...

Ketahui Standar Struktur & Material Lantai Parkiran Basement

Article, Industri
parkiran basement - Tosadah

Parkiran basement merupakan komponen yang sering ditemui di berbagai jenis properti, misalnya mall, hotel, hingga gedung perkantoran. Untuk bisa membangin parkiran tersebut dengan optimal, maka perlu menerapkan berbagai standar supaya bisa digunakan dengan layak.

Sebaiknya, Anda pahami betul standar apa saja yang harus dipenuhi tersebut. Selain itu, ketahui juga jenis bahan apa yang cocok untuk melakukan pembangunan yang satu ini dan rekomendasi produknya.

Sebelum melanjutkan pembahasan ini, berbicara mengenai konstruksi Anda dapat mengetahui 10 Jenis Besi Konstruksi dan Rekomendasi Cat Anti Karat sebagai informasi lain.

Standar Parkiran Basement yang Baik

Di bawah ini adalah berbagai standar dari pembangunan parkiran yang berlokasi di basement, simak dan pastikan Anda menerapkannya.

1. Aksesibilitas

Pertama, perlu dipahami bahwa parkiran yang baik tentu membutuhkan aksesibilitas yang baik pula, termasuk jika berada di basement bangunan.

Maka dari itu, penting untuk menyediakan ruang yang mudah diakses, dengan perhitungan matang secara terpisah. Tempat parkir ini juga sebaiknya tersebar dalam sepanjang rute terpendek untuk bisa memasuki gedung atau bangunan.

Lalu, penting untuk memperhatikan kesediaan rambu yang ditempatkan di setiap bagian tempat parkir. Tentunya, dengan memakai simbol internasional, supaya mudah dipahami oleh setiap pengguna tempat parkir.

Dalam mendukung keamanan, penting untuk menerapkan cat anti slip sebagai finishing, supaya lantai tidak licin dan kendaraan bisa melaju dengan aman, bahkan dalam kondisi basah.

2. Struktur & Material

Dalam hal struktur, perhatikan alokasi ruang, karena umumnya tempat parkir di basement akan membutuhkan tiga sampai enam kali ruang yang lebih banyak dari dimensi mobil. Hal ini untuk menjadi pendukung jalur landai, lorong  berkendara, dan dimensi standar bagi ruang parkir.

Ventilasi juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan jika bicara soal struktur. Biasanya, tempat parkir di basement dilengkapi kipas berkecepatan tinggi dengan detektor untuk zat karbondioksida.

Berkaitan dengan material untuk membangun lantai parkiran basement, pengerasan struktur bangunan menjadi hal yang harus dilakukan. Hal ini memuat proses penambahan plat lantai, penggalian lahan, dinding perimeter, hingga partisi pemisah antara area tertutup lainnya dan tempat parkir.

Lalu, penting untuk memilih material yang memiliki ketahanan baik untuk jangka panjang sehingga dapat mengurangi biaya operasional dan pemeliharaan kedepannya.

3. Keamanan

Di setiap parkiran basement, sudah sepantasnya menerapkan standar keamanan yang mumpuni. Misalnya, terkait drainase. Parkiran harus mempunyai saluran parit yang baik dengan pembuangan di satu titik, sehingga menjadi aman jika air yang memasuki tempat parkir.

Selain itu, pastikan bahwa terdapat sistem keamanan dan keselamatan yang baik. Hal ini mencakup tenaga keamanan, CCTV pencahayaan, pemasangan kabel alarm kebakaran, fasilitas evakuasi dalam keadaan darurat, pemberi isyarat, dan tanda keluar yang tepat.

4. Estetika

Bicara tentang standar memang tidak hanya soal keamanan, melainkan juga nilai estetika yang dapat berpengaruh terhadap berbagai hal, misalnya kenyamanan pengguna dan sebagai aspek untuk memberikan kesan yang baik.

Maka dari itu, pemilihan bahan dan warnanya perlu diperhatikan, termasuk untuk bagian lantainya. Ciptakan suasana nyaman dan berikan kemudahan akses yang baik bagi setiap pengguna.

Jika akan menambahkan ornamen, perlu diperhatikan juga letaknya dan pastikan tidak mengganggu pengemudi.

5. Standar Minimum Jumlah Ramp

Selanjutnya, berkaitan dengan jumlah ramp untuk setiap lantai pada parkiran basement. Tujuan dari adanya standar ini yakni untuk mempermudah pemakaian parkiran serta mengoptimalkan keamanannya.

Jika akan membangun parkiran yang luasnya 500 meter persegi atau lebih, maka lantainya harus dilengkapi dengan ramp turun dan naik dengan masing-masing dua unit. Standar ini berlaku untuk setiap lantainya, sehingga dapat disesuaikan dengan jumlah lantai yang akan dibangun.

