...

5 Merk Cat Besi Kualitas Internasional untuk Hasil Maksimal

Industri
Merk Cat Besi - Tosadah pelopor cat besi anti karat

Seperti yang Anda ketahui, besi akan mudah berkarat apabila terkena oksigen dan kelembapan dalam waktu lama. Untuk melindungi besi agar tidak mengalami korosi, maka Anda perlu cat besi atau cat anti karat. Lalu, apa saja merk cat besi yang bagus?

Korosi pada besi dapat dicegah dengan menggunakan cat anti karat bukan cat kayu maupun cat dinding. Cat besi sendiri tergolong cat minyak yang memiliki formula khusus untuk mencegah terjadinya reaksi kimia penyebab korosi pada besi.

Anda bisa mendapatkan cat besi berstandar internasional di PT. Tosadah Distributor Merk Cat Besi Anti Karat Terbaik

International Paint, Merk Cat Besi Kualitas Internasional 

  1. Tosadah menyediakan merk cat anti karat terbaik yaitu International Paint. Ada 3 kategori cat anti karat yang bisa Anda pilih diantaranya yaitu cat primer, cat finishing, dan cat speciality. Berikut ulasan ringkasnya:

1. Cat Primer

Cat primer besi adalah cat dasar yang berfungsi untuk mencegah korosi dan meningkatkan ketahanan besi. Selain itu, cat ini juga meningkatkan daya lekat cat dan memudahkan lapisan selanjutnya agar dapat menempel.

Jenis cat primer yang disediakan oleh PT Tosadah, yaitu cat primer epoxy primer. Cat epoxy primer adalah cat yang dibuat dari resin epoxy dan berfungsi sebagai pelapis paling dasar. 

Cat epoxy mampu menutup pori-pori dan retakan pada permukaan besi dengan baik sehingga besi lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan bahan kimia penyebab korosi. Selain itu, cat ini juga tidak mudah mengelupas. Adapun hasil akhir cat ini memiliki warna bervariasi bersifat matte

2. Cat Finishing

Setelah Anda mengaplikasikan cat primer maka diperlukan finishing sebelum besi bisa digunakan. Proses finishing penting untuk menambah kekuatan dan daya tahan permukaan besi. Pengaplikasian cat finishing juga dapat menambah estetika besi, 

  1. Tosadah menyediakan 2 kategori cat finishing yaitu cat finish polyurethane dan alkyd. Cat finish polyurethane adalah cat pelindung tambahan yang berfungsi untuk mencegah munculnya keretakan, melindungi besi dari perubahan suhu, serta serangan hama. Hasil akhir dari cat ini adalah high glossy

Ada berbagai warna cat polyurethane yang bisa Anda pilih seperti putih, kuning, hitam, dan masih banyak lagi.

Jenis cat polyurethane sangat diperlukan terutama di Indonesia yang memiliki iklim tropis dan perubahan suhu yang tidak stabil. 

Sedangkan cat finish alkyd adalah produk coating yang memiliki fungsi untuk melindungi besi dari korosi dan paparan sinar matahari serta mempertahankan kualitas besi. Hasil akhir dari cat ini adalah semi glossy

Cat tersebut bisa diaplikasikan setelah besi dilapisi dengan cat primer sehingga finishing mudah merekat serta awet. 

3. Cat Speciality

  1. Tosadah menyediakan 2 jenis cat speciality yaitu cat speciality food grade dan cat speciality tahan panas. Cat food grade sendiri adalah cat yang aman diaplikasikan pada peralatan yang sering bersinggungan dengan makanan.

Cat food grade penting terutama bagi Anda yang berkecimpung di industri makanan. Kemasan atau peralatan yang berhubungan dengan makanan memerlukan cat khusus yang berstandar food grade.

Cat ini aman karena tidak mengandung bahan kimia serta dapat melindungi permukaan besi dari makanan yang bisa menyebabkan korosi. Hasil akhir dari cat ini adalah matte dengan daya tahan korosi yang sangat tinggi.

Sedangkan cat speciality tahan panas adalah cat yang memiliki fleksibilitas dan daya lekat yang tinggi. Selain tahan panas, cat ini juga tahan pada pendinginan yang mendadak serta dapat diaplikasikan pada berbagai material. 

Adapun harga cat dengan ketahanan 310 derajat lebih mahal dibandingkan dengan cat dengan ketahanan 150 sampai 300 derajat celcius. Jika hasil akhir cat food grade adalah matte, hasil akhir dari cat ini adalah glossy. Adapun warna cat food grade adalah putih sedangkan warna cat tahan panas adalah silver.

Rekomendasi Merk Cat Besi Kualitas Internasional 

Berikut beberapa rekomendasi produk cat besi PT. Tosadah mulai dari pelapis primer, finishing, sampai speciality:

1. Interzinc 2265

Interzinc 2265 (Inorganic Zinc Rich Silicate) adalah produk cat besi primer yang cocok digunakan dengan beragam sistem kinerja tinggi dan tertutup pada pemeliharaan atau konstruksi pipa, tangki atau struktur baja. 

Merk cat besi ini cepat mengering dan dapat diaplikasikan dalam berbagai kondisi iklim. Sebelum mengaplikasikan cat ini, pastikan semua permukaan besi harus bersih, kering dan tidak terkontaminasi. 

2. Interzinc 5265

Interzinc 5265 (Epoxy Zinc Rich) adalah produk cat primer yang bekerja untuk memberikan perlindungan maksimal sebagai bagian dari cat anti korosif untuk lingkungan yang agresif seperti pada bridge atau pembangkit listrik.

Cat ini juga dirancang untuk memberikan ketahanan terhadap korosi yang baik dalam perbaikan industri atau pembuatan konstruksi baru. Anda harus berhati-hati untuk tidak mengaplikasikan cat ini secara berlebihan.

Pengaplikasian cat yang berlebihan dapat membutuhkan waktu lama untuk kering dan membutuhkan waktu pengecatan yang lebih lama. 

3. Interthane 870

Merk cat besi berikutnya yaitu Interthane 870. Interthane 870 adalah cat finishing polyurethane yang memiliki daya tahan yang sangat baik dan membutuhkan waktu lama untuk dicat kembali. 

Cat ini cocok digunakan baik untuk pembuatan konstruksi baru atau sebagai lapisan perawatan industri. Cat ini dirancang untuk digunakan di area yang high gloss atau semi gloss. 

4. Interline 850

Interline 850 (Epoxy Phenolic Tank Coating) adalah produk cat speciality food grade yang cocok untuk digunakan pada tangki pengangkutan air minum. Cat ini bisa digunakan untuk lapisan baru, pemeliharaan ataupun perbaikan. 

5. Intertherm 50

Intertherm 50 (Silicone Aluminium) adalah merk cat besi speciality tahan panas yang bisa digunakan sebagai lapisan primer atau finishing pada permukaan yang dapat mencapai 540 derajat celcius. 

Cat ini bisa digunakan untuk pembangunan baru, pemeliharaan dan perbaikan serta perbaikan di atas kapal. 

Tips Memilih Cat Besi Anti Karat

Setelah mengetahui ragam jenis cat besi anti karat, Anda bisa memilih cat besi yang memilih jenis cat dengan ketahanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa memilih jenis cat besi yang sesuai dengan anggaran yang sudah ditetapkan. 

Apabila Anda akan mengecat permukaan metal maka gunakan cat dengan kandungan zinc yang tinggi untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Untuk cat besi terbaik Anda bisa memilih cat PT Tosadah.

PT Tosadah adalah distributor cat anti karat besi terbaik dan terpercaya yang berdiri sejak 1994. PT Tosadah menyediakan cat besi dengan kualitas internasional. Anda bisa membeli produk cat besi anti karat di atas atau menjadi mitra bisnis PT Tosadah.

Selain menyediakan produk cat besi anti karat terbaik, PT Tosadah juga menyediakan jasa pengecatan. Anda tidak perlu ragu, PT Tosadah sudah berpengalaman menangani beragam klien. 

Itulah 5 merk cat besi berkualitas internasional yang bisa Anda pilih. Untuk Anda yang masih ragu dalam memilih jenis cat besi, berikut 5 Tips Memilih Jenis dan Manfaat Cat Besi Anti Karat Terbaik.

Ingin mengenal lebih jauh mengenai produk-produk cat yang dijual oleh PT Tosadah? Kunjungi laman produk untuk informasi lengkap cat dari Distributor Tosadah. Anda juga dapat mempelajari informasi dan tips terkini seputar cat dan penggunaannya melalui laman blog. Untuk melakukan konsultasi lebih lanjut dan pemesanan produk, hubungi tim PT Tosadah, melalui laman hubungi kami.

Bagikan Artikel :

Menu