...

Mengapa Besi Berkarat dan Bagaimana Cara Mencegahnya

Solusi
Gedung Aset Besi Pabrik Besi

Dalam era milenial ini, kita tidak pernah lepas dari menggunakan barang dan alat yang terbuat dari besi atau logam. Di sekitar kita pun dalam kehidupan sehari-hari, kita pasti menemukan banyak hal yang terbuat dari besi. Beberapa peralatan yang terbuat dari besi seperti pagar, pintu, jendela, kendaraan, dan lainnya pasti bisa berkarat. Dan apabila karat tersebut dibiarkan terlalu lama, karat akan menggerus atau membuat material logam menjadi korosi. Maka dari itu, sangatlah penting untuk kita memahami bagaimana cara mencegah korosi pada besi.

Korosi ini terjadi atas reaksi langsung antara besi dengan udara dan air. Proses korosi bisa terjadi lebih cepat bila ada unsur garam. Coba kamu perhatikan besi di sekitar pelabuhan yang terkena air garam, pasti rata-rata berkarat semua.

Lalu, bagaimana cara kita merawat atau menjaga besi terbebas dari karat?

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah besi berkarat:

  1. Saat pembuatan logam di pabrik bahan dasarnya dibuat dengan campuran homogen
  2. Mencampurkan besi dengan logam aktif, misalnya Magnesium (Mg). Cara ini biasanya agar Magnesiumnya saja yang mengalami korosi, tetapi menjaga besi terbebas dari karat. Cara ini biasa digunakan untuk mencegah korosi pada tiang listrik.
  3. Melapisi bagian luar besi dengan oli atau vaselin
  4. Memberikan lapisan timah pada bagian besi, ini disebut juga dengan proses elektro kimia
  5. Melapisi besi dengan cat khusus anti karat (“heavy duty paint”). Tosadah Group menghadirkan salah satu produk cat anti karat terbaik yang ada di Indonesia dan telah memenuhi standar internasional. Selain tahan korosi, cat yang digunakan oleh Tosadah juga memiliki fitur tahan api dan meningkatkan estetika exterior dengan beragam pilihan warna.

Untuk konsultasi dan informasi lebih detil seputar Cat anti karat, Anda dapat menghubungi kami melalui sarana berikut.

Phone: (+62) 031 5025600 / 5025700

Website: www.tosadah.com

E-mail: tosadah@gmail.com

Facebook: @tosadah.id

Instagram: @tosadah.id

Bagikan Artikel :

Menu