...

Hindari Salah Beli, Ini Jenis-jenis Cat Sesuai Fungsinya

Inspirasi
Jenis-jenis Cat Tosadah

Jenis-jenis cat untuk bahan bangunan terutama gedung dan pabrik ada banyak. Maka dari itu, sebagai pengusaha Anda harus tahu seluruhnya beserta fungsinya, agar tidak salah membeli.

Misalnya saja, jenis duco atau dempul. Biasanya digunakan untuk kayu dan logam sebagai dasar. Perlu diketahui hasil akhir penggunaannya terlihat solid. Paling sering dipakai pada bengkel otomotif.

Baca Juga: 8 Jenis-jenis Cat Berdasarkan Kandungan Resin

Untuk konstruksi bangunan sebagai tahapan finishing juga bagus. Kemampuannya adalah tahan terhadap goresan terutama benda tajam. Kondisi ini cocok untuk berbagai ruangan kantor terutama atasan agar tampil sempurna.

Jenis-jenis Cat yang Perlu Diketahui

Bukan hanya duco saja, masih ada melamic, memberikan hasil akhir mengesankan pada permukaan kayu, sehingga hasilnya terlihat sangat glossy. Untuk berbagai furniture ruang tunggu kantor cukup mengesankan.

Selain melamic, masih ada beberapa lagi yang akan kami bahas di bawah ini. Oleh karena itu, simak terus agar tidak salah dalam membeli, karena masing-masing punya fungsi dan perannya sendiri.

1. Epoxy dan Alkyd Synthetic

Jenis-jenis cat pertama adalah alkyd synthetic yang memberikan efek glossy sehingga cocok digunakan sebagai finishing semua material logam dan besi. Ini karena, ketahanan terhadap cuaca cukup bagus tidak heran selalu dipakai.

Biasanya untuk tiang jembatan di mana setiap besi membutuhkan perlindungan dari oksigen serta air saat hujan yang membuatnya menjadi korosi. Dengan begini biasa perawatannya jadi lebih hemat.

Berikutnya ada epoxy besi yang memberikan kemampuan merekatkan pada bagian permukaan. Terbuat dari bahan lateks, walaupun kurang bagus untuk cuaca ekstrim tetapi, perlindungan terhadap korosi baik.

Jenis cat ini sering digunakan oleh petugas kontraktor dalam pembangunan gedung bertingkat, jembatan, hingga pabrik modern karena ketahanannya tidak diragukan lagi jika dibandingkan dengan jenis lainnya.

2. Polyurethane

Jenis-jenis cat ini sering dimanfaatkan sebagai lapisan cat bagian akhir atau finishing. Hal ini dikarenakan cat polyurethane atau PU mampu menciptakan efek glossy. Jenis cat PU sendiri mampu menahan panas dan anti terhadap goresan.

Selain itu warna cat tidak mudah pudar walau terkena bahan kimia. Jenis ini cocok digunakan sebagai tahap akhir pembuatan jembatan. Dengan begini, kekuatan penahannya bisa bertahan cukup lama terutama dari korosi.

3. Stoving

Nama stoving sendiri memang kurang familiar karena tidak umum disediakan di toko cat rumahan. Jenis ini sering digunakan untuk berbagai keperluan industri seperti pengecatan tabung gas elpiji. 

Cat stoving tidak bisa dipakai pada kayu, khusus untuk aset logam saja. Umumnya penggunaan cat jenis ini sering ditemukan pada pembangunan konstruksi gedung bertingkat sampai dengan pabrik. 

4. Thermoplastic dan Wall Sealer

Berikutnya ada thermoplastic, bukan untuk bangunan tetapi bisa juga digunakan untuk jembatan. Hanya lebih sering digunakan di marka jalan, karena sangat panas dan tidak mudah terkelupas.

Jenis-jenis cat selanjutnya adalah Wall Sealer, dimana fungsinya sebagai cat dasar baru ditambah dengan utama. Mengapa harus seperti itu? Jadi, pori-pori pada dinding akan terisi penuh melalui penambahan wall sealer.

Hal tersebut membuat keadaannya menjadi lebih halus lagi. Dengan begini, untuk pengecatan tahap akhir menjadi mudah. Kondisi ini membuat Anda mampu menghemat pengeluaran cat karena ketahanannya mencapai puluhan tahun.

Jika bingung mencari cat yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mengandalkan PT Tosadah. Kami memiliki berbagai produk cat alkyd synthetic, cat epoxy primer, dan cat polyurethane (PU) untuk digunakan pada bidang besi anti karat.

Untuk itu, Anda tidak perlu khawatir lagi dalam memilih cat berkualitas. Saat memilih beberapa jenis-jenis cat, pastikan membelinya di PT Tosadah yang bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan Anda.

Baca Juga: 5 Jenis Cat Besi Anti Karat, Lengkap dengan Cara Aplikasinya

Temukan lebih banyak informasi seputar cat besi anti karat di berbagai bidang industri di sini. PT Tosadah merupakan distributor cat besi anti karat Indonesia yang hadir dengan berbagai solusi produk cat anti karat yang bisa Anda lihat di sini. Jika Anda membutuhkan kerjasama dan informasi lebih tentang PT Tosadah sebagai distributor cat besi anti karat, dapat menghubungi kami di sini.

Bagikan Artikel :

Menu