6. Standar Lebar Ramp

Masih terkait dengan ramp lantai yang menjadi akses parkiran, standar lebarnya pun perlu dipahami. Standar lebar untuk bisa menciptakan parkiran yang aman dan nyaman yani minimum 300 meter untuk ramp lurus satu arah. Lalu, untuk ramp dua arah yakni minimal 6,5 meter, dengan pemisah minimal selebar 0,5 meter.

Keunggulan Epoxy untuk Lantai Parkiran Basement

Ketika akan menerapkan berbagai standar di atas, maka tentu saja pemilihan jenis bahan bangunan akan sangat berpengaruh.  Untuk tempat parkir yang tahan lama, aman, dan memiliki estetika yang menarik, cat epoxy dapat menjadi solusinya. Berikut adalah berbagai keunggulan dari epoxy yang membuatnya patut dipertimbangan.

1. Ketahanan dan Kekuatan

Dari segi ketahanan dan kekuatan, cat ini telah dirancang khusus sehingga kualitasnya terjamin. Epoxy memiliki kekuatan dan daya tahan yang baik dari risiko abrasi, bahan kimia, dan arus lalu lintas yang padat. Inilah yang membuatnya pantas untuk mendukung pembangunan atau renovasi parkiran di basement.

2. Memberikan Nilai Estetika

Kedua, jenis cat ini bisa memberikan nilai estetika atau keindahan pada basement gedung, karena tampilannya yang menarik dan memiliki ragam pilihan pola serta warna. Kesan profesional dan bersih pun bisa didapatkan dari pengaplikasian cat epoxy ini.

3. Kemudahan dalam Perawatan

Cat ini cenderung mudah dibersihkan dan halus. Maka dari itu, jika sudah mulai ada noda kotoran, akan lebih mudah untuk dibersihkan atau dihapus. Hal ini tentunya dapat membuat Anda lebih optimal dan mudah dalam melakukan perawatan berkala.

4. Mengunci Kelembaban

Perlu dipahami bahwa basement umumnya dibangun dekat dengan saluran air, sehingga sangat berpotensi untuk menjadi lembab jika Anda membangunnya dengan material yang kurang tepat.

Kelebihan selanjutnya dari cat epoxy adalah dapat mengunci kelembaban, sehingga terhalang untuk  masuk ke area lantai basement. Lapisan plastik yang nantinya akan terbentuk, memiliki sifat yang keras sehingga tidak bisa ditembus oleh air.

Wujudkan Perlindungan Struktur Lantai Basement Anda bersama Tosadah

Setelah membaca penjelasan di atas, maka Anda bisa mengetahui apa saja standar yang seharusnya diterapkan untuk membangun parkiran yang ada di basement. Supaya hasilnya bisa optimal, maka Anda sebaiknya memakai tiga produk Concrete Repair dari Tosadah di bawah ini. Selain itu, Anda juga dapat mengenal Lebih Dalam tentang Besi Penyangga Bangunan dalam Konstruksi.

1. Mapefill 318

Pertama, ada Mapefill 318 yang merupakan non shrink grout yang cocok untuk berbagai pembangunan dan perbaikan. Misalnya, pembangunan atau perbaikan kolam, balok, dan pelat beton. Maka dari itu, cocok juga untuk diaplikasikan di bagian basement bangunan.

Ini merupakan semen yang berkekuatan tinggi, dilengkapi dengan aditif khusus dan agregat bergradasi 1,2 mm.

2. Mapegrout Thixotropic

Kedua, Mapegrout Thixotropic yang dapat dipakai untuk berbagai jenis perbaikan beton. Misalnya, untuk bagian balok, kolam, sudut, hingga kerusakan karena batang tulangan mulai berkarat.

Produk kedua ini terbuat dari agregat bergradasi, pengikat semen, serat sintesis, dan aditif khusus. Kekuatan mekaniknya yang tinggi menjadi keunggulan penting dari produk ini.

3. Mapeflex Ms 45

Terakhir, Mapeflex Ms 45 yang dapat Anda aplikasikan di berbagai area terendam atau di dalam air. Produk ini menempel dengan berbagai material, misalnya bata, keramik, kaca, aluminium, besi, gypsum, bahkan macam-macam bahan plastik.

Tentunya, semua produk Tosadah di atas berkualitas tinggi dan terpercaya untuk membantu pembangunan Anda supaya lebih optimal. Simak juga berbagai produk lainnya dari Tosadah supaya menjadi referensi lebih dalam untuk berbagai keperluan Anda.

Hubungi kontak kami jika Anda pertanyaan atau ingin memesan produk. Selain itu, berbagai informasi lain tentang pembangunan bisa Anda simak di laman blog. Bersama Tosadah, pastikan parkiran basement Anda dapat selesai dengan standar dan produk terbaik!

Bagikan Artikel :

Menu