...

Menghitung Luas Permukaan Kapal Sebelum Pakai Cat Marine

Perlautan
Cat Marine Tosadah

Sebelum mengaplikasikan cat marine sangat penting menghitung dulu luas permukaan. Salah satu tujuannya untuk menentukan jumlah cat yang dibutuhkan. Mengingat harga yang harus dibayar cukup mahal, langkah ini bisa membantu agar lebih efisien.

Dalam penghitungan kebutuhan ini harus dilakukan secara cermat. Sebisa mungkin tanpa selisih dan kesalahan. Maka digunakan suatu metode tertentu sesuai standar dalam melakukan penghitungan luas permukaan tersebut.

Selain mengetahui luas permukaan kapal untuk dilapisi cat kapal marine, penting juga untuk mengetahui jenis-jenis cat marine yang sesuai dengan bagian permukaan kapal. Ketahui Jenis Cat Marine Berdasarkan Bagian Kapal. Aplikasikan cat marine sesuai dengan kebutuhan area kapal Anda.

Persiapan Sebelum Mengaplikasikan Cat Marine

Persiapan utama sebelum mengaplikasikannya adalah memastikan kebersihan. Lapisan baja pada kapal perlu dipastikan siap diaplikasikan cat. Caranya dengan membersihkannya dari kotoran berupa karat yang lepas, minyak, gemuk, kotoran, garam, bahan kimia, debu dan lainnya.

Jika tidak dibersihkan dengan cat marine maka daya rekat akan terganggu dan bisa menyebabkan lepuh osmotik selain kegagalan prematur lapisan dalam pelayanan. Zat apa saja jenisnya yang mencegah lapisan menempel langsung ke baja dapat dianggap sebagai kontaminan.

Beberapa metode pembersihan yang bisa dilakukan diantaranya adalah melalui peledakan abrasif. Metode ini bisa dipakai untuk membersihkan area yang luas permukaan baja. Juga memberi profil terbaik sebelum dilakukan pengecatan.

Namun metode peledakan abrasive memiliki dampak negatif. Yaitu kurang ramah lingkungan sebab berisik dari segi suaranya. Juga mencemari udara karena kotoran debu dalam jumlah besar.

Kedua adalah dengan metode Hydroblasting atau pengaliran air sebelum mengaplikasikan cat marine. Caranya tidak sekedar mengalirkan air namun melalui beberapa pedoman berikut ini.

  • Pencucian air bertekanan rendah kurang dari 1.000 psi (68 bar).
  • Pencucian air bertekanan tinggi antara 1.000 & 10.000 psi (68-680 bar).
  • Hydroblasting tekanan tinggi antara 10.000 & 25.000 psi (680-1700 bar).
  • Hydroblasting tekanan sangat tinggi  di atas 25.000 psi (1700 bar).

Persiapan selanjutnya adalah pengawetan. Pengawetan sendiri dilakukan pada barang-barang kecil seperti pipa, yang dibersihkan dengan alkali dilanjutkan pencucian lalu rendaman pengawet asam untuk menghilangkan karat.

Persiapan sebelum mengaplikasikan cat marine adalah persiapan tepi. Ini merupakan standar untuk Pembersihan Abrasive Blast. Pembersihan ini digunakan untuk menilai kebersihan permukaan baja berdasarkan pengamatan visual dan dinilai relatif terhadap kondisi asli substrat sebelum dibersihkan.

Alat Pengukur Luas Permukaan Kapal

Setelah tahap persiapan, langkah selanjutnya adalah mengukur luas permukaan kapal. Ada banyak instrumen yang digunakan untuk pengukuran, pencarian kesalahan, keausan dan sebagainya. Berikut diantaranya.

1. Pengukur Mekanik

Alat pengukur mekanik dapat berupa penggaris dan timbangan. Fungsinya adalah untuk mengukur panjang serta parameter geometris lainnya. Alat pengukur ini berupa pelat baja tunggal atau alat jenis pita fleksibel, umumnya tersedia dalam skala pengukuran inci atau cm.

