...

Maksimalkan Proteksi Karat dengan Cat Besi Lapisan Luar

Solusi
Cat Besi Lapisan Luar Tosadah

Ketika mengaplikasikan besi untuk berbagai kebutuhan, tentu saja kita ingin besi tersebut tahan karat. Sebenarnya, untuk mencegah adanya karat tersebut, cat besi lapisan luar dapat dijadikan sebagai pilihan. 

Sekarang ini, hampir semua besi yang dijual memiliki lapisan pencegah karat. Sayangnya waktu serta kondisi cuaca dapat mengikis lapisan tersebut, dan akhirnya karat menjadi semakin berkembang. Karena alasan inilah, cat besi untuk lapisan karat perlu diaplikasikan.

Sebenarnya, tidak hanya cat besi untuk lapisan karat yang perlu di aplikasikan. Anda juga perlu mengerti Cara Mengetahui Kualitas Besi Terbaik dan Cara Merawatnya. Sehingga proses pengecatan akan jauh lebih maksimal. 

Apa itu Cat Besi Lapisan Luar?

Cat besi yang digunakan untuk lapisan luar merupakan cat khusus yang diperuntukkan untuk besi, agar dapat mencegah proses perkaratan terjadi dengan cepat. Dengan mengaplikasikan cat besi untuk lapisan luar ini, proses pengkaratan akan terjadi lebih lambat dibandingkan dengan yang seharusnya. 

Seberapa Cepat Besi Berkarat

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, cat besi untuk lapisan luar digunakan untuk mencegah besi mengalami pengkaratan. Sebenarnya, seberapa cepat besi mengalami pengkaratan? Besi dapat mengalami pengkaratan dalam waktu beberapa hari saja. 

Bahkan, periode ini dapat lebih singkat jika pemasangan besi dilakukan di tempat dengan kelembapan tinggi. Namun, di lokasi dengan kelembaban yang terkontrol, proses karat ini dapat terjadi dalam kurun waktu satu bulan, atau bahkan lebih lama lagi. 

Oleh sebab itu, lama atau tidaknya proses pengkaratan ini bergantung dari lingkungan yang berada di sekitar besi. Bila lingkungan tempat penyimpanan atau pemasangan besi tersebut memiliki kelembapan yang tinggi, sering tersapu air hujan, tentu saja proses pengkaratan akan berjalan dengan lebih cepat. 

Faktor Besi Cepat Berkarat

Ada berbagai macam faktor yang dapat membuat besi cepat terkena korosi, antara lain:

1. Asam Logam Tinggi

Salah satu faktor yang membuat besi lekas terkena korosi adalah asam logam yang tinggi. Oleh sebab itu, bila tingginya asam logam tidak disertai dengan pengaplikasian cat besi lapisan luar, korosi akan lebih mudah terjadi.

Namun, pemilihan cat besi untuk lapisan luar ini juga tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Bila pemilihan dilakukan dengan sembarangan, cat pencegahan korosi tidak akan maksimal. 

Salah satu rekomendasi cat untuk mencegah besi cepat berkarat adalah cat dari PT Tosadah. Tosadah sendiri merupakan pioneer cat anti karat. Dengan kemampuan yang dimilikinya, proses pengkaratan akan berjalan dengan lambat.  

2. Kadar Garam

Selain asam logam, faktor yang membuat besi terkena korosi adalah kadar garam. Semakin tinggi kadar garam yang berada di sekitar besi, akan lebih mudah dan lebih cepat besi mengalami pengkaratan. 

Contohnya saja ketika besi disimpan di tepi pantai yang tinggi kadar garam. Sudah tentu besi tersebut akan lebih cepat mengalami pengeroposan. 

3. Tingkat Kemurnian

Tingkat dari kemurnian besi juga faktor cepat lambatnya proses pengkaratan yang dimilikinya. Semakin tinggi tingkat kemurniannya, semakin lambat pula proses pengkaratan yang terjadi. Namun, bila besi sudah dicampur dengan berbagai komponen penyusun lain, proses pengkaratan dapat terjadi lebih cepat. 

4. Ukuran Besi

Hal terakhir yang mempengaruhi korosi besi adalah ukurannya. Bila semakin kecil ukuran besi, korosi yang dimilikinya akan menjadi semakin cepat. 

Penggunaan Cat Besi Lapisan Luar 

Agar dapat mengurangi risiko korosi, cat besi dapat dijadikan sebagai pilihan. dengan pengaplikasian cat besi, korosi dapat berjalan lebih lambat dibandingkan dengan yang seharusnya, meskipun ukuran besi kecil, memiliki tingkat kemurnian yang tidak tinggi serta kadar garam yang tinggi.

Kerugian Tidak Menggunakan Cat Lapisan Luar

Ada beberapa kerugian yang bisa terjadi ketika Anda tidak menggunakan cat besi finishing, contohnya:

1. Mengurangi Ketahanan Besi

Bila tidak menggunakan cat, ketahanan besi akan menjadi semakin berkurang. Bila umumnya besi dapat digunakan selama berbulan-bulan,  dengan menggunakan cat lapisan luar, besi bisa digunakan lebih lama. Namun, bila tidak mengaplikasikan cat ini, ketahanan besi akan berkurang.

2. Performa Besi Tidak Maksimal

Selain ketahanan besi yang berkurang, tidak mengaplikasikan cat lapisan luar juga dapat membuat performa besi menjadi kurang maksimal. Sehingga saat besi digunakan untuk area tertentu, performanya mungkin tidak sesuai seperti yang diharapkan.

3. Tidak Efisien Secara Pemeliharaan

Besi yang tidak diberi cat lapisan luar juga membuat pemeliharaannya menjadi kurang efisien. Bahkan, pemeliharaan mungkin harus dilakukan dengan lebih rumit lagi.

Dengan pentingnya cat besi lapisan luar, yakin ingin menunda pengaplikasiannya? Namun, pastikan memilih cat besi yang berkualitas. PT Tosadah menjadi salah satu pelopor cat besi yang berkualitas. Anda juga mungkin perlu Kenali 5 Metode Pelapisan Cat Industri Paling Populer untuk inspirasi pengecatan Anda.

Bahkan, Tosadah menjadi salah satu solusi agar hasil proyek yang dilakukan menjadi lebih sempurna. Dengan menggunakan cat PT Tosadah, karakteristik bangunan akan semakin meningkat. Bukan hanya dari segi estetika saja, tetapi dari segi kualitas.

Dengan sejumlah kelebihan yang dimiliki PT Tosadah, yakin ingin menggunakan cat dari produsen lain? Aplikasikan cat dari PT Tosadah, dan dapatkan bangunan berkualitas sesuai dengan keinginan Anda. Informasi lebih lanjut dapat Anda dapatkan di sini!

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu