Terakhir adalah warga yang aman digunakan untuk segala macam alat dan aset, yang sering Anda sentuh saat bekerja. Namun tetap aman, karena sudah food grade. 

Pertimbangkan betul jenis standar warna yang dimiliki oleh lantai pabrik. Anda akan tahu jika memilih warna pada cat membutuhkan kehati-hatian dan juga kenyamanan. Selain itu, butuh pula penerapan aturan supaya tidak salah dalam melangkah ke depan nya.

Baca juga: 8 Rekomendasi Lantai Industrial dan Jasa Terbaik.

Demikian artikel singkat tentang Ragam Jenis Standar Warna Lantai Pabrik. Sesuaikan pemilihan cat yang menarik, dan ciptakan lingkungan kerja sehat.  Ingin mengenal lebih jauh mengenai produk-produk cat dari distributor cat PT Tosadah? Pelajari ragam produk yang tersedia melalui laman produk kami. 

Anda juga dapat mempelajari beragam informasi dan tips terkini seputar cat melalui laman blog kami. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut maupun pemesanan produk, hubungi tim PT Tosadah, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel :

Menu