Jangka lengkung, digunakan untuk mengukur ukuran internal dan eksternal (misalnya diameter) objek. Alat ini membutuhkan skala eksternal guna membandingkan nilai yang diukur.

2. Caliper Vernier

Alat ukur permukaan pengaplikasian cat marine ini berkualitas tinggi. Terdapat dua rahang berbeda untuk mengukur dimensi luar dan dalam objek. Bisa berupa skala, dial, maupun caliper Vernier tipe digital.

3. Feeler Gauge

Feeler gauge adalah strip baja tebal halus dengan ketebalan berbeda yang digabungkan jadi satu. Ketebalan setiap strip ditandai pada permukaannya sementara Feeler gauge mengukur celah atau lebar celah antar permukaan dengan bantalan.

4. Telescopic Feeler Gauge

Serupa dengan feeler gauge, telescopic feeler gauge terdiri dari pengukur peraba panjang di dalam penutup dengan tepi yang melengkung. Tak hanya itu, stirnya menonjol sehingga bisa masuk ke area terpencil dan sulit dijangkau.

5. Pengukur Poker

Pengukur ini sangat unik dan digunakan untuk mengukur kelonggaran poros buritan baling-baling, atau keausan baling-baling. Ini adalah jenis alat pengukur kedalaman, yang menunjukkan keausan poros buritan.

6. Pengukur Jembatan

Digunakan untuk mengukur jumlah keausan bantalan pada mesin utama. Cara penggunaannya dengan melepas penahan bantalan kemudian jarak bebas diukur untuk jurnal.

7. American Wire Gauge

Terakhir, American Wire Gauge (AWG) berbentuk lingkaran dan memiliki berbagai slot dengan diameter berbeda di sekelilingnya. Berfungsi untuk mengukur penampang kabel listrik atau kawat. Alat ini biasanya disimpan di bagian bengkel kelistrikan kapal.

Masih banyak peralatan yang digunakan mengukur luas permukaan sebelum aplikasi cat marine. Seperti pengukur bore, pengukur kedalaman, pengukur dial, pengukur defleksi crankshaft dan sebagainya.

Cara Mengukur Luas Permukaan Kapal

Setelah mengetahui alat apa saja yang bisa digunakan untuk mengukur, selanjutnya Anda juga perlu tahu bagaimana caranya. Untuk hal ini terdapat beberapa rumusan seperti berikut.

1. Formula Permukaan Lambung Bawah Air

Luas permukaan dalam m² = Koefisien lambung x panjang (pada garis air) x (lebar + draught). Koefisien lambung untuk kapal air motor adalah 1, kapal layar 0,75 dan kapal layar dengan lunas koefisiennya 0,5.

2. Rumus Luas Permukaan Papan Timbul (Sisi Atas)

Luas permukaan dalam m² = 2 x panjang (keseluruhan) x lebar x tinggi (garis air sampai geladak)

3. Formula Luas Permukaan Deck

Luas permukaan im m² = 0,75 x panjang (keseluruhan) x lebar – luas permukaan kabin.

Setelah luas area dihitung, volume cat yang dibutuhkan dapat dihitung dengan rincian (padatan volume) dari lembar data produk serta ketebalannya. Anda bisa mendapatkan cat berkualitas dari Tosadah yang merupakan distributor cat marine berpengalaman.

PT Tosadah tidak hanya menyediakan cat yang tepat untuk permukaan aset kapal Anda, tetapi juga menyediakan jasa pengecatan dari awal hingga akhir. Pengukuran dari PT Tosadah tepat sehingga jumlah kebutuhan cat Anda juga akan tepat. Untuk diskusi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Tosadah di sini.

Mungkin Anda juga memiliki pertanyaan seperti mengapa cat kapal marine dibutuhkan? Cat untuk kapal diaplikasikan agar dapat melindungi aset kapal Anda dari korosi yang dapat muncul. Berikut ini adalah 4 Jenis Proteksi Korosi Marine, Salah Satunya Cat Kapal Marine.

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu